Laporkan Penyalahgunaan

11 Cara Mencegah Kanker untuk Hidup yang Lebih Sehat

8 komentar

 

Salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti adalah kanker. Penyakit ini lebih umum disebabkan oleh mutasi gen, baik yang terjadi secara alami (bawaan lahir) atau mutasi gen yang terjadi akibat faktor luar. Beberapa faktor luar yang dapat memicu terjadinya kanker antara lain radiasi, bahan kimia penyebab kanker, rokok, virus, hormonal, obesitas dan banyak lagi lainnya. 

Penyakit kanker ini bisa menyerang hampir semua bagian tubuh, mulai dari payudara, otak, nasofaring, kulit, rahim, dan banyak lagi. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker agar tidak menyerang tubuh Anda? Berikut ini ada 11 cara mencegah kanker untuk hidup lebih sehat.

 

cara-mencegah-kanker

Mengatur Konsumsi Lemak

Salah satu cara mencegah kanker rupanya adalah dengan melakukan diet rendah lemak. Hal ini juga sudah didukung oleh beberapa penelitian oleh ahli. Adapun jenis lemak yang dapat memicu kanker ialah jenis lemak jenuh. 

Jenis lemak jenuh umumnya terdapat pada mentega, daging, makanan dengan kandungan susu full-cream, serta asam lemak yang ada pada margarin. Anda dapat mengatur konsumsi lemak Anda dengan cara beralih ke lemak tak jenuh, seperti misalnya asam lemak omega-3 yang banyak terdapat di ikan salmon atau bisa juga dengan minyak zaitun. 

konsumsi-buah-buahan-sebagai-sumber-serat

Memperbanyak Konsumsi Makan dengan Kandungan Sumber Serat

Mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber serat juga dapat membantu tubuh untuk meminimalisir risiko penyakit kanker. Serat memiliki fungsi untuk mengikat estrogen dan juga kolesterol yang ada di saluran pencernaan, sehingga kadarnya akan turun. Penurunan kadar estrogen dan kolesterol ini dapat mencegah munculnya penyakit kanker. 

Hindari-daging-yang-terlalu-masak

Hindari Mengkonsumsi Daging yang Dimasak Terlalu Matang

Ternyata salah satu cara mencegah kanker adalah dengan menghindari konsumsi daging yang diolah atau dimasak terlalu matang bahkan hingga gosong. Hal ini karena daging yang dimasak terlalu matang akan menghasilkan senyawa amino heterosiklik yang memiliki sifat karsinogenik. Ini merupakan zat penyebab kanker. 

Apabila daging semakin lama dimasak, maka akan semakin banyak zat tersebut. Anda sebaiknya menghindari mengkonsumsi daging yang dibakar dengan bagian luar yang gosong atau menghitam. Lagi pula, daging yang dimasak terlalu lama justru akan hilang nilai gizinya, jadi masaklah daging dengan waktu secukupnya hingga daging cukup matang. 

perbanyak-konsumsi-sayur-dan-buah

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu sumber makan terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi risiko kanker adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal zat radikal bebas penyebab kanker. 

Buah dan sayur juga banyak mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C dan juga mineral selenium yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Konsumsi sayur dan buah sehari 5 kali untuk perlindungan maksimal. 

suplemen-kanker

Serta menambahkan suplemen kanker atau nutrasetika kanker yang berbahan alami seperti Curcomplex 95 untuk mengurasi risiko terkena penyakit kanker. Curcomplex 95 merupakan Nutrasetika khusus penderita kanker yang menggunakan bahan 100% alami dari Ekstrak Curcuma longa rhizome dan bahan aktif Curcuminioid comple yang diproses dengan teknologi & inovasi terbaru.  Bahan aktif Curcuminioid complex yang secara klinis mampu meningkatkan kualitas dan harapan hidup penderita kanker, dengan cara mengurangi depresi, kelelahan, mengurangi rasa sakit, menghambat penyebaran sel kanker sekaligus meningkatkan efektivitas kemoterapi dan radioterapi, sehingga efektivitas pengobatan kanker dapat meningkat dengan baik. 


Berhentilah Merokok

Tak  hanya dapat menyebabkan kanker, merokok ternyata bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Untuk Anda yang ingin hidup sehat tanpa risiko kanker yang tinggi, maka berhentilah merokok sekarang juga.

Merokok pada dasarnya dapat memicu berbagai jenis kanker, diantaranya kanker paru-paru, kandung kemih, tenggorokan, mulut, laring, ginjal dan juga leher rahim pada wanita. Tal hanya perokok aktif, orang yang merupakan perokok pasif juga berisiko menderita kanker akibat asap rokok. 

Sebaiknya Jangan Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedikit memang masih diperbolehkan. Akan tetapi jika Anda tidak ingin mengambil risiko, maka sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman dengan kandungan alkohol terutama yang kadarnya cukup tinggi. 

Alkohol diketahui dapat memicu kanker ginjal, kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, dan juga kanker hati.

Konsumsi Makanan Berbahan Kedelai

Salah satu cara mencegah penyakit kanker adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar kedelai. Kedelai diketahui mengandung estrogen tumbuhan atau fitoestrogen yang dapat membantu tubuh mencegah terjadinya kanker.

Fitoestrogen ini saat masuk ke dalam tubuh akan terikat dengan reseptor sel yang memiliki estrogen tubuh Anda, sehingga dapat membantu mencegah kanker. 

beraktivitas-fisik-dan-olahraga

Aktif Beraktivitas Fisik dan Olahraga

Sebuah studi menjelaskan bahwa semakin aktif tubuh Anda bergerak maka semakin berkurang risiko terjadinya kanker pada tubuh Anda. Menurut American Cancer Society, untuk dapat meminimalisir risiko kanker maka durasi olahraga yang Anda butuhkan adalah antara 150 hingga 300 menit per minggunya dengan intensitas olahraga sedang. 

Konsumsi Kacang-Kacangan Juga Baik untuk Mencegah Kanker

Cara mencegah kanker selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Di dalam bahan pangan ini Anda juga bisa menemukan zat fitoestrogen, sama seperti yang ada di dalam kedelai.

Jadi, selain banyak mengkonsumsi makanan dari bahan kedelai, Anda juga bisa menambah asupan makanan berupa kacang-kacangan yang baik untuk mencegah risiko kanker. 

mengelola-stres

Pandai Mengelola stres

stres ternyata dapat memicu berbagai macam penyakit dalam tubuh Anda. Untuk itu, cara mencegah kanker adalah juga dengan mengelola stres Anda dengan baik dan bijak. stres dapat meningkatkan produksi kortisol, yang dapat melemahkan sistem imun tubuh Anda. Selain itu, stres yang tidak dikelola dengan baik juga akan membuat keseimbangan mekanisme tubuh terganggu.

Hindari Perilaku yang Berisiko

Cara mencegah kanker yang terakhir adalah dengan menghindari perilaku yang dapat memunculkan risiko. Seperti misalnya menghindari gaya hidup dengan seks bebas dan berganti pasangan seksual. Hal ini dapat memicu infeksi, yang juga dapat meningkatkan risiko kanker. 

Semakin sering Anda berganti pasangan seksual, maka akan semakin tinggi juga risiko kanker yang menunggu Anda. 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mencegah kanker yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan lebih sehat. 

Linda Puspita
Seorang bloger dan influencer. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Ngeri kalau membayangkan penyakit satu ini. Udah silent killer, biaya treatment nya juga mahal banget. Jauh-jauh deh dari penyakit ini, atut....

    BalasHapus
  2. stress itu faktor terbesar kanker katanya, jadi inget peribahasa men sana in corpore sano hehe

    BalasHapus
  3. kalo denger penyakit kanker, haduh rasanya mental udah kena duluan :'(

    BalasHapus
  4. Saya suka banget makan roti plus mentega plus selai plus kopi hangat. Nah apakah bisa diimbangi dengan mengonsumsi ikan salmon biar lemak jenuhnya jadi lemak tak jenuh?? Biar bisa balance gitu deh, hehehe...

    Terima kasih banyak atas tips kerennya ya. Jadi tau banyak nih, tinggal praktekin aja. Nah iya ditambah sama suplemen kanker dari Curcomplex 95

    BalasHapus
  5. Pada intinya memang menjaga pola hidup sehat penting ya kak untuk mencegah kanker sejak dini. Olahraga teratur dan konsumsi menu makanan seimbang tentu akan baik bagi tubuh untuk metabolisme dan juga kebugaran tubuh. Thanks info di atas bermanfaat sekali kak Linda.. sudah dibaca ya..

    BalasHapus
  6. Rokok sangat berbahaya menjadi pemicu kanker. semoga makin banyak yang sadar terhadap bahaya ini. Aamiin

    BalasHapus
  7. Ternyata stres juga menjadi salah satu pemicu kanker ya Mbak. Tidak hanya kanker, tetapi juga penyakit lainnya. Memang harus bijak mengelola stres nih.

    BalasHapus
  8. umumnya kanker disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, juga gaya hidup kita.. dengan memperbanyak makan sayur dan buah, serta banyak olah raga mungkin bisa menghindarkan kita dari kanker..

    BalasHapus

Posting Komentar