Laporkan Penyalahgunaan

5 Manfaat Menggunakan Sunscreen Non-Comedogenic untuk kulit Berminyak dan Berjerawat

Posting Komentar

 

5 Manfaat Menggunakan Sunscreen Non-Comedogenic untuk kulit Berminyak dan Berjerawat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit tampak cerah dan terawat adalah dengan pemakaian skincare. Ada banyak sekali produk perawatan wajah yang wajib digunakan, satu di antaranya adalah sunscreen non-comedogenic.

Mungkin masih banyak orang yang tidak tau apa itu sunscreen non-comedogenic. Untuk itu, dipembahasan kali ini akan memberikan beberapa manfaat sekaligus pengertian dari Sunscreen non-comedogenic yang ada di bawah ini.

Apa itu Non-Comeogenic pada Sunscreen?

Label atau klaim non-comedogenic pada skincare termasuk sunscreen mengacu pada produk yang tidak mengandung bahan yang cenderung menyumbat pori-pori, sehingga berpotensi menyebabkan pembentukan jerawat, whitehead, komedo, dan masalah kulit lainnya yang tidak diinginkan.

Hingga saat ini, produk non-comedogenic lebih disarankan untuk pemilik kulit acne prone skin. Hal ini memang tepat, karena kulit berjerawat lebih rentan terhadap masalah kulit seperti breakout atau munculnya komedo jika menggunakan skincare comedogenic.

Banyak bahan sunscreen yang aman digunakan sehingga tidak menyumbat pori-pori. Berikut beberapa kandungan sunscreen non-comedogenic untuk kulit berminyak dan berjerawat.

  1. Zinc Oxide
  2. Benzoyl Peroxide
  3. Salicylic Acid
  4. Dimethicone
  5. Talc
  6. Grapeseed Oil
  7. Sunflower Oil

Manfaat menggunakan Suncreen Non-Comedogenic untuk kulit Berminyak dan Berjerawat

Dapat Membantu Mengurangi Kemerahan dan Mengobati Jerawat

Terlalu lama beraktivitas di bawah matahari dapat mengakibatkan kulit menjadi merah dan iritasi. Kondisi ini dapat menimbulkan jerawat tumbuh pada kulit.

Hal ini karena kulit yang merah dan iritasi merupakan kulit yang sensitif sehingga dapat memunculkan peradangan yang menimbulkan jerawat.

Kondisi ini bisa dihindari dengan cara menggunakan sunscreen non-comedogenic dengan tepat. Pilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide yang bertugas sebagai UV filter supaya kulit terus terlindungi dari sinar UV A dan UV B.

Kandungan ini juga bisa memberikan berbagai manfaat lainnya seperti, berperan sebagai anti inflamasi pada kulit supaya tidak terjadi peradangan, bisa menenangkan ruam dan rasa gatal di kulit akibat adanya jerawat, dan dapat memberikan perlindungan terlengkap karena melindungi dari sinar UV A dan UV B sehingga cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit.

Mencegah Bekas Jerawat yang Semakin Parah

Mencegah Bekas Jerawat yang Semakin Parah

Manfaat suncreen non-comedogenic untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah dapat mencegah munculnya bekas jerawat yang parah. Pasalnya, sinar matahari sendiri dapat memperparah bekas jerawat. Ini sebabnya melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen menjadi penting.

Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang akan membuat bekas luka tampak lebih parah. Matahari juga dapat membuat bekas jerawat menjadi menghitam.

Memberikan Tekstur Kulit Menjadi Halus

Pada dasarnya, jerawat adalah komedo, baik komedo putih (whitehead) atau pun komedo hitam (blackhead) yang terpapar bakteri penyebab jerawat. Jika tidak ada komedo, maka jerawat juga tidak muncul.

Pori-pori yang tersumbat komedo ukurannya akan menjadi lebih besar dan mulut pori-pori juga menjadi lebih lebar. Akibatnya, saat kulit disentuh, teksturnya terasa lebih kasar dan kulit terasa bergelombang. Kondisi ini berbeda dengan kulit wajah yang bebas komedo terasa halus saat disentuh.

Mencegah Bekas Luka dan Perubahan Warna

Perubahan warna dan bekas jerawat, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi, adalah efek samping yang umum bagi yang memiliki kulit berjerawat. Oleh karena itu, dermatologis mengatakan sangat penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari agar masalah kulit berjerawat ini tidak memburuk.

Sehingga manfaat suncreen non-comedogenic untuk kulit berminyak dan berjerawat telah jelas untuk melindungi kulit berjerawat dari sensitivitas matahari, membantu mencegah bintik-bintik wajah, dan risiko kanker kulit dalam jangka panjang.

Menjaga Kesehatan Skin Barrier

Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari memang baik untuk merangsang produksi Vitamin D pada tubuh. Tapi, banyak dampak buruk yang bisa dirasakan oleh kulit jika terpapar langsung tanpa menggunakan sunscreen. Salah satunya adalah kemampuan sinar UV dalam merusak skin barrier atau pelindung alami pada kulit yang dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga memunculkan jerawat pada kulit.

Di sinilah peran sunscreen non-comedogenic melindungi kulitmu. Dengan menggunakan sunscreen, kulit akan terlindungi dari sinar UV yang dapat menyebabkan rusaknya skin barrier. Dengan kata lain, sunscreen dapat melindungi mencegah berbagai masalah kulit mulai dari kulit kering dan kasar, hingga munculnya jerawat dan bruntusan akibat virus, bakteri dan jamur yang disebabkan oleh skin barrier yang rusak.

Rekomendasi Produk Sunscreen Non-Comedogenic untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Tidak hanya saat berada di luar ruangan, sunscreen juga harus digunakan saat berada di dalam ruangan. Hal ini disebabkan karena paparan sinar UVA dan UVB mungkin saja dapat menembus kaca. 

Gunakanlah sunscreen atau tabir surya spectrum luas dengan SFP 30 dan tahan air yang dapat mengurangi risiko munculnya bintik hitam saat kulit berjerawat. 

Selain itu, untuk memberikan rekomendasi suncreen non-comedogenic untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen SFP 30++ menjadi pilihan yang tepat untuk kulit.

Sunscreen spf 30 ini Memiliki formulasi khusus dengan kandungan Salicylic Acid dan Zinc Gluconate yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak.


Keterangan: Gambar didesign di Canva

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar