Laporkan Penyalahgunaan

Memasang Antena TV Digital Sendiri di Rumah Dengan Mudah

Posting Komentar

 

Memasang Antena TV Digital Sendiri di Rumah Dengan Mudah

Siaran TV analog dihentikan sejak 2 November tahun lalu di sejumlah wilayah oleh pemerintah. Sebagai gantinya, dianjurkan kepada masyarakat yang berdampak untuk menonton siaran TV digital.

Dengan memiliki antena TV digital kamu bisa menikmati siaran TV digital tanpa biaya langganan. Kamu juga bisa memasang antena TV digital sendiri di rumah dengan mudah, berikut caranya:

Cara Memasang Antena TV Digital

Sebelum memasang TV digital, make sure terlebih dahulu kamu memilih antena TV digital yang tepat. Ada dua macam yaitu antena indoor dan outdoor. Jika kamu tinggal di perkotaan, maka lebih cocok memakai antena indoor, sebaliknya antena outdoor lebih baik digunakan untuk kamu yang tinggal jauh di daerah pedesaan.

Untuk harga, Antena digital indoor cenderung lebih murah daripada antena outdoor. So, kamu bisa kalkulasikan budget dalam membeli antena TV digital jenis apa. Jangan lupa pastikan TV kamu sudah mendukung siaran digital.

Biasanya ketika memasang antena TV digital outdoor, penjual akan mengirimkan teknisi untuk memasang antena tv digital di rumah agar mendapat siaran yang lebih jernih. Sebab, biasanya dipasang di atap rumah yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Untuk itu, di sini kita akan membahas cara memasang antena TV digital indoor sendiri di rumah saja.

  1. Siapkan kabel koaksial yang berkualitas. Gunaknya untuk menghubungkan antena ke televisi.
  2. Pilih lokasi antena yang tepat. Letakkan antena di tempat yang lebih tinggi, bisa di langit langit rumah, di atas TV, diletakkan di jendela atau di dinding yang menghadap pemancar TV. Pastikan tidak terhalang tembok atau benda lain agar menangkap sinyal secara sempurna.
  3.  Temukan arah antena yang tepat agar bisa menghasilkan kualitas siaran yang jernih.
  4. Pastikan kamu sudah memasang sesuai dengan petunjuk produsen di buku petunjuk. Seperti memasang bracket antena di lokasi yang kamu inginkan.
  5. Kencangkan antena pada bracket dengan kuat. Serta posisikan antena dalam keadaan tegak lurus.
  6. Bracket antena adalah satu alat penyangga yang digunakan untuk antena yang bisa digunakan untuk memasang atau menempelkan antena.
  7. Hubungkan ujung kabel koaksial ke antena dan ujung lainnya ke port 'ANT IN' pada televisi kamu.
  8. Coba nyalakan televisi kamu kemudian pilih menu pencarian kanal atau siaran, untuk mencari saluran antena.
  9. Pilih "Antena" atau "TV Terrestrial": Pilih opsi pencarian saluran antena, bukan kabel atau satelit.
  10. TV akan melakukan pencarian saluran otomatis.
  11. Jika siaran tidak jelas cobalah untuk memutar antena untuk mencapai sinyal terbaik dan kuat.
  12. Setelah, siaran telah ditemukan, simpan saluran-saluran TV yang tersedia.

Nah, itulah cara memasang antena digital indoor. Apakah kamu sudah memiliki antena ini? Jika belum tidak perlu ragu sebab untuk desain sudah dirancang estetis, sehingga tidak mengganggu nilai estetika di rumah kamu. Bahkan, banyak kok model yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan dekorasi interior rumah.

kualitas siaran TV yang jernih

Jika kamu merasa bosan di satu ruangan, kamu juga bisa dengan mudah memindahkan antena digital indoor dari satu ruangan ke ruangan lain. Kabarnya bisa juga dibawa kemana-mana selagi ada pemancar TV di daerah tersebut.

Penutup

Cara memasang antena TV digital indoor sendiri di rumah mudah sekali. Kamu juga bisa mencobanya di rumah. Nikmati siaran TV berkualitas tinggi tanpa biaya langganan bulanan. Tanpa hilang timbul. Tanpa banyak semut tentunya.

Dengan antena TV digital indoor kamu bisa nikmati program-program kesukaan dengan kualitas terbaik. Meskipun demikian, Jika tempat tinggal kamu berlokasi di daerah yang jauh dari pemancar TV antena outdoor adalah pilihan yang tepat.

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar