Laporkan Penyalahgunaan

Tips Buka Tabungan Dana Darurat untuk Orang Tua Tunggal

Tips Buka Tabungan Dana Darurat untuk Orang Tua Tunggal
Sumber Gambar: Freepik

Sebagai orang tua tunggal, menjalani kehidupan yang penuh tanggung jawab dan tantangan merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari. Kamu harus menghadapi berbagai situasi darurat seperti kecelakaan, penyakit serius atau kehilangan pekerjaan, dan ini dapat mengganggu stabilitas finansial. Terutama jika tidak memiliki persiapan yang memadai.

Inilah mengapa memiliki tabungan atau simpanan dana darurat menjadi sangat penting bagi orang tua tunggal. Simpanan dana darurat adalah benteng pertahanan finansial yang kuat, yang dapat memberikan perlindungan dan keamanan bagi kamu dan anak-anak dalam menghadapi masa-masa sulit.

Nah, langkah seperti apa yang harus kamu lakukan agar dapat mengelola simpanan dana darurat dengan bijak? Simak ulasannya di artikel ini.

Perhatikan 8 Tips Buka Tabungan Dana Darurat untuk Orang Tua

Sebagai orang tua tunggal, memiliki dana darurat yang memadai sangatlah penting untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Kamu harus mampu mencari jalan untuk mengatasi keadaan darurat dan ini merupakan prioritas yang utama. Salah satu jalan yang bisa kamu tempuh adalah dengan buka tabungan online khusus untuk dana darurat.

Cara ini merupakan langkah cerdas yang harus dipertimbangkan oleh orang tua tunggal. Dan untuk memudahkanmu membuat simpanan dana darurat, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1.      Prioritaskan Penghasilan dan Anggaran

Sebelum kamu mulai menyisihkan dana untuk simpanan dana darurat, pastikan kamu memiliki penghasilan yang stabil dan jelas. Buat anggaran yang detail dan ketat untuk mengelola pengeluaran harian, bulanan dan tahunan. Akan lebih baik jika kamu mengetahui dengan pasti berapa banyak uang yang bisa disisihkan setiap bulan untuk tabungan dana darurat.

2.      Tetapkan Tujuan Tabungan Dana Darurat

Ada baiknya sebelum buka tabungan online, tentukan tujuan yang jelas untuk simpanan dana darurat. Idealnya, simpanan dana darurat harus mencakup 3 hingga 6 bulan pengeluaran rutin. Namun, sebagai orang tua tunggal, mungkin kamu ingin mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa bulan ekstra untuk keamanan tambahan.

3.      Pilih Rekening Tabungan yang Tepat

Cari rekening tabungan yang memberikan bunga kompetitif dan akan lebih baik lagi jika tidak ada biaya bulanan. Selain itu, prioritaskan rekening yang mudah diakses, tetapi harus terpisah dari rekening rutin. Tujuannya supaya kamu tidak tergoda untuk menggunakannya dalam keadaan yang tidak mendesak.

4.      Konsisten dan Disiplin dalam Menabung

Konsistensi adalah kunci untuk mencapai tujuan simpanan dana darurat. Tetapkan jadwal pembayaran atau transfer otomatis untuk menyimpan sebagian pendapatan secara teratur ke rekening tabungan dana darurat. Dengan demikian, kamu akan lebih disiplin dalam menabung dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu.

5.      Manfaatkan Bonus dan Tambahan Penghasilan

Jika kamu menerima bonus atau pendapatan tambahan, sebaiknya pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian atau seluruhnya ke simpanan dana darurat. Ini akan bisa menjadi motivasi besar dalam membangun dana darurat dengan lebih cepat.

6.      Pertimbangkan Investasi yang Aman dan Likuid

Simpanan dana darurat tak hanya melulu berupa uang yang kamu setor setiap bulan sejak awal buka tabungan online. Sebagai tambahan, kamu bisa mempertimbangkan investasi yang aman dan likuid untuk simpanan dana darurat.

Misalnya, kamu bisa mencari produk investasi dengan risiko rendah, seperti obligasi atau reksadana pasar uang. Namun sebelum terjun ke ranah investasi, pastikan kamu memahami risiko dan potensi likuiditasnya agar tetap bisa mengakses dana dalam keadaan darurat.

7.      Selalu Evaluasi dan Tingkatkan Tabungan

Tingkatkan Tabungan
Sumber Gambar: Freepik


Setelah tabungan dana darurat terbentuk, evaluasi secara berkala apakah jumlahnya masih sesuai dengan kebutuhan dan situasi finansialmu. Jika merasa perlu meningkatkan jumlahnya, upayakan untuk meningkatkan jumlah yang disisihkan dari pendapatan.

8.      Gunakan Dana Darurat dengan Bijaksana

Dana darurat sebaiknya hanya digunakan untuk keadaan darurat yang benar-benar tidak terduga. Misalnya seperti kecelakaan, penyakit serius atau kehilangan pekerjaan. Kamu harus hindari menggunakan dana darurat untuk pembelian non-esensial atau pengeluaran yang dapat ditunda.

Sejatinya, buka tabungan online untuk dana darurat adalah langkah penting yang harus diambil oleh setiap orang tua tunggal. Utamanya untuk melindungi diri dan anak-anak dari ketidakstabilan finansial.

Dengan mempertimbangkan dan mengikuti tips di atas, kamu dapat membangun dana darurat yang memadai untuk menghadapi masa-masa sulit. Bahkan juga bisa memberikan keamanan finansial bagi keluarga tercinta.

Ingatlah bahwa konsistensi dan disiplin adalah kunci utama untuk mencapai tujuan ini. Jangan pernah patah semangat agar kamu berhasil dalam mengelola keuangan!

Atur Dana Darurat Semakin Mudah Lewat Bank Digital Terbaik

Setelah memahami tips yang berkaitan dengan membuka tabungan untuk dana darurat seperti di atas, maka sebaiknya kamu langsung mempraktikkannya. Pasalnya, simpanan dana darurat ini merupakan hal yang krusial, khususnya jika kamu adalah orang tua tunggal. Nantinya simpanan dana darurat ini akan sangat berguna dan membantumu di masa depan.

Satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah buka tabungan online untuk mempersiapkan dana darurat yaitu dengan memanfaatkan digital banking dari digibank by DBS. Perlu diketahui, digibank by DBS adalah aplikasi perbankan digital yang menawarkan banyak keunggulan. Tak hanya untuk buku tabungan online saja, kamu juga bisa sekaligus berinvestasi.  Adapun keunggulan lainnya adalah:

       Buka Rekening proses 100% digital

       Verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP & Selfie

       Tabungan bunga tinggi s.d. 7% (S&K Berlaku) per tahun di 20 dompet

       Semua transaksi harian dalam 1 aplikasi

Seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Dengan kata lain, sebagai orang tua tunggal, kamu tak hanya sekedar menabung saja. Namun sekaligus berinvestasi untuk kehidupan yang lebih baik bersama anak-anak kamu di masa depan. Dan tentunya melalui digibank by DBS. Nah, jika kamu ingin tahu lebih detail informasi tentang bank digital satu ini, silakan cek di sini.

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar