Laporkan Penyalahgunaan

Begini Pola Makan yang Baik agar Hidup Selalu Sehat

 

Begini Pola Makan yang Baik agar Hidup Selalu Sehat

Kesehatan adalah dambaan setiap orang. Ketika seseorang sakit ia rela menghabiskan berapapun yang ia punya agar segera pulih. Meminum obat yang disarankan agar sembuh. Namun, ketika sehat kita lalai, untuk menjaganya.

Pada prinsipnya kunci dari hidup yang sehat terletak bagaimana seseorang bisa mengontrol isi perutnya dengan baik. Kebanyakan malah suka memasukan dalam perutnya hal-hal yang buruk tanpa disadari. Lalu, bagaimana pola makan yang baik, simak yuk!

Makan dan Minum yang halal

Makanan dan minuman yang tidak halal jika dikonsumsi akan menimbulkan kecemasan terhadap orang tersebut. Lama lama rasa cemas itu akan menumpuk, menimbulkan rasa bersalah dan dipresi.

Saat dipresi kekebalan tubuh akan menurun dan mudah terserang penyakit. So, ketika makan dan minum pastikan halal dan tidak mengambil hak orang ya, gais!

Konsumsi Makanan Sehat saja

Dr. Zaidul Akbar dalam bukunya mengibaratkan makanan sehat adalah pertamax. Seperti makanan alami dan sehat, sayuran dan buahan bersih, baik dan segar. Sementara oplosan adalah makanan tidak sehat. Sebut saja gorengan, minuman soda, makanan yang dibekukan, makanan dengan kadar gula tinggi dan mengandung pengawet.

Nah, badan kita diibaratkan sebuah mobil, jika sering konsumsi makanan sehat maka akan lancar perjalanan. Sebaliknya jika konsumsi makanan tidak sehat atau oplosan otomatis mobil atau tubuh kita menjadi sakit dan mogok.

Jauhi makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh atau lemak jahat sebaiknya dikurangi ya gais. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan akan mendorong kolestrol jahat dalam darah meningkat. Akibatnya sering sakit. Seperti diabetes tipe 2.

Makanan yang mengandung lemak jenuh dan perlu kamu kurangi adalah daging merah, produk susu penuh lemak, mentega, minyak kelapa, makanan yang dipanggang, dan cream.

Mengatur Pola Makan yang Tepat

Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.

Orang yang makan terlalu kenyang akan mudah sekali terkena radikal bebas akibat insulin yang harus bekerja keras memasukan gula kedalam sel secara berlebihan. So, makan secukupnya secara teratur.

Atur pola makan dengan tepat, makan makanan tidak berat untuk menu sarapan. Bagi waktu makan, pagi hari untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Kemudian, selingi dengan camilan sehat, seperti buah-buahan.

Terlambat makan, atau jam makan yang berantakan akan beresiko mudah terserang penyakit jantung dan diabetes.

Kemudian makan menggunakan tangan kanan serta makan dan minum dengan duduk tidak sambil berdiri.

Selain itu, berikut kebiasaan yang baik dalam pola makan sehat, menurut P2PTM Kemenkes RI:

  • Budayakan minum air putih

Minum air putih ketika baru bangun pagi sangat baik. Segelas air adalah konsumsi yang tepat saat perut masih kosong. Dan melancarkan pencernaan. Kemudian, paling sedikit 8 gelas perhari atau kurang lebih 2 liter/hari

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari
  • Memilih sumber pangan yang segar dan diolah dengan cara direbus atau dikukus
  • Membatasi konsumsi kecap, saus, penyedap rasa, pemanis, pengawet, perasa sintetis, produk olahan, gula pasir, makanan instan.
  • Budayakan membaca label sebelum memilih makanan kemasan atau siap saji

Mengolah makanan dan Minuman sendiri

Dengan mengolah makanan dan minuman sendiri, kita jadi tahu apa apa saja yang dimasukan kedalam makanan dan minuman.

Sekarang ini, banyak kedai yang memasukan penyedap rasa atau MSG tidak sesuai takaran. Di mulut enak, namun jelas ini tidak baik dimasukan ke dalam tubuh. So, masak sendiri dapat mengurangi penggunaan MSG.

Makanan tanpa MSG

mie jiwa pagi

Kobe berinisiatif untuk menghadirkan produk makanan tanpa MSG yaitu Mie Jiwa Pagi. Sehat dan enak. Karena tanpa MSG. Jadi penasaran ‘kan? Produk baru, dengan rendah kalori karena diproses dengan cara dipanggang, bukan digoreng.

Dengan proses pembuatan dan bahan yang aman sehingga dapat dinikmati oleh pelaku diet. Wah asyik ya mulai dari Jiwa Pagi.

Mie instant tanpa MSG memiliki bentuk yang keriting dengan tekstur mie kenyal, tidak mudah hancur dan patah.

Mie Jiwa Pagi merupakan mie instan sehat dengan cita rasa yang enak. Mie Jiwa Pagi tanpa MSG berbahan dasar sayur sehingga mengandung vitamin A, B2, B9, zat besi serta zinc.

Mengusung tema jiwa pagi, Mie tanpa MSG diharapkan selalu berjiwa pagi dimana, di pagi lah dimulai harapan-harapan, aktivitas-aktivitas mulai tumbuh. Benefitnya, seperti menambah semangat, energi serta pemulihan nutrisi untuk siap beraktivitas.

Penasaran? Yuk kunjungi website jiwa pagi

Kesimpulan

Konsep-konsep pola makan yang baik tidak berarti apa-apa jika kita tidak memulai untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya butuh pemaksaan, karena meninggalkan sesuatu yang menjadi kebiasaan lama memang tidak enak.

Jadi bagi tubuh yang ingin selalu sehat sebaiknya mulai dari sekarang untuk menerapkan pola hidup sehat tersebut. Mulailah dari sekarang, sebelum ada rasa menyesal di kemudian hari. Bunar bukan?

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar