Laporkan Penyalahgunaan

Tips Kehamilan Sehat Cegah Anak dari Stunting

 

tips kehamilan sehat cegah anak dari stunting

Dulu aku sama dengan para ibu kebanyakan, ketika hamil dan ditanya, “sudah USG?” aku menjawab, belum, ntar aja biar menjadi kejutan!”

Literasiku soal kehamilan masih kurang banget. Pergi USG hanya diperuntukan untuk melihat jenis kelamin bayi. Karena kurangnya edukasi dan mahalnya untuk USG rata-rata ibu hanya lakukan pemeriksaan satu kali.

Ternyata ini salah besar, ya teman-teman. Menurut owner klinik kehamilan sehat Agus Jatmika Soegiarto pada acara webinar 1 Juli 2022 kerja sama Indscript, melakukan pemeriksaan rutin banyak sekali manfaatnya salah satunya cegah anak dari stunting. Berikut ini tips kehamilan sehat yang aku rangkum dari acara bermanfaat tersebut:

Untuk mempersiapkan kehamilan sehat maka calon ayah dan ibu hendaknya:

Paham Literasi Kehamilan

Jika dahulu penyebab stunting karena kondisi keluarga yang kurang mampu. Namun, belakangan ini lebih ke kurangnya literasi kehamilan. Ayah dan ibu tidak paham atau seperti ceritaku diawal lebih percaya dengan mitos mitos kehamilan yang ternyata infonya tidak valid.

Apa yang dilakukan?

Nah, seperti yang bapak Agus Jatmika Soegiarto uraikan bahwa kehamilan setiap ibu itu unik dan berbeda-beda. Tidak bisa ditentukan jika keluhan seperti ini maka keputusan seperti ini tanpa pemeriksaan. Dibutuhkan USG untuk mengetahui tumbuh, berat, umur dan kondisi janin.

owner klinik kehamilan sehat
Owner Klinik Kehamilan Sehat

USG ‘kan mahal?

Di klinik kehamilan sehat di bawah naungan PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, untuk biaya USG terjangkau yaitu Rp. 200.000. Ibu hamil sudah mendapatkan pelayanan USG, edukasi tips saat hamil. Mengetahui pertumbuhan berat badan ibu serta konsultasi terkait nutrisi dan gizi selama hamil.

Pemeriksaan USG sebaiknya mulai Trimester 1 untuk evaluasi kondisi janin, apakah berkembang sesuai usianya.

Disinggung lebih lanjut, stunting tidak hanya soal tinggi anak yang tidak seperti anak lainnya namun juga meliputi intektual yang kurang dari kebanyakan anak-anak. So, fase sebelum dan saat hamil sangat berpengaruh untuk kesuksesan ibu dalam membantu membentuk generasi emas Indonesia.

Nah, klinik kehamilan sehat juga bekerja sama dengan salah satu produk susu. Untuk memberikan edukasi, senam kehamilan dengan biaya Rp. 10.000, gratis konsultasi massal serta mendapatkan hampers susu hamil.

Kapan ibu hamil bisa melakukan senam?

Sebenarnya sesuai kondisi janin dan history ibu hamil. Lebih aman pada trimester 3 untuk menghadapi persalinan normal.

Aku sendiri ketika hamil melakukan senam hamil dipandu oleh bidan. Alhamdulillah dapat melahirkan normal, keuntungannya melahirkan normal adalah ibu lebih cepat pulih. Dan yang paling penting bayi memperoleh cairan seperti hormone tertentu saat proses lahiran normal.

Namun, yang paling penting adalah ibu dan anak sehat dan selamat. Jangan memaksaan hal tersebut, makanya dianjurkan untuk konsultasi ke dokter karena mereka yang paling tahu apakah kondisi bayi dan kita siap untuk lahiran normal atau SC.

Menjaga Ibu agar Tidak Stress

Tips kehamilan selanjutnya yaitu menjaga ibu agar tidak stress. Mental dan fisik sangat mempengaruhi ibu hamil. Janin di dalam perut akan merasakan kegelisahan. Buatlah selalu suasana menjadi bahagia.

Kekhawatiran saat pertama hamil itu lumrah, segera konsultasikan ke dokter dan cari tahu apa yang seharusnya ibu lakukan. Nikmati masa kehamilan, yang berat, yang hormone berubah. Anggap itu anugrah yang Allah kasih dan harus kita jaga dengan baik.

Sang ayah juga dapat membantu agar ibu hamil tidak stress. Ketika aku hamil, aku paling suka dan merasa bahagia jika suami mau mendengar aku curhat tentang apa saja. Mau membantu pekerjaan rumahku. Meskipun kami sama sama bekerja di luar rumah. Menghantarkanku ke dokter. Menemani membeli pernak pernik bayi. Memijit kakiku yang ketika malam sering keram. Dan memperhatikan apakah asam folat, vitamin dan mineral sudah diminum.

Meskipun tidak dapat dipungkiri ketika hamil. Hati terasa mudah rapuh, ada rasa sedih yang tiba tiba muncul. Jika sudah begitu biasanya aku sering mendengar kisah kisah motivasi agar lebih banyak bersyukur.

Rasa luka pada janin akan membentuk karakter yang tidak diinginkan suatu hari nanti

Aku tidak ingat dimana baca caption tersebut, namun sudah memotivasiku untuk berusaha happy demi buah hati.

Oh, iya selain itu stress juga bisa mengakibatkan sang ibu sulit lahiran. Karena jika stress tekanan darah tinggi dan denyut jantung tidak menentu.

tips saat hamil dari klinik kehamilan sehat

Kesimpulan

Nah, itulah tips kehamilan sehat cegah anak dari stunting yang kurangkum dari acara webinar kerja sama Indscript dengan klinik kehamilan sehat. Terimakasih banyak ilmunya sangat bermanfaat. Semoga bermanfaat untuk moms ya!

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar