Laporkan Penyalahgunaan

Ternyata Begini Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

 

cara-mengatasi-hp-samsung-lemot

Beberapa pengguna smartphone Samsung mengeluhkan sistem operasinya yang sering lemot, termasuk pada penggunaan ringan dan ruang penyimpanan masih banyak. Simak uraian mengenai cara mengatasi HP Samsung lemot agar Anda mendapatkan performa yang maksimal lagi.

Matikan Update Otomatis Di Playstore

Salah satu penyebab utama HP Samsung lemot adalah fitur update otomatis dari Google PlayStore yang diaktifkan. Pada dasarnya, adanya fitur update secara otomatis bertujuan untuk mempermudah para penggunanya agar bisa menggunakan aplikasi yang terbaru dengan fasilitas lebih baik.

Tanpa disadari, hal itu justru membuat ruang penyimpanan akan semakin sempit. Kinerja dari RAM di HP pun juga terus mengalami penurunan karena aplikasi terbaru butuh ruang RAM yang cukup besar. Karena pemaksaan update tersebut, HP pun akan menjadi lemot karena beban bertambah.

Solusinya yaitu mematikan fitur update otomatis di Play Store. Anda dapat mengaturnya di bagian setelan Play Store. Apabila sudah dimatikan, maka dijamin ponsel Anda akan semakin ringan kinerja smartphone Anda serta ruang penyimpanan pun menjadi lebih lega.

Gunakan Micro SD Berkualitas

Cara mengatasi HP Samsung lemot nomor dua yaitu menggunakan micro SD/memori yang berkualitas. Hal ini dikarenakan kualitas memori eksternal yang buruk juga mempengaruhi kinerja smartphone. Micro SD abal-abal juga rawan akan terkena virus yang membahayakan perangkat.

Standar kualitas yang baik untuk micro SD adalah kelas 10. Ada banyak kelebihan dari memori jenis ini, mulai dari kecepatan transfer dan penulisan data yang cepat, durabilitas penggunaan lebih lama, cukup bandel dari serangan virus, dan data tidak mudah corrupt.

Belilah micro SD yang berkualitas dan asli di official tokonya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan klaim garansi serta terjamin keasliannya. Dengan begitu, HP Anda tidak akan mudah lemot lagi karena micro SD sudah memakai standar yang baik dengan kualitas terbaik pula.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Cara selanjutnya adalah menghapus semua aplikasi yang tidak digunakan. Hal ini akan sangat mengganggu dan mempengaruhi performa dari smartphone Anda jika tidak dibersihkan. Bersihkan semua aplikasi bawaan yang sekiranya sudah jarang dipakai untuk melegakan ruang penyimpanan.

Beberapa aplikasi bawaan pun bisa dihapus jika dirasa cukup membebani penyimpanan internal. Misalnya seperti Google Document, Google Photo, Samsung Apps, dan masih banyak yang lainnya. Uninstal semua aplikasi tersebut jika memang sudah jarang digunakan untuk menghemat tempat.

Hapus Semua Widget Yang Tidak Perlu

Cara mengatasi HP Samsung lemot nomor 4 adalah dengan menghapus semua widget yang tidak perlu. Widget umumnya digunakan di layar utama sebagai jalan pintas menuju aplikasi atau menu tertentu. Widget pun memiliki banyak jenis yang bisa dipakai oleh pengguna smartphone.

Apabila widget-widget tersebut jarang digunakan, maka lebih baik menghapusnya dari layar utama. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban RAM smartphone. Semakin banyak widget yang ada di layar beranda, maka perangkat Anda juga bekerja ekstra untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Beberapa widget yang umum dipasang adalah note/catatan, jam & tanggal, alarm, prakiraan cuaca, playlist lagu, media sosial, dan kamera. Jika dari daftar tersebut Anda masih ingin menambahkan lagi, maka pertimbangkan fungsi dan pengaruhnya kepada RAM smatphone ke depannya.

Apabila cara-cara di atas tidak merubah keadaan, maka jalan terakhir adalah dengan meghapus semua data di smartphone atau melakukan hard reset. Dengan menggunakan cara ini, smartphone Samsung Anda akan berasa seperti baru dan seluruh pengaturan masih setelan default dari pabrik.

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar