Laporkan Penyalahgunaan

Wajib Baca Lima Cara Ampuh agar Anak Suka Membaca Buku

11 komentar

wajib baca lima cara ampuh agar anak suka membaca buku

 

Melihat anak membaca buku sungguh bahagia sekali. Namun, sebagai orang tua apakah sudah mengarahnya secara maksimal agar anak gemar membaca. Nah, berikut ini ada lima cara ampuh agar anak memiliki ketertarikan pada benda yang mulai tersingkir oleh gadget tersebut.

Kenalkan anak dengan buku sedini mungkin

Memperkenalkan anak sedini mungkin dengan buku adalah cara pertama agar anak suka membaca.  Sejak anak usia 13 bulan hal ini dapat dilakukan. Dengan cara dibacakan nyaring. Pilih buku bacaan yang menarik, baik dari segi cerita dan gambar. Anak akan merasa, oh membaca buku itu menyenangkan.

“Lalu, bagaimana jika anak malah merobek lembar buku?” Tidak masalah korban satu atau dua buku untuk menumbuhkan kegemaran anak membaca bukan? Seiring bertambahnya usia anak, ia akan mengamati dan belajar bahwa buku bukan untuk dirobek.

Beri contoh gemar membaca buku

Anak adalah peniru. Ia akan mengamati, belajar dan meneladani orang orang terdekat. Berilah contoh bahwa orang tua gemar membaca. Melihat aktivitas membaca, ia juga akan melakukannya. Buat jadwal membaca buku. Membaca buku di waktu senggang dapat menghilangkan stress dan juga me-refresh pikiran.

Kesukaan membaca buku pada anak juga dapat mengurangi intensitas anak memainkan gadget. Sesekali tidak masalah jika anak menginginkan membaca buku digital. Namun, tetap dibawah pengawasan orang dewasa.

Sediakan buku bacaan di rumah

Pepatah kata dari mata turun ke hati adalah benar adanya. Sering dilihat, diperhatikan akan menumbuhkan rasa cinta. Begitu juga dengan buku. Letakkan buku di tempat tempat yang sering di lihat anak. Di ruang tamu, di kamar sehingga anak melihat dan tertarik untuk membacanya.

Sediakan perpustakaan mini di rumah, yang mudah dijangkau anak. Jika anak malah mengacaukannya. Biarkan saja.  Pelan pelan ajarkan anak untuk menyusunkan kembali buku tersebut.

Berikan hadiah buku kesukaan

Buku bisa menjadi sebuah hadiah yang bagus. Reward ini dapat diberikan ketika anak mulai dapat melakukan sesuatu. Pilihlah buku yang anak suka. Ijinkan dia memilih hadiah buku yang diharapkan.

Buatlah momen membaca bersama anak

Buatlah momen membaca bersama anak secara teratur. Bisa sebelum anak tidur atau di pagi hari. Membaca secara bersama sama selain anak jadi lebih bersemangat juga dapat mendekatkan hubungan anak dan orang tua.

Untuk membiasakan anak membaca ritmenya adalah dikenalkan, dilatih dan dijaga. Momen membaca bersama menjaga anak agar tetap gemar baca. Pertanyaannya apakah kita sebagai orang tua sudah gemar membaca?

Agar lebih semangat membaca dan mengarahkan anak. Ingat kembali bahwa membaca buku memiliki beberapa keuntungan yaitu:

1.        Menambah kosakata anak

Membaca nyaring untuk anak balita dapat menambah kosakata anak. Ia akan merekam apa yang ibunya ucapkan. Bahkan, keuntungan ini akan tetap berlanjut meskipun usianya bertambah. Kosakata baru akan terus didapat.

2.       Meningkatkan kecerdasan anak

Otak membutuhkan nutrisi layaknya tubuh. Tumbuh dan terus berkembang. Membaca buku adalah asupan untuk nutrisi otak agar anak menjadi cerdas.

3.       Mengurangi rasa stress

Diam di rumah tanpa aktivitas telah menyumbang tingkat stress pada anak. Membaca buku bacaan yang seru dapat mengurangi rasa stress tersebut. Memberi pengalaman belajar untuk anak.

4.       Setelah tua bahkan dapat mencegah penyakit pikun

Dilansir dari berbagai sumber pikun adalah sebuah penyakit yang dapat dicegah. Salah satunya dengan membaca. Karena pada saat itu, otak melakukan aktivitas menyerap dan berfikir.

Kesimpulan

Kita sebagai orang tua mengharapkan anak suka baca. Senang melihat anaknya gemar baca. Namun, kita sendiri lebih tertarik dengan gadget.

Filosofinya jangan menyuruh orang lain untuk berbuat baik, sebelum menyuruh diri kita sendiri. Mengawali kebaikan hendaknya dari diri sendiri terlebih dahulu. Termasuk kesukaan untuk membaca buku ini.

Kenapa sih perlu suka membaca? Padahal zamannya sekarang bermain gadget. Nah, dari hati yang paling dalam sebenarnya kita lebih suka melihat anak anak membaca buku atau bermain benda itu?

Jika jawabanya adalah pilihan yang pertama. Lima cara ampuh agar anak suka membaca buku di atas dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Semoga anak anak suka membaca buku ya! Kisah Keseruanbincang buku bisa dibaca di blognya kak Noven Novrasilvia.

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Mwnyediakan perpustakaan mini ini memang ngaruh ke minat baca anak kak. Jadi di rumah memang ada lemari buku yang berisi buku anak-anak jadi tiap ponakan datang kerumah itu terus yang dituju. Jadi kadang mikir yang penting disediakan dulu ya...

    BalasHapus
  2. Setuju mbak membiasakan anak membaca sejak dini bagus untuk perkembangan kosa kata si kecil dan yang pasti nanti dimasa tuanya jadi mencegah kepikunan karena terbiasa menggunakan daya ingat dengan membaca

    BalasHapus
  3. Anak kecil itu memang harusnya dilatih sejak kecil ya mbak. Kalau tidak maka ketika besar sulit utk membiasakan diri. Contoh sederhana bersih2 rumah, kalau dr kecil ga dilatih besarnya bisa2 enggan utk melakukannya

    BalasHapus
  4. Kasih contoh ini emang bener banget kak. Soalnya anakku suka baca buku pun karena liat aku. Dan memulai bacanya pun sama kayak aku . Suka baca manga juga. Kadang bisa tukeran buku atau janjian beli buku komik beda judul biar bisa dibaca bareng

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, pelan2 anakku menyukai baca buku. Walaupun masih yg bergambar dan tulisannya sedikit setidaknya bisa membuat ia melupakan gadgetnya sejenak. Dan mengalihkannya dengan warna-warni dari buku cerita bergambar. Emang bener banget mbak, emang harus sedini mungkin mengenalkan mereka dengan buku2.

    BalasHapus
  6. Saya setuju banget kak kalau membaca itu banyak sekali manfaatnya. Apalagi jika orang tua bisa mendampingi anak. Manfaatnya bisa nambah lagi, ditambah dengan bonding bersama orang tua.

    BalasHapus
  7. Kalau untuk anak memang harus diberi contoh dengan tindakan ya kak, jangan cuma kata-kata

    BalasHapus
  8. Cara-cara di atas bener banget. Bahkan sejak di dalam kandungan, ibu bisa menanamkan kebiasaan membaca ini. Selain itu, anak itu mencontoh apa yang dia lihat dan dengar. Kalau orang tuanya sering mereka lihat akrab dengan buku, maka mereka pun akan meniru.

    BalasHapus
  9. Pepatah lama mengatakan membaca buku membuka jendela dunia. That's right, mari membuka buku dan membaca, jangan sampai budaya menyukai buku terkisis dengan sosmed dan games

    BalasHapus
  10. Sebenarnya supaya anak jadi suka baca buku ada baiknya kita yg kasih contoh ya kak, dan ajak anak2 ke toko buku buat dia milih buku kesukaannya sendiri

    BalasHapus
  11. Bener kak. Yang utama adalah memberi contoh. Karena anak kita gak suka mendengar ceramah kita tapi suka meniru apa yang kita perbuat . Maybe saya suka baca dan nulis karena ayah saya memang hobi menulis dan membaca.

    BalasHapus

Posting Komentar