Laporkan Penyalahgunaan

Obat Sembelit Alami Paling Ampuh Untuk Ibu Pasca Melahirkan

24 komentar

Susah buang air besar pasca melahirkan banyak dirasakan oleh kaum perempuan. Rasa sakit, rasa stres, dan takut bercampur menjadi satu. Menurut ahli kedokteran hal yang wajar sih karena pada saat pasca melahirkan seorang ibu memiliki kadar hormon progesteron yang cukup tinggi. Sehingga BAB menjadi keras.

Obat sembelit alami untuk ibu pasca melahirkan

Selain itu penyebabnya adalah rasa takut teramat besar seorang ibu, apa lagi ibu untuk anak pertama. Takut jika jahitan robek saat mengejan. Akhirnya, menahan buang air besar. Sikap menunda tersebut dapat menyebabkan sembelit yang luar biasa.

Nah, akhirnya obat sembelit alamilah menjadi solusi. Sebab, pasca melahirkan merasa kurang aman jika harus menggunakan obat pencagar.

Obat Sembelit Alami Paling Ampuh

Pengalamanku, berbagai obat alami pernah dicoba, sampai seseorang memberikan resep yang menurutku langsung manjur. Karena selang sekitar satu jam, langsung bisa buang air besar tanpa rasa sakit dan macet.

Bahan Bahan

Obat sembelit alami ini bisa dibuat sendiri. Dan bahannya mudah didapatkan, seperti:

Papaya

Disini aku menggunakan papaya dusun, yaitu papaya yang biasanya tumbuh sendiri di ladang atau lahan kosong. Di pasar juga ada yang menjual. Bentuknya bulat, tidak terlalu lonjong. Warnanya orange. Teksturnya lebih lembut dibanding papaya biasa.

Kenapa papaya dusun? Karena teksturnya lebih lembut. Jika tidak ada bisa juga gunakan papaya biasa ditemui di pasaran. Hanya saja, barangkali bereaksinya lebih lama dibandingkan papaya dusun.

Pepaya dan santan obat sembelit

Santan Kelapa

Gunakan santan kelapa yang baru diperas, bukan santan instan. Kenapa? Karena ibu pasca melahirkan baik makanan dan minuman harusnya lebih terjaga.

Cara membuat

Pertama, rebus santan sampai mendidih. Masukan sedikit gula dan garam. Setelah mendidih angkat. Diamkan sampai hangat kuku. Kemudian masukkan papaya yang telah dipotong dadu. Nikmati dengan segera. Kalau belum pernah mencoba memang agak aneh rasanya. Manis santan bertemu dengan papaya yang sudah masak. Namun mengingat khasiatnya tidak akan menyesal. Bahkan sampai sekarang jika kesulitan buang air besar. Aku segera membuat obat alami ini. Insya allah selang beberapa jam, buang air besar menjadi lancar.

Obat sembelit ini selain sangat berguna bagi ibu pasca melahirkan, juga bisa diaplikasikan untuk orang dewasa maupun anak anak yang mengalami sulit buang air besar.

Demi menjaga agar ibu pasca melahirkan tetap sehat, ASI melimpah dan tidak mengalami masalah dengan buang air besar. Sebaiknya konsumsi makanan seperti berikut ini:

  • Makanan berserat tinggi
  • Buah buahan
  • Sayur sayuran
  • Perbanyak minum air putih

Selain itu jaga mood seorang ibu pasca melahirkan. Jangan biarkan ia stress. Karena ini juga dapat menjadi sebab sembelit.

Kemudian, culture tertentu yang melarang ibu melahirkan konsumsi lauk pauk juga dapat mengganggu. Makan makanan dengan menu yang sama setiap hari berbulan bulan juga menjadi sebab. Terakhir, ada larangan minum air putih terlalu banyak, karena takut anak menjadi pilek juga tidak benar.

Biarkan ibu pasca melahirkan bahagia dengan memilih makanan kesukaannya. Inilah salah satu yang harus dilakukan suami ketika istri sakit. Memberikan yang terbaik buat istri. Selagi tidak alergi untuk bayi dan aman dikonsumsi.

Kesimpulan

Sembelit banyak dialami oleh ibu pasca melahirkan. Penyebabnya kadar hormon progresteron dan ketakutan sehingga menunda buang air besar. Untuk mencegahnya dapat makan makanan yang kaya serat tinggi, makan buah buahan, sayur sayuran dan banyak minum air putih. Jika masih mengalami sembelit yang akut. Dapat mencoba obat sembelit alami ini, yaitu papaya dusun dan santan. Selamat mencoba!

 

 





Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com
Lebih baru Terlama

Related Posts

24 komentar

  1. Thanks kak, huhuhu bermanfaaat sekali. Aku sedang sembelit juga nih, gini sudah kalau lagi malas makan sayur sembelit kumat. Sudah habis 2 pcs buah naga aku juice belum bisa bab juga. Trims resepnya besok kucoba ... Gomawo

    BalasHapus
  2. Aduh jadi ngilu lagi rasanya bekas sayatan sesar saya mba. Hihihi. Dua kali sesar, salah satu yg paling saya takutkan ya ini, pas saya buang air besar. Aduh maknyusssss rasanya itu jahitan pas ngeden. Wkwkwk. Alhamdulillah saya dulu juga rajin makan pepaya supaya gak sembelit, setidaknya 3 bulan pertama setelah melahirkan.

    BalasHapus
  3. wah saya baru tahu kalaau setelah melahirkan ini ibu-ibu jadi rawan sembelit. terima kasih infonya ya kak. sangat membantu.

    BalasHapus
  4. Jadi ingat dulu habis lahiran takut banget mau BAB. selain karena takut jahitan dan menimbulkan rasa sakit, masih takut juga kalau mengejan. Ini resepnya enggak harus dibikin pasca lahiran kan ya mbak? Kok kayaknya enak. Jadi pengen bikin, hehe.

    BalasHapus
  5. Pokoknya banyakin makanan berserat untuk terbebas dari sembelit.

    BalasHapus
  6. pepaya. Nah, ini yang sering jadi andalan, mbak. Biasanya emang segera lancar sembelit dengan mengonsumsi ini

    BalasHapus
  7. Naah ini, aku pas udh sakit banget saking ga bisa BAB, akhirnya diksh obat dan disarankan makan pepaya dan minum air putih yg banyak :D.

    Sampe nangis aku nahan sakitnya gara2 ga bisa bab. Perut begah, sempet sedikit ambeian pula.

    BalasHapus
  8. terbaik tuh pepaya mba, aku kalo udah gejala sembelit langsung hap pepaya gak lama langsung bergejolak itu perutku hahaha

    BalasHapus
  9. Papaya ini buah yang paling gampang di dapat ya mbak untuk atasi sembelit..kalau saya selalu stok di kulkas sih ya soalnya lagi pandemi plus musim hujan jadi malas sering ke pasar mending nyetok deh hehehe

    BalasHapus
  10. Saya ada kebiasaan kalau sedang jalan-jalan itu menghindari ke kamar kecil, terutama kalau pas datang ke festival, bisa nggak BAB selama festival itu berlangsung (biasanya sekitar 3 harian). Pas pulang ke rumah, mulai deh sembelit jadinya.
    Resep pepaya dan santan ini patut banget dicoba deh kapan kapan, kebetulan saya juga doyan santan hehehe.

    BalasHapus
  11. Selain bisa membantu mengatasi sembelit, obat alami ini juga enak untuk dikonsumsi harian. Saya suka makan papaya, pernah kepikiran untuk menggunakan santan juga, tapi cukup mager untuk membuatnya

    BalasHapus
  12. Sembelit ? Cobain kopi hitam... dijamin manjur 😁

    BalasHapus
  13. Waaaah bisa ngatasin sembelit dengan buah-buahan yang enak dijadikan cemilan ya

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget ini.. Dulu paska melahirkan namanya BAB memang jadi salah satu tantangan tersendiri.. Betul pepaya ampuh banget.. Belum coba ni yang santan

    BalasHapus
  15. BETul Buangett ini mbaaa
    ampuh juga untuk ibu2 kayak diriku :D
    SOale pandemi ini bikin perut sering konstipasi euyyy

    BalasHapus
  16. Huaaaa jadi ingat momen baru lahiran dulu, aku juga sempat ngalamin sembelit
    Untung didampingi ibu dan ibu mertua yang cekatan
    Dari beliau berdua aku banyak dapat asupan sehat dan bergizi sekaligus obat sembelit. Salah satunya ya pepaya ini

    BalasHapus
  17. Oh ini namanya pepaya dusun, ada banyak nih tumbuh di daerah ku malah ada yang dibiarin berbuah sampe numpuk sayang banget. Sepertinya olahan menu ini mudah ya, boleh nih untuk dicoba.

    BalasHapus
  18. Aduh bener banget ini. Aku yg anak pertama susah bab sampe di kamar mandi lamaaaa banget. Kaki ampe gemeter. Nah, yg anak kedua udah mulai pengalaman. Jadinya gak sampai kesulitan

    BalasHapus
  19. aku punya pengalaman bisa jadi malah kebalikannya mbak, aku kan suka ngunyah apalagi klo buah, waktu dapet buah salak banyak aku abisin deh abis itu baru deh berasa, berapa hari gak bisa BAB hhh mungkin harusnya abis makan salak ak makan pepaya yang banyak ya, duh duh

    BalasHapus
  20. Terima kasih, Kak, untuk sarannya. Saya kira sangat bermanfaat bukan hanya untuk ibu yang baru melahirkan, tetapi juga semua orang 👍👍

    BalasHapus
  21. Pepaya memang legendaris ya buat para pengidap sembelit. Tapi kadang2 kalo lagi kambuh aja baru panik nyari buah yang satu ini.

    BalasHapus
  22. Usai melahirkan anak pertama, aku sembelit parah kak, nangis akutuh, dan pepaya memang ampuh obat sembelit. Jadi sampe skrg aku rajij konsumsi pepaya

    BalasHapus
  23. Wah bener nih. Kata ibuku, makan pepaya bikin beolnya lancar. Aku udah buktiin dan jadi tradisi keluarga sekarang. top cer emang si pepaya ini

    BalasHapus
  24. Ah aku baru tahu kalau perempuan habis persalinan bisa sembelit. Tapi memang sih yang pepaya itu ampuh bikin BAB lancar kembali, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar