Laporkan Penyalahgunaan

Geopark Merangin: Kekayaan Geologi Indonesia Sebagai Situs Warisan Dunia

Posting Komentar

 

Geopark Merangin: Kekayaan Geologi Indonesia Sebagai Situs Warisan Dunia

Saya merasa begitu bangga dan bersyukur tinggal di provinsi Jambi. Ternyata Jambi memiliki Geopark Merangin sebagai kekayaan Geologi Indonesia yang begitu indah.

Bukan hanya sekedar sebuah objek wisata. Namun Geopark merupakan sebuah KONSEP perlindungan kawasan dengan fenomena unik berskala Internasional. Masyaallah, diakui secara Internasional. How amazing it is!

Dilansir dari kominfo.go.id Geopark adalah sebuah wilayah geografi yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang menyatu di dalamnya, yang dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Jadi, untuk teman-teman yang ingin tahu bagaimana semangat dan perjuangan berbagai pihak sehingga Geopark Merangin termasuk UNESCO Global Geopark. Baca tulisan ini sampai selesai yuk!

Geologi yang Begitu Indah

Tiga unsur objek wisata seperti Keragaman Geologi (Geodiversity), Keragaman Hayati (Biodiversity) dan Keragaman Budaya (Culturaldiversity) ada pada Geopark Merangin. Yuk, pecinta alam yang ingin mencari pengalaman baru di alam terbuka maka Geopark Merangin wajib menjadi tempat yang harus kunjungi.

Ada tempat adu adrenalin dengan arung jeram alias rafting sambil nikmatin nikmati pemandangan di sepanjang sungai purba. Teman-teman yang belum punya pengalaman juga bisa merasakan sensasi seru arung jeram didampingi  pemandu cukup membayar 500.000 per perahu. Dengan biaya terjangkau tersebut sudah bisa nikmati rafting menelusuri sungai dengan panjang 13 meter.

Kedua, teman-teman bisa berwisata edukasi dengan melihat fosil Zaman Purba. Fosil tersebut berupa batu-batu besar berlapis-lapis berdiri megah, membentuk formasi batuan yang menakjubkan. Teman-teman akan merasa seolah-olah berada di belahan bumi lain.

Menurut para ahli geologi, Batu dari fosil-fosil zaman purba tersebut adalah fosil batang kayu sudah berumur 20 juta tahun yang lalu.

Kemudian, teman-teman dapat menghirup aroma hutan hujan tropis yang tebal dengan berbagai spesies flora dan fauna di dalamnya. Bermain kecipak Air Terjun Tujuh Tingkat yang memiliki tinggi kurang lebih 40 meter. Disana teman-teman bisa berpose di depan air terjun yang mempesona. Membasahi badan untuk menyegarkan diri setelah hari yang panjang di alam terbuka.

Dengan potensi wisata alam yang indah dan unik tersebut. Alhamdulillah berhasil dipromosikan pemerintah sebagai UNESCO menjadi situs warisan dunia.

Semangat Promosikan Geopark Merangin Sebagai UNESCO Global Geopark

Sebelum Geopark Merangin menjadi salah satu warisan dunia, UNESCO Global Geopark. Ada perjuangan panjang baik dari masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah Kabupaten dan Provinsi Jambi.

Proses panjang itu telah dimulai sejak tahun 2012, Baru pada tahun 2014 Geopark Merangin diakui secara nasional. Semangat untuk masa depan Geopark dan masa depan Indonesia, Tahun 2019 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi terus melakukan penguatan dan meningkatkan penataan situs serta perapian dokumen.

Kemudian masih berlanjut hingga 2020 Geopark Merangin diusulkan kembali ke GNN. Barulah pada September 2022 team dari UNESCO melakukan evaluasi dengan datang langsung ke Merangin.

Pada saat itu team sempat mengunjungi, Base camp air batu river sebagai salah satu penggiat geo rafting. Melihat siswa siswi SDN 14 air batu yang sedang mengenal Geopark melalui permainan. Tak luput menanam pohon di taman Siti Rahmah serta mengunjungi Museum mini yg berada di taman siti rahmah.

General manager Geopark Merangin yakni Agus Zainuddin sangat bersemangat mengajak dan melibatkan masyarakat Merangin untuk mendukung promosi Geopark. Ia yakin pengelolaan akan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat serta masa depan Indonesia.

Berkat ijin Allah dan semangat serta kerja keras dari Provinsi Jambi yang bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Merangin, Badan Pengelola Geopark Nasional Merangin Jambi, akademisi, komunitas, masyarakat, media, dan semua pihak terkait, akhirnya  Geopark Merangin Jambi resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark  pada Rabu 24 Mei 2023.

Gubernur Jambi yang akrab disapa Al Haris mengungkapkan hal itu, “Alhamdulillah kemarin sore telah di tetapkan oleh UNESCO Global Geopark. Bahwa Geopark Merangin, termasuk salah satu yang di putuskan oleh UNESCO menjadi UNESCO Global Geopark atau Geopark dunia. Dan ini adalah suatu kehormatan bagi Provinsi Jambi, dan di nilai oleh UNESCO. Sebagai daerah yang punya kekhususan, di mana Geopark kita itu, adalah taman bumi yang di dalamnya ada patahan-patahan fosil, yang usianya 300 juta tahun,”

Penutup

Turut berbahagia dan bangga, Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark. Tugas kita adalah menjaga warisan dunia tersebut. Serta membantu dalam upaya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan di wilayah Merangin, sehingga warisan ini dapat dinikmati dari generasi ke generasi berikutnya.

Seperti himbauan Gubernur Jambi Al Haris, “Saya menghimbau warga Jambi untuk menjaga ini semua. Terutama yang berada di lingkungan Geopark itu sendiri. Karena Geopark itu tujuannya, untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di sekitar Geopark tersebut,”

Semangat untuk hari ini dan masa depan Indonesia, yang dapat saya lakukan adalah menyebarkan informasi baik ini. Jika kamu pecinta alam yang selalu mencari pengalaman baru di alam terbuka maka Geopark Merangin wajib menjadi tempat yang kamu kunjungi.

Untuk sampai ke lokasi Geopark Merangin butuh waktu 2.5 jam dari kotaku Muara Bungo. Jika berangkat dari Jambi memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 7 jam. Namun tergantung kondisi jalan dan kendaraan juga. Bisa menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum.

Lokasi Geopark Merangin sendiri berada di wilayah Dusun Baru, Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin, Jambi. Dari Kota Bangko satu jam perjalanan. Untuk update informasi bisa kunjungi Geopark Merangin Jambi, @geoparkmeranginjambi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:

https://badanpenghubung.jambiprov.go.id/Berita/Selengkap_nya/72/Geopark-Merangin-Resmi-Masuk-UNESCO-Global-Geopark#:~:text=Geopark%20Merangin%20resmi%20di%20tetapkan,24%2F05%2F2023).

https://travelingyuk.com/geopark-merangin-jambi/176989/

https://www.jambione.com/regional/1362682854/PT-SAL-Dukung-Pengembangan-Geopark-Merangin-Desa-Dusun-Tuo

Sumber Foto: @geoparkmeranginjambi

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar