Laporkan Penyalahgunaan

6 Cara Menghilangkan Pegal di Paha dengan Cepat

21 komentar

 

6 Cara Menghilangkan Pegal di Paha dengan Cepat

Aktivitas rutin yang dilakukan anak-anak setiap malam Senin adalah menginjak paha ayahnya bergantian. Diiringi dengan tawa, puluhan pertanyaan, sepertinya menjadi bonding time yang kelak bisa dikenang.

Sambil meringis, ayah menanggung rasa kaku dan pegal pegal di paha yang sangat mengganggu. Setelah gerak fisik yang berlebihan saat gotong royong renovasi Mushola. Nah, selain ayah, aku juga merasa sering pegal pegal di paha. Berikut 5 Cara Menghilangkan Pegal di Paha dengan Cepat yang sering kami lakukan, plus obat pegal pegal rekomended.

Sebab Pegal Pegal di Paha

Rasa pegal di paha, di betis lalu sampai telapak kaki biasanya muncul karena terlalu banyak gerak fisik (baik olahraga atau kerja berat), terlalu lama berdiri dan bahkan terlalu lama duduk. Otot-otot terasa sangat lelah dan tegang, diikuti rasa yang tidak nyaman seperti panas dan nyeri.

Penulis sendiri merasakan setelah bekerja diluar rumah dan ditambah lagi melakukan pekerjaan rumah tangga yang nyaris all of the day. Ada yang sama pernah merasakannya?

Kalau sudah begitu mau berjalan atau sekedar duduk saja tidak ada tenaga. Ada beban berat yang bergelayut di paha. Padahal aktivitas yang lainnya sedang menunggu. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, teman-teman dapat melakukan hal berikut ini:

Berbaring dengan Rileks dan Tidur

Istirahatkan pegel pegel di paha dengan cara berbaring dengan rileks agar otot otot yang kaku mulai mengendur. Jika memungkinkan lanjutkan dengan tidur. Istirahat yang cukup dapat memulihkan anggota badan dengan baik. Cara ini bisa jadi cocok untuk sebagian orang dan tidak untuk yang lainnya. Sebab, Jika rasa pegal tersebut menyerang tentu sangat tidak nyaman dan mengalami kesulitan untuk tidur.

Lakukan Peregangan (Stretching)

Peregangan atau stretching adalah aktivitas melenturkan jaringan otot sehingga tidak tegang. Teman-teman bisa lakukan peregangan dengan angkat kaki kiri, lalu tekuk lutut kebelakang, pegang punggung kaki kiri dengan tangan dan tahan beberapa waktu, lakukan juga untuk kaki kanan.

Selain itu, peregangan dapat juga dilakukan dengan berdiri tegak, condongkan tubuh ke depan (seperti membungkuk), dengan kedua tangan kedepan, sambil berusaha menyentuh jari kaki. Gerakan ini dipercaya ampuh meregangkan otot punggung dan paha belakang (hamstring).

Pijatan

Lakukan pijatan pada area paha yang nyeri. Biasanya cepat menghilangkan pegal pegal di paha. Bisa dilakukan seorang terapis. Bisa juga dilakukan sendiri. Memukul-mukul menggunakan genggaman tangan secara perlahan juga sangat membantu. Selanjutnya, menginjak-injak paha juga efektif dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah ke area yang terasa pegal.

Pijatan dan gerakan menginjak-injak pastikan dilakukan secara perlahan-lahan, agar otot tidak cidera.

Kompres Dingin dan Panas

Dilansir dari Alodokter.com kompres dingin dan panas pada paha yang pegal pegal dapat menenangkan otot yang tegang dan meredakan nyeri otot. Berendamlah di air hangat setidaknya 12 menit atau kompres dengan air dingin bagian paha yang sakit setiap 20–30 menit sekali.

Rasa hangat akan menenangkan dan mengurangi nyeri, sementara kompres dingin akan menghalangi penghantaran sinyal nyeri ke otak. Cobain cara ini yuk, gunakan kantung es atau handuk dingin untuk kompres dingin tersebut.

Balurkan Minyak Atau Cream Pereda Nyeri

Beberapa orang kurang menyukai aroma minyak dan cream pereda nyeri. Namun sekarang banyak tersedia yang beraroma terapi. Membalurkan minyak atau cream pereda nyeri pada paha dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Rasa hangatnya efektif mengusir kelelahan pada otot paha.

Mengonsumsi Obat Pegal Pegal Herbal

Mengonsumsi Obat Pegal Pegal Herbal


Cara menghilangkan pegal di paha dengan cepat yang terakhir adalah mengonsumsi obat pegal pegal herbal. Seperti tolak linu dari Sidomuncul. Herbal ini dipercaya sebagai obat pegal pegal yang ampuh.

Rasa mint pada setiap sachet Tolak Linu Mint Cair Dus 5's Obat Herbal memberikan sensasi segar dan membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi. Minum setelah beraktivitas berat atau sebelum tidur, supaya ketika bangun badan menjadi segar.

Sedia herbal tolak linu di rumah untuk dikonsumsi sewaktu-waktu dibutuhkan. Soal keamanan, herbal ini aman karena terdaftar POM TR 162 692 281 serta terbuat dari bahan-bahan herbal alami di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice).

Ingredients

Untuk ingredients atau komposisi herbal ini dapat dilihat di kemasan produk, seperti:

Languas Galanga Rhizoma (Laos), Zingiberis Aromaticae Rhizoma (Lempuyang), Piper Retrofracti Fructus (Cabe Jawa), Curcumae Xantorrhiza Rhizoma (Temulawak), Cyperus Rotundus Rhizoma (teki), phyllanthus niruri herba (Meniran), Blumea Balsamifera Folium (daun sembung), Zingiberis Officinalis Rhizoma (jahe), kaempferia galanga rhizoma (Kencur), Alyxiae Reindwardtii Cortex (Pulasari), Foeniculum vulgare Fructus (adas), Panax Ginseng Radix (ginseng).

Dengan manfaat yang banyak, membantu mengatasi keletihan, pegal linu, dan nyeri sendi. Herbal ini dibadrol dengan harga Rp 16.624 untuk setiap 5 sachet. Affordable banget ‘kan!

Penutup

Nah, rasa pegal di paha akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 5 cara di atas sudah dicoba penulis untuk menghilangkan pegal dengan cepat. Sementara 1 cara barang kali dilain hari bisa untuk dicoba yaitu mengompres dengan air hangat atau dingin. Walaupun pekerjaan fisik banyak, harapannya kondisi tubuh tetap bugar. Semangat yuk!

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

21 komentar

nurul rahma mengatakan…
Nah benerrr bgt ini mba
aku juga sering njarem kalo abis olga atau jalan jauh
minum herbal juga Ok banget yah
Müzeyyen Salik mengatakan…
Aku sering pegalnya bagian betis, trus di jari kaki kadang kaya kaku mati sakit minta ampun, klo udah gitu aku biarkan sambil di elus-elus sampai rasanya ilang
Sulis Nashwa mengatakan…
Biasanya kalau pegal itu saya pijitin biar ilang pegalnya. Wah baru tau saya ternyata ada minuman herbal buat ngilangin pegal. Kalau nanti pegal dipijit dan minum minuman herbal tentu rasa pegelnya akan lebih cepat hilang
Dee_Arif mengatakan…
Kalau aku paling sering pegal di betis
Ini bisa juga kan minum tolak linu
Soalnya kadang uda coba pakai cream tetap g ilang
Okti Li mengatakan…
Nyeri paha hingga pangkal kaki ini saya alami juga saat ini lho. Sampai sering kesemutan kalau ga bisa diluruskan. Makanya sekarang ga bisa duduk lesehan secara sopan. Bisanya selonjoran aja. Mau coba juga deh pakai tolak linu ini
Keza Felice mengatakan…
Beberapa tips mengatasinya udh aku coba. Kecuali kompres hehe. Juga minum jamu herbal ini. Kdang kalo kecapean aku juga ngetasain pegel di paha. Linu sh lebih tepatnya.
Auliya Nurrahman mengatakan…
Sebagai penyetok Tolak Angin, sepertinya aku akan menyetok juga Tolak Linu ini. Paha/betis pegal juga sering banget aku rasain, apalagi kalau abis olahraga berat setelah absen seminggu. Biasanya diredakan dengan pakai koyo banyak2 di kaki hihihi. Yaah semoga setelah nyoba Tolak Linu nanti nggak perlu lagi banjir koyo kakinya :-D
Jejak Pena Oemy Ikbar mengatakan…
iya mba...pegel paha ini mengganggu banget, saya mau nyoba dikompres air anget siapa tahu nyerinya hilang
monicarasmona mengatakan…
Usia tiga puluhan memang menjadikan badan saya kini kerap mengalami kepayahan. Dulu hanya sebagai penonton kala Bapa merasakan badannya pegal-pegal. Sekarang saya pun merasakannya, terutama di bagian betis. Sepertinya saya juga butuh krim penghangat untuk menghilangkan pegal-pegal.
sylvianayy mengatakan…
aku biasanya pegel-pegel di kaki tuh kalau abis olahraga, meskipun cuma dirumah aja olahraga dari youtube tapi kerasanya di kaki auto lemes
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Nah, akhir2 ini loh saya sering merasakan pegal, baik di paha maupun di bagian tubuh yang lain. Boleh juga ini beberapa tips yang ditulis untuk dicoba agar rasa pegal itu lekas hilang.
Simiati257 mengatakan…
Pernah coba minum jamu herbalnya, enak dan bikin adem, badan juga tidak berasa pegal
Ning! mengatakan…
Jamunya sido muncul tuh nggak pernah gagal sih ya, aku kalau masuk angin juga seringnya minum tolak angin, dan kalau lagi capek pegel-pegel ya minumnya tolak linu. Mantap pokoknya!
Aku selalu suka cara yang cepat
Soalnya banyak pekerjaan yang menanti
Utamanya mengurusi anak tiga
Rasanya ga ada waktu untuk sakit dan sambat
Anis Khoir mengatakan…
Hampir tiap hari ini saya mengalami pegal di paha mungkin usia sudah tua kali ya hahaha
selama ini hanya mengatasinya dengan pijatan tapi melihat tulisan ini suatu saat ingin mencoba obat herbal dari tolak angin
lendyagasshi mengatakan…
Aku belum pernah cobain Tolak Linu Mint Cair.
Biasanya produk Sidomuncul yang aku konsumsi Tolak Angin dan ini ampuh banget buat atasi badan yang sedang mau sakit.
Bayu Fitri mengatakan…
Nah kalau aku suka keram di paha sama engga ya cara penyembuhannya?
KenniApril mengatakan…
Kalau jarang olahraga jadi njarem pegel pegel di betis sampai paha, kalau dirutinkan jadi nggak pegal. Memang ya tetap harus konsumsil jamu
KenniApril mengatakan…
Aku lebih sering di betis kalau njarem njarem lama nggak olahraga. Sama di bahu karena banyak nyuci nih
Era Wijaya Sapamama mengatakan…
Ternyata Sido Muncul punya produk baru ya mba? Bisa lah ya, jadi opsi kalau pegel. Mix pakai koyo.
Blogger Surabaya mengatakan…
Baru tahu sido muncul mengeluarkan herbal ini. Auto bakal nyetok deh, karena aku suka menderita pegal linu di paha. Daripada bingung minum obat mending minum herbal aja