Laporkan Penyalahgunaan

8 Tips Sukses Berbisnis untuk Ibu Rumah Tangga

 

8 Tips Sukses Berbisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Sangat senang melihat sesosok perempuan yang meski telah menjadi ibu rumah tangga tetap bisa produktif dengan memulai bisnis. Menariknya langkah bisnis tersebut dimulai dari rumah. Tetap dengan komitmen pekerjaan utamanya sebagai ibu rumah tangga tidak terabaikan.

“Membantu perekonomian keluarga!” imbuhnya

“Agar tidak terjebak pada rutinitas yang monoton!”

“Mengisi waktu luang!”

Itulah beberapa alasan ibu rumah tangga memulai bisnis. Alasan yang paling mengagumkan adalah ingin menjadi bos untuk dirinya sendiri. Dengan tetap bisa memantau perkembangan anak-anak.

Apapun alasan ibu rumah tangga memulai bisnis dengan keinginan dan kesungguhan yang kuat bisnis tersebut akan berhasil. Banyak kisah-kisah inspiratif yang bisa disimak. Mereka memulai dari nol. Dari modal yang sedikit. Dari hanya sebuah keinginan, dibubuhi semangat tinggi, dengan ketekunan dan tentunya kreativitas seorang ibu yang tanpa batas.

Titik awal semua prestasi adalah keinginan. Lemahnya keinginan membawa hasil yang lemah.

Napoleon Bonaparte

Pada kesempatan ini ijinkan saya, sharing 8 tips sukses berbisnis untuk ibu rumah tangga. Semoga banyak ibu-ibu yang berdaya, berbisnis meski melangkah dari rumah tanpa menomor dua kewajiban sebagai seorang istri dan ibu.

Pelajari Keinginan Pasar

Jika ingin memulai bisnis, sebaiknya pelajari keinginan pasar. Lakukan riset dan baca kebutuhan masyarakat.

Sekarang ini dapat dilakukan dengan meninjau konten yang sedang trend. Biasanya memberikan informasi tentang apa yang disukai audiens, apa yang banyak mereka butuhkan. Ini bisa menjadi ide bisnis. Atau moms punya ide membuat konten yang relevan, untuk membidik pasar yang tepat?

Pilih Ide Bisnis yang Sesuai

Lazimnya sebuah bisnis yang telah sukses, alasan memilih ide bisnis haruslah kuat. Tidak cukup dengan besarnya keinginan pasar saja. Namun, apakah mom menguasainya? Apakah sesuai dengan passion?

Misalnya mom ingin membuka bisnis MUA, tentunya harus menyukai apapun yang berhubungan dengan make up, bukan?

Fakta, banyak ibu-ibu yang berminat pada bisnis online. Alasannya, sekarang ini memberikan peluang besar dan bisa dikerjakan dari rumah.

Belajar atau Ikuti Pelatihan

Banyak sekali di kanal YouTube tutorial ide bisnis yang dapat dipelajari secara otodidak. Dengan try and error, lama lama akan punya keterampilan untuk berbisnis, atau ibu juga bisa mencari tempat kursus yang sesuai dan diminati.

Bisa juga ikut pelatihan yang diselenggarakan UMKM untuk menambah keterampilan penunjang bisnis.

Patenkan Brand Produk

Brand produk atau merek dagang sangat penting, agar mudah diingat konsumen. Selain rasa, merek dagang juga membedakan dengan yang lainnya. Letakkan merek dagang di situs website mom, sehingga makin dikenal dan jangkauan makin luas.

Rekrutmen Karyawan

Ibu rumah tangga yang berdaya tidak hanya mandiri secara finansial namun dapat mengurangi pengangguran dan dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karyawan.

Kenapa harus rekrutmen karyawan? Sebab jika semuanya dilakukan sendiri, maka akan mengancam kesehatan sang ibu. Pendelegasian tugas sangat baik untuk kesehatan ibu sehingga bisa fokus kembangkan bisnis.

Terus Berinovasi

Tidak mudah puas dengan hasil yang ada, teruslah berinovasi, tambah jaringan pemasaran. Karena setiap bisnis pasti akan ada pesaing. Dengan inovasi yang kekinian, dan tetap menjaga kualitas bisnis mom makin dikenal dan membedakan dengan yang lain.

Tidak Pantang Menyerah

Mengutip berkataan H.J Heinz, “Melakukan hal biasa dengan luar biasa baik.” Kegagalan adalah hal biasa, namun bagaimana respon kita dalam menghadapinya. Cara mengatasi masalah tersebut, tentunya tidak pantang menyerah.

Hal ini adalah bagian dari pembelajaran dalam berbisnis. Melatih diri untuk kuat, tahan banting, maka ada waktunya untuk sukses kelak.

Gunakan Software Akuntansi Terbaik

Gunakan Software Akuntansi Terbaik

Ada sebuah kisah dari salah satu ibu pebisnis. Butik yang dikelolanya sangat ramai. Brandnya juga sudah dikenal di kalangan kaum berduit daerah setempat. Barang yang dijual branded. Karyawannya sudah cukup banyak.

Tapi hutangnya ternyata cukup banyak. Toko disita pihak bank. Nama yang dia bawa, kini hanya tinggal kenangan. Apa yang salah?

Ibu tersebut mencampur urusan bisnis dan pribadinya. Tidak ada cash flow yang jelas. Toko yang ramai dan yang tepakai tidak seimbang. Besar pasak dari pada tiang.

Agar hal seperti ini tidak terjadi, ibu pebisnis sebaiknya mengenal dan menggunakan software akuntansi terbaik. Pengoperasiannya mudah. Bisa meminimalisir kesalahan.

Kledo, Software Akuntansi Gratis

Mom, bisa coba Kledo, software akuntasi gratis. Software ini dikembangkan oleh PT Kledo Berhati Nyaman yang berlokasi di Yogyakarta. Sudah digunakan lebih dari 10.000 perusahaan di Indonesia.

Pengoperasianya yang mudah, dengan grafik yang cantik membuat software Kledo banyak diminati. Salah satu testimoni dari ferry, co-founder kerjoo menyebutkan, “Buat bisnis yang baru banget berdiri, Kledo banyak banget membantu. Fitur-fiturnya yang lengkap dan simpel membuat kami yang bukan dari background akuntansi jadi mudah memahami.”

Ibu-ibu pasti juga dengan mudah bisa menggunakannya. Jika masih dirasa kurang familiar menggunakan Kledo atau software akuntansi. Mom, bisa pelajari panduan yang tersedia dalam bentuk Video. Dipandu dari awal login, step by step.

Yuk, cobain software akuntansi terbaik dari Kledo. Supaya cash flow bisnis jelas, tidak salah input dan tentunya menghemat banyak waktu dan tenaga daripada menggunakan pembukuan secara manual, ‘kan?

Quote Tips Sukses Berbisnis



 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar