Laporkan Penyalahgunaan

Inilah Perbedaan Shared Hosting, Vps, dan Cloud Hosting

 

Inilah Perbedaan Shared Hosting, Vps, dan  Cloud Hosting

Ketika terjun dan berkecimpung di dunia blog. Disarankan untuk memilih layanan hosting. Hosting sendiri memiliki arti layanan untuk menyimpan data-data dalam sebuah website. Data tersebut berupa file dokumen, gambar, program dan database. Layanan tersebut membantu blogger mendapatkan website yang professional dengan memiliki fitur dan model yang mereka butuhkan.

Umumnya hosting disewakan dalam kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar. Dengan beragamnya kebutuhan akan layanan hosting, maka tidak mengherankan pula jika kamu bisa menemukan banyak pilihan saat akan memilihnya.

Sebelum memilih sebaiknya tahu apa peredaan layanan hosting yang ada, agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Inilah perbedaan Shared Hosting, Vps, atau  Cloud Hosting, berikut pemaparan singkatnya.

Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting paling banyak digunakan khususnya bagi blogger pemula, dimana jumlah pengunjung masih sedikit. Sesuai namanya shared yang berarti berbagi. Dalam hal ini berbagi server, satu buah server dipakai oleh banyak pengguna.

Shared hosting diibaratkan seperti rumah yang dikontrakkan oleh beberapa mahasiswa. Keuntunganya biaya terjangkau. Kelemahannya tentu saja sarana yang ada di tempat tersebut harus rela dibagi. Sehingga menyebabkan adanya banyak batasan ketika menggunakan hosting tersebut.

Misalnya, batasan pengunaan, akses menjadi lambat karena banyak blog atau website yang menggunakan server. Jika salah satu pengguna mengalami gangguan, pengguna lain juga terkena imbas gangguan tersebut.

Vps (Virtual Private Server)

Dirangkum dari berbagai sumber, VPS atau Virtual Private Server adalah layanan hosting yang berasal dari satu server digunakan oleh lebih dari satu user. Ini menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resourse khusus (pribadi) pada server tersebut.

Jika diibaratkan sama dengan menyewa bedeng. Dimana pemiliknya satu orang, meskipun menyewa pada pemilik bedeng yang sama dan tingga di tempat sama, ada fasilitas khusus yang masing-masing miliki. Sehingga tidak memakai secara bersama-sama melainkan secara individu (private).

Jelas sekali bukan perbedaan VPS dengan shared hosting? Perbedaan adalah terletak pada pembagian sumber daya yang tersedia. Jika menggunakan layanan VPS, ada kapasitas yang tersedia khusus tidak mengganggu atau terpengaruh dengan pemakai lainnya.

Layanan  vps Indonesia diperuntukan bagi blogger yang paham betul tentang server dan system operasi dari Linux. Sehingga dapat melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.

Cloud Hosting

Dilansir dari dewaweb.com, cloud hosting sebuah inovasi dalam layanan hosting yang memungkinkanmu untuk menyimpan data-data pada website dalam sebuah cloud atau awan.

Cloud atau awan disini adalah internet. Dimana data-data pada website tersimpan di beberapa server. Jika salah satu server mengalami gangguan server lain tidak terpengaruh. Cloud hosting juga disebut dapat membuat perfoma website lebih baik lagi.

Hal ini yang membuat layanan ini digemari, jika mengalami masalah maka server yang lain akan mem-backup data.

Berbeda dengan layanan vps, hosting ini tidak memerlukan keahlian tertentu sebab sama dengan shared hosting, Keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan hosting.

Kesimpulan

Nah, itulah Perbedaan Shared Hosting, Vps, dan  Cloud Hosting. Sebelum memutuskan memilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan, sebaiknya cek budget kemudian cari tahu apakah paham mengoperasikannya. Sejauh ini, shared hosting atau cloud hosting dapat digunakan oleh pemula atau mom yang menghindari pengetahuan IT terkait hal tersebut. Sebab, Pemeliharaan dilakukan oleh penyedia layanan.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar