Laporkan Penyalahgunaan

Tips Mengatasi Susah Buang Air Kecil Pasca Melahirkan

1 komentar
tips mengatasi susah buang air kecil

Hai Moms, Selamat untuk kehadiran buah hatinya.  Senang yang luar biasa ya mendapat rejeki seorang anak. Namun, seiring kebahagian itu ada adaptasi yang mungkin sedikit mengganggu. Biasanya pasca melahirkan  beberapa mengalami  kesulitan sewaktu buang air besar, susah buang air kecil atau malah sebaliknya sering buang air kecil.

Pengalamanku Susah Buang Air Kecil Pasca Melahirkan

Pengalamanku pasca melahirkan anak pertama, merasa takut buang air kecil dan juga buang air besar. Menahan untuk makan dan minum, agar tidak kebelet ke toilet. Padahal, badan lemes pasca melahirkan butuh asupan makanan.

Jujur waktu itu ada perasaan takut. Bagaimana caranya ke toilet untuk pertama kali pasca melahirkan. Untungnya bidan yang merawatku tanggap banget. Setelah ditekan bagian perut paling bawah. Dia bilang, “Sudah buang air kecil?”

“Belum pengen buang air.”

“Ini sudah penuh, pastinya takut ya! Gak usah takut, tidak akan sakit. Tidak ada pengaruh juga ke jahitan. Basahi kaki dengan air, nanti buang air sendiri. Setelah 6 jam harus segera baung air lho, nanti bisa bahaya. Bisa pendarahan kandung kemihnya. ”

Wah, dinasehati begitu berusaha menghilangkan rasa takut. Dibimbing bidan dan suami. Akhirnya sampai juga ditempat yang kutakuti.

Benar saja, setelah membasahi kaki dengan air. Rasanya lega. Sejak saat itu, makan dan minum tidak aku tahan. Ibu melahirkan butuh asupan lebih banyak agar ASI lancar bukan?

Ternyata ketakutanlah yang berperan. Sehingga pergi ke toilet terasa sangat horror.  Ini bakal sakit gak ya? Pengaruh gak ya ke jahitan?

Dilansir dari Prenagen.com salah satu sebab susah buang air kecil adalah adanya tekanan di kandung kemih saat proses persalinan. Tekanan tersebut membuat  kandung kemih kurang sensitif untuk buang air kecil.

Berani beranikan ya moms, ini hanya soal pikiran. Sebab, setelah 6 jam pasca melahirkan diharuskan buang air kecil. Agar saluran kemih tidak terganggu. 

Hal-hal Penting Ketika Buang Air

Ketika buang air kecil untuk pertama kali pasca melahirkan ada hal hal yang perlu diperhatikan:

Mintalah orang terdekat untuk mendampingi

Moms keuntungan melahirkan secara normal adalah ibu bisa berdiri dan berjalan lebih cepat. Nah, jika ingin buang air kecil, usahakan ada yang mendampingi. Karena masih belum stabil. Memang lebih nyaman sendiri sih ya jika di toilet. Ada privasi. Namun ini demi keamanan moms, bisa saja ketika di toilet jatuh sebab moms baru saja kekurangan banyak darah.

Pilih posisi yang nyaman

Moms, sebaiknya pilih posisi yang nyaman untuk buang air kecil. Dengan catatan tidak boleh jongkok setelah 6 jam pasca melahirkan. Kaki masih tidak kuat untuk menompang badan.

Lalu berapa hari pasca melahirkan boleh jongkok? Jawabannya tiap orang berbeda beda sesuai dengan kondisi tubuhnya. Ada yang kuat dan butuh waktu 3 hari untuk dapat jongkok. Minimal setelah 7 hari baru bisa ambil posisi jongkok. Itupun harus dilatih secara perlahan dan tidak dipaksakan.

Kenapa? Dikhawatirkan jahitan pada episiotomi akan terbuka jika tidak hati hati. Setelah beberapa minggu baru moms diperbolehkan jongkok.

Kesimpulan

Jadi, dari pengalamanku tips mengatasi susah buang air kecil pasca melahirkan adalah: Pertama, Lawan rasa takut untuk buang air. Sebab ini tidak akan sakit. Tidak juga menjadi sebab terbukanya jahitan pada episiotomi.  Kedua, basahi kaki dengan air. Cara ini merangsang kandung kemih untuk buang air kecil. Setelah merasa trauma pasca melahirkan. Bagaimana moms, semoga catatan ini bermanfaat ya!

 

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Waaah aku pernah ngalamin mba, tp susah buang air besar pas abis Cesar. Itu perut begah, tapi ga bisa kluar , dan ujung2 kan aku paksa yaaa. Akibatnya lgs ambeian. Jangan tanya sakitnyaaa :(. Ternyata memang hrs pelan2, dan aku lgs perbanyak buah2an dan air itu. Tp itu pas anak kedua yaa. Pas Cesar anak pertama lancar aja.

    BalasHapus

Posting Komentar