Laporkan Penyalahgunaan

Pusat Investasi Pemerintah meningkatan Kapasitas Usaha Ultra Mikro

49 komentar

 

pusat-investasi-pemerintah

Pandemi menahan roda perekonomian berjalan lancar. Namun sekaligus mengajarkan agar kita lebih gigih lagi untuk berusaha. Untuk menggerakkan ekonomi di sector mikro dan ultra mikro, Pusat investasi pemerintah meningkatkan kapasitas usaha ultra mikro dengan meluncurkan kampanye “Bersama Sahabat- UMi Bangkit” pada akhir Agustus lalu.

Tidak lain tujuannya adalah meningkatkan kapasitas usaha ultra mikro agar maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka. Seperti yang dipaparkan oleh Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah.

Ekosistem UMi

Apa saja program yang dilakukan Usaha Ultra Mikro tersebut, simak yuk!

Kampanye ini mengusung Ekosistem UMi yang memiliki tujuan agar dapat mendorong peningkatan dan pendampingan usaha khususnya di usaha mikro dan Ultra Mikro (UMi). Ekosistem UMi tersebut meliputi:

Wadah Usaha UMi

Bentuk kerja sama antara Pusat Investasi Pemerintah dan pemerintah daerah Maluku Utara adalah wadah usaha UMi di Ternate. Salah satunya adalah memberikan lapak usaha dengan biaya sewa yang lebih murah kepada para pelaku usaha ultra mikro.

Salah satu pelaku usaha ultra mikro yang merasa tertolong adalah Rahma Khare. Ia menyatakan bahwa usaha tahu tunanya mampu bertahan di pandemi bahkan terus berkembang karena bantuan dari Pusat investasi pemerintah melalui Wadah Usaha UMi ini.

Selain itu, ia juga mengaku mendapatkan pendampingan serta beberapa masukan untuk membantunya mengembangkan usaha Tahu Tunanya tersebut.

Terbukti program UMi, telah membawa dampak positif bagi pelaku usaha ultra mikro di daerahnya masing-masing.

Inkubasi UMi

Inkubasi UMi adalah rentang waktu tertentu yang dibutuhkan untuk meningkatkan usaha. Program Inkubasi UMi sendiri dilakukan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Teknisnya adalah membantu para debitur dalam hal pinjaman dan pengetahuan teknis seperti pelatihan, pendampingan, dan meningkatkan kualitas produk.

Hasilpun sesuai dengan harapan bersama yaitu meningkat hasil usaha.  Seperti yang dipaparkan Ai Khodijah, salah satu pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat. 

pelaku-usaha-warung-sablak

Program Inkubasi UMi telah membantunya mengembangkan usaha warung Seblak miliknya. Sekarang ia tidak saja jualan seblak secara offline namun juga merambah ke on line.  

Ia juga berhasil menambah varian produk yang dijualnya, seperti basreng, kacang dan cemilan lainnya. Dengan pelatihan dan pendampingan dari UMi, kini perbaikan sanitasi warung yang jauh lebih baik tentu saja diikuti dengan peningkatan omset hingga dua kali lipat dari sebelumnya.

Keberhasilan yang serupa juga dituturkan oleh Nia Anriani di Majalengka, dengan program Inkubasi UMI mampu mendorong usahanya yang semula hanya berjualan siomay menggunakan gerobak motor, kini telah memiliki gerobak permanen, varian yang dijual juga bertambah banyak. Dengan omset penghasilan Rp 9.900.000 dalam sebulan dari sebelumnya Rp 7.700.000.

Sinergi Antar Lembaga

Dampak positif program UMi sangat dirasakan bagi pelaku usaha. Untuk mempermudah dan memperluas penyaluran pinjaman UMi, Pusat Investasi Pemerintah bersinergi antar beberapa kementrian dan lembaga.

Sebagai contoh pada awal kampanye UMi bangkit, telah bersinergi dengan lembaga di bawah Kementerian Keuangan seperti Koperasi Pegawai Kantor Pusat, Perbendaharaan (Koppbn) – Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) – Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Kemudian, pada bulan November telah bersinergi  dengan Ditjen Pajak dan Kementerian Pertanian dalam kegiatan sosialisasi pinjaman ultra mikro (UMi) dan kredit usaha rakyat (KUR), serta edukasi perpajakan bagi Gabungan Petani Organik Sekarlangit, Grabag, Magelang.

Selain itu, ada lagi bentuk sinergi berupa penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB). Hal ini dilakukan sebagai dukungan terhadap pengembangan UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tepatnya pelaku industri kreatif yang domisili di Desa Penyangga Borobudur Highland. Dengan memberikan pinjaman ultra mikro (UMi) dan pelatihan usaha yang diharapkan mampu mendorong kemajuan usaha di bidangnya masing-masing.

Kesimpulan

Nah, itulah sedikit cerita program yang telah dikampanyekan oleh Pusat Investasi Pemerintah dalam meningkatan Kapasitas Usaha Ultra Mikro. Pelatihan dan pendampingan ini akan tarus disediakan. Dengan menyediakan layanan pinjaman yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha ultra mikro di seluruh Indonesia diharapkan usaha ultra mikro maju dan naik kelas.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

49 komentar

Kyndaerim mengatakan…
Program-program dalam Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" memang memudahkan para pelaku usaha ya supaya bisa lebih produktif dit tengah ketidskpastuan pandemi.
Deris Afriani mengatakan…
Mantap nih program UMi. Tentu syarat pengajuannya gak sulit juga ya Mbak. Semoga banyak yang terbantu. Karena untuk berkembang memang butuh modal dan pendampingan.
Damar Aisyah mengatakan…
Sungguh menginspirasi usaha siomay dari Majalengka. Dari gerobak motor jadi gerobak permanen. Omzet pun naik hingga lebih dari 30%. Semua berkat keuletan pengusaha dan pendampingan dari Ekosistem UMi
Sapti nurul hidayati mengatakan…

Berbagai keberhasilan yang dirasakan oleh penerima bantuan sahabat UMi bangkit ini semoga menjadi motivasi yang lain untuk berani membuka usaha. Karena pemerintah melalui PIP akan membantu para pengusaha UMi untuk berkembang lebih baik lagi.
Leyla Hana mengatakan…
Waaah keren juga ya PIP ini. UMKM bisa berjaya nih dapat bantuan modal dan skill dari PIP.
Semoga semakin banyak pelaku usaha ultra mikro yang mendapatkan bantuan dari PIP seperti Ai Khodijah, salah satu pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat ya mbak.
Han mengatakan…
MasyaAllah. Bantuan dari PIP ini bermanfaat banget lho untuk pelaku usahaa. Mudah-mudahan bisa lebih merata yaahh bantuannya.
Unknown mengatakan…
Program PIP bikin rakyat makin terbantu karena bisa mandiri menjalankan usaha. Semoga sukses terus usahanya dan makin banyak UMKM yang bangkit
Renayku mengatakan…
Program UMi bagus bgt utk masyarakat. Semoga banyak lembaga & perusahaan swasta yg mau digandeng PIP sehingga lebih banyak pelaku umkm yg terbantu.
K. Niken mengatakan…
Dampak positif program UMi ternyata sudah dirasakan bagi pelaku usaha di beberapa wilayah ya kak. Apalagi program ini bekerjasama dengan banyak pihak.
Milda Ini mengatakan…
banyak UMKM yang butuh bantuan kayak gini sebab selama pandemi banyak usaha yang mulai tumbang juga, semoga UMi menjadi salah satu harapan bagi UMKM
Innaberkicau mengatakan…
Saat ini UMKM memang perlu program seperti UMi ini sehingga dapat meningkatkan usahanya
Priyani Kurniasari mengatakan…
Saatnya UMKM naik kelas ya dengan program UMi bangkit ini. Programnya cukup menarik, pengusaha bukan hanya mendapat bantuan pinjaman usaha tapi juga didampingi hingga berhasil..mantap PIP
Bayu Fitri mengatakan…
Senang ya sekarang UMKM dapat bantuan pelatihan dan permodalan semoga program UMI ini bisa membantu pelaku UMKM
Maria Tanjung mengatakan…
Alhamdulillah ada UMi ya mba jadi pelaku UMKM lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha mereka
Aisyah Dian mengatakan…
Bersyukur banget pemerintah dengan program umi ini membantu masyarakat Usaha mikro Untuk terus berkembang ya mbak
Supadilah mengatakan…
Lumayan ya. Seblak bisa jadi lebih maju dengan suntikan PIP UMi. Sangat membantu masyarakat nih
Unknown mengatakan…
UMKM memang harusnya dibantu ya mbak. Untung pemerintah ikut support dengan program UMi ini. Dan semoga makin banyak usaha mikro yang terbantu. Biar makin sejahtera kita. Aamiin
Linimasaade mengatakan…
Semangat para UMKM Indonesia apalagi ada program seperti ini. Kami hanya bisa mendoakan dan bisa ikut andil contohnya jajan di UMKM untuk membantu mereka juga.
Dyah Kusuma mengatakan…
dengan adabya UMi semoga UMKM Indonesia bangkit, Indonesia semakin kuat perekonomiannya
Linda Puspita mengatakan…
Benar kak, alhamdulillah banyak membantu nih
Linda Puspita mengatakan…
Gak sih mbk, tetapi memang harus punya anggunan kalau untuk program KUR nya
Linda Puspita mengatakan…
Iya kak, patut diapresiasi program UMi semoga meluas dan merata ya nantinya
Linda Puspita mengatakan…
Sudah sepatutnya ya kak untuk disebar luaskan berita keberhasilan ini agar makin banyak yang meniru
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin. semoga ya mbk semakin banyak yang mendapat bantuan
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin, harapanku juga begitu kak, semakin sukses untuk orang banyak dan merata
Linda Puspita mengatakan…
Nah, aku sangat setuju nih kak, perusahaan kalau ikut andil, majunya bakal lebih cepet ya
Linda Puspita mengatakan…
Betul sekali kak Niken, semoga kedepannya semakin baik
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin, banyak yang tumbang namun semoga tidak sedikit yang tambah pesat perkembangannya ya kak
Linda Puspita mengatakan…
Iya kak, tanpa pendampingan mungkin bisa saja bantuan dana yang dikucurkan tidak berpengaruh apa-apa
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin. Tentunya kak. Sangat membantu sekali
Linda Puspita mengatakan…
Yes mbak, giat UMi terasa sekali bagi pelaku UMKM
Linda Puspita mengatakan…
Benar kak, UMi benar terasa dampaknya bagi pelaku UMKM
Linda Puspita mengatakan…
Iya kak, makanan kuliner ini banyak digemari masyarakat, apalagi dampat suntikan, semoga banyak pelaku usaha makin kreatif
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin. Iya kak, UMKM kendalanya di modal dan pendampingan
Linda Puspita mengatakan…
Iya kak, beli jajanan di UMKM aku banget nih, ngelarisi jajanan pelaku UMKM itu adalah dukungan yang luar biasa
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin, semoga diijabah do'a kita bersama ya. Terimakasih mbk.
Linda Puspita mengatakan…
Aamiin. Tentu kak
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Dukungan pemerintah salah satu penopang keberlangsungan usaha aalah satunya program UMi
Linda Puspita mengatakan…
Yup, betul kak.
Agustina Purwantini mengatakan…
Sebetulnya telah banyak ya program yg dilakukan pemerintah untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Namun, kadangkala masih ada orang yang gak tahu akaws bantuan plus pendampingan seperti ini.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Salut untuk diadakannya Pusat Investasi Pemerintah dalam meningkatkan Kapasitas Usaha Ultra Mikro. Ini akan membuat usaha ultra mikro maju dan naik kelas. Apalagi didukung pelatihan dan pendampingan juga layanan pinjaman yang mudah dan cepat.
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Ini salah satu peran pemerintah untuk terus menggerakkan perekonomian melalu aneka program dan kegiatan memajukan UMKM. Semoga makin banyak programnya dari pemerintah ya biar makin banyak yang terbantu
Nurul Sufitri mengatakan…
Bantuan dari PIP dapat meningkatkan kinerja dan penghasilan para pelaku UMKM ya. Semoga program UMi berkesinambungan ga hanya saat ini saja aamiin.
Nabilla DP mengatakan…
umi ini baguss banget ya mba, kayaknya pas pandemi ini makin banyak peningkatan dan memberikan bantuan untuk usaha mikro. semoga semuanya jadi bisa bangkit bersama pasca pandemi ya
NataHsu mengatakan…
Keren banget sih bisa bantu UMKM gini. Apalagi di masa pandemi, pasti sempet ngerasa kesulitan
Andrie K. mengatakan…
Wahh keren nih program seperti ini, semoga bisa terus ada dan bisa membantu pengusaha kecil atau UMKM didalam negeri untuk bisa naik kelas, berkembang, dan selalu produktif.