Laporkan Penyalahgunaan

Pusat Investasi Pemerintah meningkatan Kapasitas Usaha Ultra Mikro

49 komentar

 

pusat-investasi-pemerintah

Pandemi menahan roda perekonomian berjalan lancar. Namun sekaligus mengajarkan agar kita lebih gigih lagi untuk berusaha. Untuk menggerakkan ekonomi di sector mikro dan ultra mikro, Pusat investasi pemerintah meningkatkan kapasitas usaha ultra mikro dengan meluncurkan kampanye “Bersama Sahabat- UMi Bangkit” pada akhir Agustus lalu.

Tidak lain tujuannya adalah meningkatkan kapasitas usaha ultra mikro agar maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka. Seperti yang dipaparkan oleh Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah.

Ekosistem UMi

Apa saja program yang dilakukan Usaha Ultra Mikro tersebut, simak yuk!

Kampanye ini mengusung Ekosistem UMi yang memiliki tujuan agar dapat mendorong peningkatan dan pendampingan usaha khususnya di usaha mikro dan Ultra Mikro (UMi). Ekosistem UMi tersebut meliputi:

Wadah Usaha UMi

Bentuk kerja sama antara Pusat Investasi Pemerintah dan pemerintah daerah Maluku Utara adalah wadah usaha UMi di Ternate. Salah satunya adalah memberikan lapak usaha dengan biaya sewa yang lebih murah kepada para pelaku usaha ultra mikro.

Salah satu pelaku usaha ultra mikro yang merasa tertolong adalah Rahma Khare. Ia menyatakan bahwa usaha tahu tunanya mampu bertahan di pandemi bahkan terus berkembang karena bantuan dari Pusat investasi pemerintah melalui Wadah Usaha UMi ini.

Selain itu, ia juga mengaku mendapatkan pendampingan serta beberapa masukan untuk membantunya mengembangkan usaha Tahu Tunanya tersebut.

Terbukti program UMi, telah membawa dampak positif bagi pelaku usaha ultra mikro di daerahnya masing-masing.

Inkubasi UMi

Inkubasi UMi adalah rentang waktu tertentu yang dibutuhkan untuk meningkatkan usaha. Program Inkubasi UMi sendiri dilakukan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Teknisnya adalah membantu para debitur dalam hal pinjaman dan pengetahuan teknis seperti pelatihan, pendampingan, dan meningkatkan kualitas produk.

Hasilpun sesuai dengan harapan bersama yaitu meningkat hasil usaha.  Seperti yang dipaparkan Ai Khodijah, salah satu pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat. 

pelaku-usaha-warung-sablak

Program Inkubasi UMi telah membantunya mengembangkan usaha warung Seblak miliknya. Sekarang ia tidak saja jualan seblak secara offline namun juga merambah ke on line.  

Ia juga berhasil menambah varian produk yang dijualnya, seperti basreng, kacang dan cemilan lainnya. Dengan pelatihan dan pendampingan dari UMi, kini perbaikan sanitasi warung yang jauh lebih baik tentu saja diikuti dengan peningkatan omset hingga dua kali lipat dari sebelumnya.

Keberhasilan yang serupa juga dituturkan oleh Nia Anriani di Majalengka, dengan program Inkubasi UMI mampu mendorong usahanya yang semula hanya berjualan siomay menggunakan gerobak motor, kini telah memiliki gerobak permanen, varian yang dijual juga bertambah banyak. Dengan omset penghasilan Rp 9.900.000 dalam sebulan dari sebelumnya Rp 7.700.000.

Sinergi Antar Lembaga

Dampak positif program UMi sangat dirasakan bagi pelaku usaha. Untuk mempermudah dan memperluas penyaluran pinjaman UMi, Pusat Investasi Pemerintah bersinergi antar beberapa kementrian dan lembaga.

Sebagai contoh pada awal kampanye UMi bangkit, telah bersinergi dengan lembaga di bawah Kementerian Keuangan seperti Koperasi Pegawai Kantor Pusat, Perbendaharaan (Koppbn) – Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) – Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Kemudian, pada bulan November telah bersinergi  dengan Ditjen Pajak dan Kementerian Pertanian dalam kegiatan sosialisasi pinjaman ultra mikro (UMi) dan kredit usaha rakyat (KUR), serta edukasi perpajakan bagi Gabungan Petani Organik Sekarlangit, Grabag, Magelang.

Selain itu, ada lagi bentuk sinergi berupa penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB). Hal ini dilakukan sebagai dukungan terhadap pengembangan UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tepatnya pelaku industri kreatif yang domisili di Desa Penyangga Borobudur Highland. Dengan memberikan pinjaman ultra mikro (UMi) dan pelatihan usaha yang diharapkan mampu mendorong kemajuan usaha di bidangnya masing-masing.

Kesimpulan

Nah, itulah sedikit cerita program yang telah dikampanyekan oleh Pusat Investasi Pemerintah dalam meningkatan Kapasitas Usaha Ultra Mikro. Pelatihan dan pendampingan ini akan tarus disediakan. Dengan menyediakan layanan pinjaman yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha ultra mikro di seluruh Indonesia diharapkan usaha ultra mikro maju dan naik kelas.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

49 komentar

  1. Program-program dalam Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" memang memudahkan para pelaku usaha ya supaya bisa lebih produktif dit tengah ketidskpastuan pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, alhamdulillah banyak membantu nih

      Hapus
  2. Mantap nih program UMi. Tentu syarat pengajuannya gak sulit juga ya Mbak. Semoga banyak yang terbantu. Karena untuk berkembang memang butuh modal dan pendampingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sih mbk, tetapi memang harus punya anggunan kalau untuk program KUR nya

      Hapus
  3. Sungguh menginspirasi usaha siomay dari Majalengka. Dari gerobak motor jadi gerobak permanen. Omzet pun naik hingga lebih dari 30%. Semua berkat keuletan pengusaha dan pendampingan dari Ekosistem UMi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, patut diapresiasi program UMi semoga meluas dan merata ya nantinya

      Hapus

  4. Berbagai keberhasilan yang dirasakan oleh penerima bantuan sahabat UMi bangkit ini semoga menjadi motivasi yang lain untuk berani membuka usaha. Karena pemerintah melalui PIP akan membantu para pengusaha UMi untuk berkembang lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sepatutnya ya kak untuk disebar luaskan berita keberhasilan ini agar makin banyak yang meniru

      Hapus
  5. Waaah keren juga ya PIP ini. UMKM bisa berjaya nih dapat bantuan modal dan skill dari PIP.

    BalasHapus
  6. Semoga semakin banyak pelaku usaha ultra mikro yang mendapatkan bantuan dari PIP seperti Ai Khodijah, salah satu pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. semoga ya mbk semakin banyak yang mendapat bantuan

      Hapus
  7. MasyaAllah. Bantuan dari PIP ini bermanfaat banget lho untuk pelaku usahaa. Mudah-mudahan bisa lebih merata yaahh bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, harapanku juga begitu kak, semakin sukses untuk orang banyak dan merata

      Hapus
  8. Program PIP bikin rakyat makin terbantu karena bisa mandiri menjalankan usaha. Semoga sukses terus usahanya dan makin banyak UMKM yang bangkit

    BalasHapus
  9. Program UMi bagus bgt utk masyarakat. Semoga banyak lembaga & perusahaan swasta yg mau digandeng PIP sehingga lebih banyak pelaku umkm yg terbantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku sangat setuju nih kak, perusahaan kalau ikut andil, majunya bakal lebih cepet ya

      Hapus
  10. Dampak positif program UMi ternyata sudah dirasakan bagi pelaku usaha di beberapa wilayah ya kak. Apalagi program ini bekerjasama dengan banyak pihak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak Niken, semoga kedepannya semakin baik

      Hapus
  11. banyak UMKM yang butuh bantuan kayak gini sebab selama pandemi banyak usaha yang mulai tumbang juga, semoga UMi menjadi salah satu harapan bagi UMKM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, banyak yang tumbang namun semoga tidak sedikit yang tambah pesat perkembangannya ya kak

      Hapus
  12. Saat ini UMKM memang perlu program seperti UMi ini sehingga dapat meningkatkan usahanya

    BalasHapus
  13. Saatnya UMKM naik kelas ya dengan program UMi bangkit ini. Programnya cukup menarik, pengusaha bukan hanya mendapat bantuan pinjaman usaha tapi juga didampingi hingga berhasil..mantap PIP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, tanpa pendampingan mungkin bisa saja bantuan dana yang dikucurkan tidak berpengaruh apa-apa

      Hapus
  14. Senang ya sekarang UMKM dapat bantuan pelatihan dan permodalan semoga program UMI ini bisa membantu pelaku UMKM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Tentunya kak. Sangat membantu sekali

      Hapus
  15. Alhamdulillah ada UMi ya mba jadi pelaku UMKM lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mbak, giat UMi terasa sekali bagi pelaku UMKM

      Hapus
  16. Bersyukur banget pemerintah dengan program umi ini membantu masyarakat Usaha mikro Untuk terus berkembang ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, UMi benar terasa dampaknya bagi pelaku UMKM

      Hapus
  17. Lumayan ya. Seblak bisa jadi lebih maju dengan suntikan PIP UMi. Sangat membantu masyarakat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makanan kuliner ini banyak digemari masyarakat, apalagi dampat suntikan, semoga banyak pelaku usaha makin kreatif

      Hapus
  18. UMKM memang harusnya dibantu ya mbak. Untung pemerintah ikut support dengan program UMi ini. Dan semoga makin banyak usaha mikro yang terbantu. Biar makin sejahtera kita. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya kak, UMKM kendalanya di modal dan pendampingan

      Hapus
  19. Semangat para UMKM Indonesia apalagi ada program seperti ini. Kami hanya bisa mendoakan dan bisa ikut andil contohnya jajan di UMKM untuk membantu mereka juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, beli jajanan di UMKM aku banget nih, ngelarisi jajanan pelaku UMKM itu adalah dukungan yang luar biasa

      Hapus
  20. dengan adabya UMi semoga UMKM Indonesia bangkit, Indonesia semakin kuat perekonomiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga diijabah do'a kita bersama ya. Terimakasih mbk.

      Hapus
  21. Dukungan pemerintah salah satu penopang keberlangsungan usaha aalah satunya program UMi

    BalasHapus
  22. Sebetulnya telah banyak ya program yg dilakukan pemerintah untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Namun, kadangkala masih ada orang yang gak tahu akaws bantuan plus pendampingan seperti ini.

    BalasHapus
  23. Salut untuk diadakannya Pusat Investasi Pemerintah dalam meningkatkan Kapasitas Usaha Ultra Mikro. Ini akan membuat usaha ultra mikro maju dan naik kelas. Apalagi didukung pelatihan dan pendampingan juga layanan pinjaman yang mudah dan cepat.

    BalasHapus
  24. Ini salah satu peran pemerintah untuk terus menggerakkan perekonomian melalu aneka program dan kegiatan memajukan UMKM. Semoga makin banyak programnya dari pemerintah ya biar makin banyak yang terbantu

    BalasHapus
  25. Bantuan dari PIP dapat meningkatkan kinerja dan penghasilan para pelaku UMKM ya. Semoga program UMi berkesinambungan ga hanya saat ini saja aamiin.

    BalasHapus
  26. umi ini baguss banget ya mba, kayaknya pas pandemi ini makin banyak peningkatan dan memberikan bantuan untuk usaha mikro. semoga semuanya jadi bisa bangkit bersama pasca pandemi ya

    BalasHapus
  27. Keren banget sih bisa bantu UMKM gini. Apalagi di masa pandemi, pasti sempet ngerasa kesulitan

    BalasHapus
  28. Wahh keren nih program seperti ini, semoga bisa terus ada dan bisa membantu pengusaha kecil atau UMKM didalam negeri untuk bisa naik kelas, berkembang, dan selalu produktif.

    BalasHapus

Posting Komentar