Laporkan Penyalahgunaan

Lakukan Service Motor Secara Berkala agar Tidak Turun Mesin

 

Lakukan Service Motor Secara Berkala agar Tidak Turun Mesin

Pernah tidak motor kesayangan kamu tiba-tiba mati mendadak atau istilahnya ngejim? Direstart tidak berhasil. Di engkol tidak bisa. Wah, kalau sudah begini siap-siap turun mesin. Akan dilakukan pembongkaran mesin, karena seluruh komponen mesin akan di periksa dan diperbaiki.

Kalau sudah begini bakal mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya antisipasi hal seperti ini dengan melakukan service motor secara berkala. Apa saja yang harus di-service secara rutin? Berikut penjelasannya.

Oli Mesin

oli motor matic

Oli mesin sebaiknya sering diganti sesuai yang disarankan pabrikan. Ganti oli setiap 3 bulan sekali atau setiap tempuh 2500 Km. Pilihlah oli mesin yang direkomendasikan untuk jenis motor kamu.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester.  Retailer mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. Jadi tergantung merk olinya juga ya.

Oli mesin sangat crucial fungsinya, yaitu sebagai pelumas, pendingin, serta melindungi mesin motor kamu. Jika tidak diganti akan mudah panas. Biasanya motor akan mudah ngejim jika oli motor matic sampai kering. Jadi agar tidak turun mesin, yuk rutin ganti oli mesin sesuai yang disarankan pabrikan.

Oli Gardan

Oli gardan tidak kalah pentingnya dari oli mesin. Perlu di ganti secara berkala juga agar umur kendaraan lebih lama. Oli gardan sendiri berfungsi mengurangi gesekan dan keausan antara gigi-gigi gardan yang berputar, sehingga memastikan pengiriman tenaga dari poros penggerak ke roda-roda kendaraan dengan lancar.

Sebaiknya bertanya dengan mekanik kepercayaan kamu, kapan sebaiknya ganti oli gardan. Secara umum 2x ganti oli mesin, diiringi 1x ganti oli gardan. Tergantung pada merk roda dua juga.

Sebenarnya, pada buku manual kendaraan ada panduan mengganti oli gardan. Pabrikan akan menyarankan jumlah jarak tempuh untuk mengganti oli gardan.

Busi

busi

Dilansir dari planetban.com Busi tidak hanya berfungsi sebagai penghasil percikan api untuk menghasilkan pembakaran, tetapi juga berperan sebagai penghantar panas dari ruang pembakaran ke sistem pendingin mesin.

Kinerja roda dua kamu sangat dipengaruhi benda yang berukuran kecil ini, untuk itu agar perfomanya tetap baik lakukan perawatan secara berkala.

Busi kotor, aus, atau memiliki gap busi yang salah dapat mempengaruhi kinerja mesin, menyebabkan masalah seperti sulit menyala, atau motor tiba-tiba ngejim.

Kampas Rem

Kampas rem adalah bagian motor yang perlu di cek saat service motor. Cek secara berkala apakah kampas rem perlu diganti. Idealnya, jarah tempuh sejauh 20.000 mil atau sekitar 32.000 km atau setiap 21 bulan maka sudah perlu diganti.

Mengingat kampas rem mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Jangan tunggu muncul bunyi berdecit saat mengerem. Ini artinya kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, tentunya dapat menyebabkan bahaya kecelakaan, bukan?

Filter Udara

Filter udara atau saringan udara juga perlu rutin dicek dan dibersihkan. Filter udara memiliki  fungsi sebagai penyaring kotoran pada udara bebas dari luar yang masuk ke ruang bakar. Jika dibiarkan dalam kondisi kotor akan mempengaruhi perfoma kendaraan sebab kotoran akan masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

So, diskusikan dengan mekanik, apakah hanya perlu dibersihkan atau saatnya ganti baru filter udara motor kesayangan kamu?

Aki atau Accu

Komponen yang sangat penting untuk untuk dicek secara berkala adalah Aki atau Accu. Agar berkendara tetap nyaman dan aman. Jika aki berkarat atau dalam kondisi tidak layak, kamu akan mengalami kesulitan saat menghidupkan tentunya tidak bisa di restart, lampu cahaya tidak berfungsi, suara klakson mengecil bahkan tidak bersuara.

Ban

Ban juga perlu dilakukan perawatan. Sebaiknya jangan terlalu kuat memberikan tekanan udara atau mengisi angin. Juga tidak diperkenankan terlalu lembek atau kurang angin karena akan membuat ban mudah bocor. Perhatikan juga kondisi ban luar apakah gundul atau tidak demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Tune up Motor Rutin

Tune up motor rutin adalah kegiatan rutin yang terdiri dari pemeriksaan, perawatan, perbaikan dan penyetelan bagian tertentu kendaraan. Biasanya yang diperiksa adalah tekanan ban, lampu, sraingan udara, pengecekan rem dan klakson.

Nah, tune up sendiri biasanya termasuk ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tenang! Untuk budget kamu bisa berdiskusi dengan mekanik. Mereka akan menginformasikannya terlebih dahulu secara detail dan jujur. Jika merasa cocok dan deal, baru mekanik melakukan perbaikan dan penggantian.

Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik

Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik

Berbeda dengan laki-laki, biasanya perempuan akan menyerahkan semua urusan ke mekanik. Tanpa paham apa-apa yang memang bisa diperbaiki atau diganti. Untuk itu sangat penting menemukan bengkel servis motor yang bagus juga amanah.

Jika tidak begitu, bisa-bisa menyesal dan kecewa. Motor yang diperbaiki dengan harga yang lumayan ternyata jarak berapa minggu sudah ngejim lagi. Duh!

Kamu dapat mencoba bengkel Planet Ban. Planet ban adalah bengkel servis motor terbaik. Amanah dan tidak menipu. Harga sekian bilangnya lebih sekian.

Tidak hanya itu layanan service motor disini juga menjanjikan perfoma motor baru. Mesin motor terasa bersih dan ringan. Pokonya seperti mengendarai motor baru. Penasaran? Berikut manfaat servis di Planet Ban dilansir dari website resmi mereka:

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Servis Motor di Planet Ban Berbeda dengan di Tempat lain

Kamu akan merasakan perbedaan yang significant jika melakukan servis motor di planet ban. Dijamin bersih. Jadi, seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Jika sudah bersih tentu saja hasilnya tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total, terhindar dari ngejim.

Sebaliknya servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Dari segi harga, sangat berbeda. Jujurly, sesuai dengan harga sparepart yang diperlukan.  Untuk servis sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Penutup

Itulah  servis yang perlu dilakukan secara berkala, agar tidak turun mesin. Bagian yang satu akan mempengaruhi bagian atau komponen yang lainnya. Dengan rutin dicek, semoga saja perfoma motor tidak menurun. Yuk service motor untuk menjaga motor tetap enak dan nyaman saat digunakan berkendara. Jangan lupa pilih bengkel terbaik yang bisa dipercaya seperti Planet Ban ya!

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. Kalau turun mesin biayanya jauh lebih besar, ya. Mending rutin perawatan di Planet Ban. Udah pasti bisa dipercaya servisnya

    BalasHapus
  2. Bener banget smua urusan permesianan wajib banget di service berkalabagar tetap sehat mesin nya

    BalasHapus
  3. aku nih termasuk yang malas sekali untuk service motor mba, sefatal itu ternyata yah akibatnya, harus cobain deh service motor di planet ban. aku tahunya ini cuma jual ban aja loh mba, ternyata ada layanan service motor juga yah

    BalasHapus
  4. Sebagai pengguna motor yang cuma pengguna doang, tanpa ngerti urusan service menyervice, artikel ini ngebantu banget sih. Sokbesok bawa ke Planet ban ah

    BalasHapus
  5. Sama banget kak, aku juga selalu servis motor di Planet Ban karena mesin motor jd awet dan enak dipakai

    BalasHapus
  6. Service secara berkala ini kunci motor awet sih ya..
    Meski sudah usianya bertahun-tahun lamanya, kalau service di Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik, maka pemakaian normal, oke banget.

    BalasHapus
  7. Bener banget, aku pernah juga Mbak, lama motor ga diservis ada kali 8 bulanan. Abis itu sekalinya servis abis banyaak hampir stngah juta kwkwkw.. Alhamdulillah bln ini udah servis lagi dan sempat ganti ban di Planet Ban.

    BalasHapus
  8. Urusan aki dan perintilan motor lainnya kalau gak rutin buat diservis wah bisa membahayakan pengendaranya ya kak. Makanya perlu memang buat berkala diservis

    BalasHapus
  9. Setuju banget ini mesti lakukan service secara berkala buat motor kita, agar mesin juga awet dan nyaman saat digunakan. Planet juga Deket nih dari rumah, beberapa kali juga service disana

    BalasHapus
  10. Wah iya, penting banget service rutin
    Kalau motor kita turun mesin, biayanya malah makin banyak

    BalasHapus

Posting Komentar