Laporkan Penyalahgunaan

Kemampuan Kognitif Adalah Kemampuan Untuk Berfikir, Berikut Ini Cara Mendukungnya

 

kemampuan-kognitif-adalah


Ada lima aspek perkembangan anak. Salah satunya sangat mendasar yaitu kemampuan kognitif. Sederhananya, kemampuan kognitif adalah kemampuam untuk berfikir. Sebagai orang tua, sudah seharusnya memahami dan mendukung kemampuan kognitif anak agar semakin optimal.

Dukungan ini sangat diperlukan di masa golden age. Yaitu dari usia 0 bulan sampai 8 tahun dimana brain bisa berkembang secara optimal. Yuk, lakukan stimulasi atau dukungan agar kemampuan kognitif berkembang dengan baik dengan cara:

Perkenalkan Anak dengan Buku

Memperkenalkan anak dengan buku dapat stimulasi kemampuan kognitif. Kenalkan buku sejak dini, biasanya anak usia 6 sd 12 bulan sudah dapat distimulasi, berikan buku yang bergambar, bacakan buku tersebut, di usia tersebut anak sudah dapat merespon. Dengan cara ini anak mulai mengembangkan kemampuan berfikir, melatih penalaran dan belajar memecahkan masalah.

Ijinkan Anak Bermain

Aktivitas yang dapat mendukung kemampuan kognitif anak adalah bermain. Ijinkan anak bermain dengan permainan sesuai usia dan kemampuannya ya bunda. Pilihlah mainan yang mengerakkan semua indra anak, melibatkan gerak fisik agar merangsang aktivitasnya. Melibatkan komunikasi dengan ayah bunda untuk melatih komunikasi.

Nah, dengan bertambahnya usia sebaiknya tetap ijinkan anak bermain dengan permainan yang tetap merangsang kemampuan berfikir.

Misalnya, permainan petak umpet yang dapat melatih anak, berkomunikasi, memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Bermain air anak belajar eksplorasi dan juga sains.

Merespon Setiap Pertanyaan Si Kecil

Jika anak mulai cerewat dan suka bertanya itu bertanda baik bahwa rasa ingin tahu dan kepeduliannya terhadap lingkungan sangat besar. Sebagai orang tua sebaiknya, berusaha menjawab semaksimal mungkin. Jangan mematahkan pertanyaan atau bahkan mendoktrin. Berikan jawaban yang kemudian dapat membuka wawasan anak akan suatu objek. Jika memungkinkan, berikan jawaban yang membuat anak merespon dengan memberikan pertanyaan lainnya.

Kesimpulan

Nah, itulah 3 stimulasi yang dapat dilakukan untuk mendukung kemampuan kognitif. Yuk semangat lakukan dukungan agar kemampuan berkembang dengan baik sesuai tahapan usianya.

Sederhananya, kemampuan kognitif adalah anak berkembang cara pikirnya, dapat paham, mau eksplor dan juga memiliki pengetahuan baru.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar