Laporkan Penyalahgunaan

Pengalaman di Usia Kehamilan 8 Bulan Posisi Bayi Sungsang dan Ini yang Mesti Dilakukan

 

Pengalaman di Usia Kehamilan 8 Bulan Posisi Bayi Sungsang dan Ini yang Mesti Dilakukan

Assalamu’alaikum Moms, tidak terasa sudah menginjak usia kehamilan yang ke delapan bulan atau 32 Minggu. Masa masa mual, sering pusing dan muntah sudah terlewatkan. Berganti merasakan dahsyatnya gerakan si adek dalam perut yang aktif sekali.

Merasa tidak ada masalah apa-apa ditambah dengan kesibukan abinya, akhirnya aku lalai untuk sering periksa ke dokter. Al hasil selama kehamilan baru periksa dua kali. Dan periksa yang ketiga di usia kehamilan 8 bulan.

Harusnya di usia janin 8 bulan, posisi kepala sudah dibawah atau memasuki panggul ya mom. Namun, kata dokter dan hasil USG posisi sungsang alias kepala bayi masih berada di bagian atas serta kaki dan bokong  menghadap bagian bawah.

Saat itu pikiranku ke sana kemari. Takut. Khawatir. Merasa bersalah. Alhamdulillah, Dokter Kandungan tempat aku periksa vibenya beda. dr. H. M. Fachrul Rozi Lubis, Sp.OG menyarankan agar aku rajin melakukan gerakan sujud. Gerakan ini mencoba membalikan posisi bayi yang sungsang tersebut. Lalu, apalagi yang aku lakukan, simak yuk, ikhtiarku agar bisa persalinan lancar:

Menenangkan Diri

Hal yang pertama yang kulakukan adalah berusaha untuk menenangkan diri. Sempat terpikir, “kalau sudah melakukan gerakan sujud tapi posisi bayi masih sungsang gimana ya, Bi?”

Sebenarnya pertanyaan ini adalah agar suami mau ikut menenangkan perasaan. Dia pun menjawab, “Belum pergi sudah pengen pulang!” artinya belum mencoba sudah patah semangat dulu. Di coba dahulu. Ikhtiar terlebih dahulu, lalu tawakal kepada Allah untuk hasilnya. Semoga yang terbaik dan tidak terjadi apa-apa.

Terus Konsultasikan dengan dokter atau bidan

Baik dengan bidan atau dokter aku sudah memiliki jadwal konsultasi. Tanggal 14 Juli nanti diperiksa kembali terkait posisi bayi. Semoga hasilnya sesuai harapan ya Moms! Yaitu posisi kepala bayi sudah dibawah.

Latihan dan Gerakan Berikut Ini

Sujud atau Knee-chest position

Jadi ini gerakan yang disarankan oleh dokter kandunganku. 5 sd 15 seperti gerakan sujud.  Tetapi posisi kepala, lutut, bahu dan dada atas menempel pada permukaan lantai.

Tidur terlentang dengan posisi pinggul terangkat

Kedua aku juga lakukan gerakan tidur terlentang dengan posisi pinggul terangkat. Kemudian meletakkan bantal dibawah panggul dan tekuk lutut. Gerakan ini aku lakukan 5 sd 10 menit sehari. Kabarnya sangat baik, jika dilakukan saat posisi bayi aktif dan perut Anda kosong.

Gerakan ini juga mengurangi rasa kram pada bokong dan tulang ekor karena berat bayi yang semakin bertambah.

Jika ada yang bertanya boleh tidak pijat? Pertanyaan yang sama juga aku tanyakan ke dokter. Katanya, “jangan!”

Penutup

Doakan usaha untuk membalikkan posisi bayi sungsang ini berhasil ya Moms! Nanti tanggal 14 aku ke dokter lagi, informasi ini aku up date lebih lengkap. Untuk saat ini aku tidak membahas persalinan sungsang yang direncanakan. Aku masih berharap posisi bayi bisa berputar dan siap dilahirkan normal. Aamiin.


Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar