Laporkan Penyalahgunaan

7 Crowdfunding Platform: Solusi Dapatkan Barang Pre-launch!

7 Crowdfunding Platform: Solusi Dapatkan Barang Pre-launch!

Crowdfunding platform adalah tempat di mana donatur bisa mendonasikan sebagian uangnya kepada penggalang dana. Sekarang, platform ini sudah marak eksistensinya di internet sehingga penawaran pembayaran di dalamnya semakin beragam. Jadi, kamu bisa berderma secara online dengan apply kartu kredit.

Kini kamu bisa mendapatkan barang sebelum dirilis dengan berderma ke bisnis-bisnis yang membutuhkan modal, lho! Penasaran di mana kamu bisa melakukannya? Ayo intip ulasan selengkapnya di bawah ini.

Berdonasi di Crowdfunding Platform dengan Kartu Kredit

Kamu memang bisa menemukan beragam crowdfunding platform di Indonesia. Namun kali ini akan dibahas berbagai tempat donasi untuk dari luar negeri. Salah satunya bisa digunakan untuk berdonasi pada bisnis yang membutuhkan sejumlah dana. Tentu saja kamu bisa berdonasi untuk kepentingan lainnya. Berikut beberapa platform tersebut:

      Mightycause

Kalau kamu ingin mendonasikan sebagian uangmu untuk organisasi atau orang yang menggalang dana tanpa keuntungan, maka kamu bisa memilih Mightycause. Situs ini sudah didirikan sejak tahun 2006 dan telah membantu lebih dari 150 ribu masalah yang terjadi di masyarakat dunia.

Ada beragam penggalangan dana yang bisa kamu pilih di sini. Kamu pun bisa mengambil paket yang kamu inginkan untuk berderma secara otomatis setiap bulan atau tahun.

Selain itu, Mightycause mempunyai berbagai keuntungan, seperti bisa terintegrasi dengan media sosial dan donatur bisa meminta demo dari penggalang dana.

      Indiegogo

Ini merupakan situs yang telah berdiri sejak tahun 2008 dan dapat dioperasikan dari seluruh dunia. Tepatnya, situs ini tersedia di 235 negara maupun wilayah sepermaksmuran. Situs ini mempunyai sejarah yang baik dan telah membantu lebih dari 800 ribu pihak yang membutuhkan dana untuk mengembangkan idenya.

Kini, lebih dari 10 juta orang mengunjungi situs ini setiap bulannya. Di sisi lain, 19 ribu penggalangan dana dirilis pada bulan yang sama. Di antaranya ada wirausaha muda melakukan yang ingin mengembangkan bisnisnya. Nah, kalau kamu berderma kepada mereka, kamu bisa saja memperoleh barang mereka sebelum dirilis!

      GoFundMe

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan GoFundMe. Ini adalah salah satu tempat penggalangan dana di internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia seperti mereka yang tinggal di Amerika Serikat. Terdapat banyak jenis penggalangan dana di sini setiap bulannya, seperti untuk orang sakit, sosial, dan lain-lain.

Tak jarang, kamu akan menemukan orang yang menggalang dana untuk mengembangkan bisnisnya di sini. Seperti Indiegogo, kamu bisa memperoleh barang pre-launch jika berderma kepada mereka. Kini, GoFundMe telah menggalang dana lebih dari 17 miliar dollar Amerika Serikat dari lebih 200 juta donatur.

GoFundMe

      Patreon

Kalau kamu menyukai seni atau hal-hal kreatif lainnya, maka cobalah situs Patreon untuk berdonasi. Cara berdonasi di sini yakni dengan menemukan kreator mana yang kamu sukai. Setelah itu, kamu bisa memilih untuk berlangganan setiap bulannya kepada artis tersebut. Nantinya, kamu akan memperoleh berbagai karya darinya.

Kini, Patreon telah memiliki lebih dari 200 ribu kreator, seperti seniman, penulis, musisi, hingga orang yang sering mengadakan podcast. Tak jarang, kamu akan menemukan beragam content creator yang populer di media sosial.

Sejak tahun 2013, Patreon sudah menolong para kreator tersebut dengan menggalang dana hingga 3,5 miliar dollar AS.

      StartEngine

Tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan atau start-up dengan kartu kredit yang mudah di-approve? Kamu bisa memilih StartEngine! Jadi, tak hanya berdonasi saja ke mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya, namun kamu juga akan mendapatkan nilai aset kembali sesuai dana yang kamu investasikan. Menarik, bukan?

Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Lebih dari 500 juta dollar Amerika Serikat telah didapatkan untuk membiayai lebih dari 500 perusahaan. Perusahaan yang ada di sini bermacam-macam, seperti biro perjalanan, pariwisata hingga teknologi. Di samping itu, donatur di situs ini pun sudah mencapai lebih dari 1 juta.

      Kiva

Ini merupakan platform yang unik karena di sini kamu bukan berdonasi, namun memberikan pinjaman bagi mereka yang membutuhkannya. Kiva sendiri fokus pada bisnis yang sedang berkembang. Caranya, bisnis tersebut akan membuka suatu kampanye dan ia akan memperoleh sejumlah pinjaman dari pengikutnya.

Di sini, kamu akan mempelajari berbagai karakter bisnis hingga akhirnya memilih salah satu bisnis yang bisa dipercaya untuk dipinjami uang. Sama seperti hutang pada umumnya, kamu akan mendapatkannya kembali dalam kurun waktu tertentu. Tentu kamu bisa meminjamkan dana ke lebih dari satu pihak.

      Kickstarter

Ini merupakan platform yang biasa digunakan wirausahawan muda untuk menggalang dana suatu proyek atau produk. Jadi, penggalangan dana yang terjadi di situs ini tidak mempunyai skala sebesar situs lainnya yang mencari uang untuk suatu perusahaan atau bisnis. Kamu pun berpeluang memperoleh produk pre-launch darinya.

Sampai saat ini, Kickstarter telah menggalang dana dengan total hampir 2 miliar dollar Amerika Serikat. Dana ini telah disalurkan untuk berbagai proyek di seluruh dunia. Kamu tak perlu khawatir akan latar belakang dari penggalang dana tersebut karena Kickstarter telah menyeleksi mereka dengan aturan yang cukup ketat.

Tertarik berdonasi di 8 crowdfunding platform tersebut? Jika iya, kamu bisa apply kartu kredit untuk memudahkanmu melakukannya. Jika masih bingung memilih kartu kredit mana yang tepat, maka percayakan digibank by DBS yang merupakan kartu kredit digital pertama di Indonesia. Klik di sini untuk info selengkapnya!

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar