Laporkan Penyalahgunaan

Ketika Sakit Pinggang Belakang, Apa yang Harus Dilakukan?

Posting Komentar

 

Ketika Sakit Pinggang Belakang, Apa yang Harus Dilakukan?
Sumber Gambar: pixabay.com

Sakit pinggang belakang memang sangat tidak nyaman. Rasa nyeri yang menyiksa dapat menghambat produktivitas dalam bekerja. Sekedar menghilangkan nyeri biasanya pergi ke tukang pijat atau meletakkan koyo.

Namun, cara tersebut apakah sudah benar? Sebenarnya ketika sakit pinggang belakang, apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari ensure.co.id, Rasa sakit di pinggang belakang adalah rasa nyeri di bagian punggung bawah yang bisa terjadi akibat cedera, kondisi, atau penyakit tertentu. Namun, alasan mengapa pinggang belakang sakit paling sering karena cedera pada otot atau tendon di punggung.

Ketika sakit pinggang belakang, maka yang harus dilakukan adalah

Konsultasi dengan Dokter

Jika rasa sakit pinggang belakang berlarut-larut sampai lebih dari 3 bulan, maka sakit yang diderita tergolong kronis. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Atau sakit pinggang belakang yang disebabkan oleh jatuh atau cedera, masalah kontrol usus atau kandung kemih, kelemahan kaki, demam, atau nyeri saat batuk atau buang air kecil juga harus temui dokter.

Perkuat otot

Sakit pinggang belakang dapat diatasi dengan memperkuat otot. Kegiatan yoga, pilates dan Taichi dapat memperkuat otot yaitu bagian inti perut, sehingga membantu menopang punggung.

So, sering workout dapat mencegah sakit pinggang belakang.

Tidak Merokok

Apakah anda perokok dan mengalami sakit pinggang belakang? Jika iya, saatnya anda untuk berhenti tidak merokok. Sebab, perokok selain mengganggu pernafasan juga memungkinkan penyakit cakram degeneratif atau masalah tulang belakang.

Penyebabnya adalah nikotin dalam rokok dan produk tembakau dapat melemahkan tulang belakang serta menghilangkan nutrisi penting dari cakram spons yang melindungi sendi. So, berhenti merokok adalah kewajiban agar tetap sehat.

Kompres dengan air hangat

Sakit pinggang belakang memang terasa mereda jika diletakkan yang hangat hangat, seperti koyo, cream pereda nyeri yang hangat. Nah, kali ini dapat juga dengan mengkompres dengan air hangat.

Jika sakit menyerang dapat mencoba berendam ke air hangat atau mengkompress dengan air tersebut.

Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Penting sekali untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Sebab kekurangan keduanya dapat menyebabkan menyebabkan tulang rapuh. Tulang rapuh sendiri faktor penyebab sakit pinggang belakang.

Penuhi kebutuhan kalsium dengan konsumsi makanan mengandung kalsium tinggi seperti, bayam, kacang kedelai, jeruk, alpukat, Ikan Salmon, dan sarden.

Sementara itu, Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari. Kemudian, konsumsi beberapa jenis makanan laut, kuning telur, susu kedelai, dan juga oatmeal. Juga dapat konsumsi susu yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar