Laporkan Penyalahgunaan

Pengertian Iklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia serta Ciri-Ciri Dan Jenisnya

 

pengertian iklan menurut kamus besar bahasa Indonesia

Memiliki produk atau sebuah jasa? Berkeinginan meningkatkan pemasaran secara efektif? Sekarang ini banyak sekali media yang dapat digunakan untuk beriklan. Yup! Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan sebuah produk, jasa, hingga ide untuk mendorong minat audiensnya.

Semakin gencar beriklan, maka semakin dikenal dan memiliki tempat di hati konsumen. Bentuknya juga semakin menarik dari berbagai platform online yang ada. Sebelum pilih platform yang kamu inginkan, cari tahu terlebih dahulu yuk! Pengertian iklan, jenis serta ciri-cirinya.

Pengertian Iklan

Pengertian Iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Tujuannya mengenalkan produk atau jasa sehingga konsumen tertarik menggunakannya.

Sebuah iklan harus berisi informasi yang singkat padat, membujuk dan mengingatkan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Ciri-Ciri Iklan

Agar tujuan iklan tercapai berikut ini ciri-ciri iklan yang patut diketahui. Dilansir dari stickearn.com, Iklan memiliki ciri ciri

  1. Singkat, Jelas, dan Lugas dalam memilih diksi atau kata-kata. Tidak bertele-tele serta mudah diingat oleh orang dan mempunyai ciri khas sendiri.
  2. Persuasif atau membujuk. Pilihlah kata-kata yang kuat dan membujuk agar orang tertarik. Misalnya, Free ongkir untuk seluruh wilayah di Indonesia. Kita tahu konsumen lebih tertarik dengan embel-embel free ongkir.
  3. Informatif. Sebuah iklan sebaiknya mengandung kata-kata kuat berupa informasi manfaat dari produk. Alasan kenapa orang-orang harus memilikinya.
  4. Mudah Dimengerti dan Menarik adalah ciri-ciri iklan yang baik. Pesan dari iklan tersebut dapat tersalurkan.
  5. Target yang jelas adalah ciri-ciri iklan yang terakhir. Buatlah iklan sesuai dengan target pasar atau calon konsumen.

Jenis Iklan

Jenis Iklan bermacam-macam, makin berkembang terutama iklan yang menggunakan media sosial. Para content creator berlomba-lomba membuat content yang menarik dengan pesan secara tidak langsung mengenalkan produk atau jasa.

Media televisi, Koran baliho juga masih di hati target pasar masing-masing. Nah, kamu menitipkan pesan produk atau jasa lebih tertarik yang mana? Pastikan memasang jenis iklan sesuai pengelompokan berdasarkan bentuk, media penyebaran dan tujuan kamu ya. Kamu bisa cobain jasa periklanan, StickEarn. Yang membantu menyediakan iklan inovatif, berkualitas dan menunjang promosi produk atau jasa. Seperti, Transportation Advertising, DOOH Advertising, dan Digital Platform Advertising. Bagaimana? Menarik ‘bukan?

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar