Laporkan Penyalahgunaan

Mengulas Seputar Pengertian, Strategi & Manfaat Digital Marketing

18 komentar

 

Mengulas Seputar Pengertian, Strategi & Manfaat Digital Marketing
Sumber: Pixabay

Digital marketing pastinya bukan lagi istilah yang asing di telinga Anda bukan, apalagi belakangan ini semakin banyak orang yang menerapkannya, khususnya bagi para pelaku bisnis yang menginginkan hasil lebih optimal untuk usaha mereka. banyak juga yang sudah merasakan manfaat digital marketing ini di dalam bisnis yang mereka jalankan, sehingga kemudian tidak ragu untuk menerapkannya dalam jangka panjang.

Sebelum itu Anda wajib tahu sebenarnya pengertian digital marketing. Digital marketing bisa dikatakan sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa lewat berbagai media digital, sebut saja internet atau jaringan digital yang lainnya.

Sebenarnya jika dilihat di Indonesia sudah banyak juga jasa atau perusahaan yang khusus bekerja di bidang ini, dikatakan sebagai digital agency. Mereka adalah perusahaan pihak ketiga yang membantu klien dalam memasarkan produk atau jasanya secara online.

Manfaat Digital Marketing

Manfaat digital marketing ini sebenarnya juga sudah terbukti dalam dunia bisnis, diantaranya adalah:

  1. Membantu dalam menargetkan pasar yang sesuai, digital marketing mengandalkan berbagai alat atau tools yang digunakan untuk bisa memperoleh data mengenai kebiasaan dari pengguna internet, lewat database ini maka secara otomatis pelaku bisnis juga lebih mudah dalam memasarkan kepada target yang sesuai, sehingga efektifitasnya lebih tinggi, dibandingkan dipasarkan pada orang secara asal-asalan.
  2. Menjangkau pasar secara lebih luas, digital marketing tidak hanya memungkinkan orang di sekitar Anda yang tahu mengenai produk atau jasa yang dijual, melainkan juga masyarakat secara lebih luas di luaran sana, baik itu yang ada di luar kota sampai dengan negeri, karena internet memang tidak ada batasannya.
  3. Membantu dalam menekan biaya pemasaran, faktanya teknik-teknik yang ada di dalam pemasaran secara digital ini memakan biaya yang lebih kecil dibandingkan dengan pemasaran konvensional, sebut saja untuk iklan lewat media cetak atau digital yang biayanya sangat terbatas. Berbeda dengan iklan di Google Ads yang budgetnya bisa menyesuaikan modal atau keuangan Anda.
  4. Membantu untuk meningkatkan reputasi brand, pemasaran berbasis digital juga memungkinkan untuk membangun citra merk yang positif. Apalagi jika pengguna internet sering kali melihat produk yang ditawarkan tersebut berseliweran dimana-mana.
  5. Meningkatkan penjualan, sebenarnya untuk manfaat utama sekaligus tujuan jangka panjang dengan digital marketing ini adalah agar produk atau jasa yang dipromosikan tersebut bisa terjual dalam jumlah yang besar atau tinggi di pasaran. Penjualan yang optimal tentunya berguna dalam meningkatkan keuntungan.

Strategi

Lalu jika berbicara mengenai strategi apa sajakah yang ada di dalam digital marketing ini, maka berikut diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

SEM

Langkah untuk melakukan digital marketing dengan menggunakan mesin pencari, disini yang paling sering adalah Google. SEM ini ada yang jenisnya berbayar yaitu lewat PPC atau pay per click, serta ada pula yang gratis layaknya SEO namun lebih kompleks cara kerjanya.

Affiliate marketing

Affiliate marketing

Yaitu dengan menggunakan influencer, para influencer ini nantinya yang akan membantu dalam mempromosikan produk atau jasa yang dijualnya dengan sistem pembagian hasil sesuai dengan kesepakatan bersama, cukup efektif dilakukan apalagi di zaman sekarang ini.

Content marketing

Strategi pemasaran ini melibatkan berbagai jenis konten, baik itu yang bentuknya adalah tulisan, gambar sampai dengan konten video yang belakangan ini memang lebih banyak dipilih masyarakat.

Social media marketing

Sesuai dengan namanya karena teknik marketing tersebut lebih menekankan pada pemakaian social media, caranya adalah dengan mengoptimasi konten yang ada di sosial media.

Digital advertising

Yaitu dengan mengeluarkan budget untuk kebutuhan iklan di social media, tentu untuk jenis iklannya sendiri beragam, bisa lewat social media, iklan di Google, Youtube dan sebagainya.

Penutup

Banyak manfaat digital marketing yang dapat dirasakan untuk bisnis, asalkan dijalankan secara konsisten, Anda bisa mempelajari lebih banyak lagi ilmunya dengan cara ikut program pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI, tidak perlu ragu karena akan dibimbing secara langsung oleh mentor yang kompeten di bidangnya, jadi daftarkan diri sekarang juga.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

18 komentar

hani mengatakan…
Nah, bener nih. Digital marketing sekarang udah jadi kehidupan sehari-hari. Apalagi program afiliate. Bloger bisa banget berperan sebagai afiliasi marketing juga.
Yuk ah belajar strateginya...
Okti Li mengatakan…
Dengan digital marketing, jangkauan bisa makin luas dengan begitu peluang perusahaan serta bisnis makin maju dan berkembang sudah di depan mata saja ya.
Rhoshandhayani KT mengatakan…
Apalagi masing-masing strategi itu bisa dibedah lagi strategi khususnya

Wuah asyik banget dunia digital marketing ini
Rugi kalau kita gak memanfaatkannya dengan baik
Auliya Nurrahman mengatakan…
Digital marketing udah kaya kebutuhan sekunder loh, perlu dipelajari karena berguna banget di zaman sekarang.
Auliya Nurrahman mengatakan…
Digital marketing udah kaya kebutuhan sekunder loh, perlu dipelajari karena berguna banget di zaman sekarang.
Müzeyyen Salik mengatakan…
Pengen juga memperluas jangkauan pasar, tapi belum fokus didigital marketing ya. Semoga kedepan dapat mempraktikkan ini dengan lebih baik.
Müzeyyen Salik mengatakan…
Pengen juga memperluas jangkauan pasar, tapi belum fokus didigital marketing ya. Semoga kedepan dapat mempraktikkan ini dengan lebih baik.
monicarasmona mengatakan…
Program affiliate sekarang sudah marak, ya. Bukan hanya affiliate untuk social media. Para blogger pun bisa menjadi affiliator dengan mencantumkan link yang menagrah ke suatu produk di artikelnya. Sesuatu yang baru bagi saya dan layak dicoba, sih.
Juwita mengatakan…
Benar banget peluang banyak dan kita harus bisa tahu tentang digital marketing agar lebih terarah
KenniApril mengatakan…
Untuk memperluas jaringan bisnis digital marketing ini memang membantu sekali ya. Sekarang mudah banget untuk promosi produk. Tapi harus kreatif karens customer jugs pilih-pilih
nurul rahma mengatakan…
Digital marketing sangat urgent ya
sekarang hampir semua orang terhubung dunia digital
so wajib bgt
Dee_Arif mengatakan…
Di era digital seperti ini, digital marketing sangat penting
Belajar digital marketing di prasmul ELI bisa jadi pilihan tepat bagi pelaku bisnis agar bisa memaksimalkan penjualannya ya
Jejak Pena Oemy Ikbar mengatakan…
Digital marketing ini sekarang menjadi ilmu yang wajib banget dikuasai oleh pelaku bisnis agar usahanya semakin berkembang karena jangkauannya sangat luas
SHalikah mengatakan…
Ilmu digital marketing ini memang luas dan penting banget ya di masa kini. Semakin belajar, semakin paham bahwa banyak banget pengetahuan yang perlu diupgrade. Saya pun jadi tertarik mencoba affiliate marketing yang ternyata seluk beluknya pun banyak sekali.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah senangnya kini makin mudah saja untuk mempelajari ilmu digital marketing, ikut saja program pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI, karena akan dibimbing secara langsung oleh mentor yang kompeten di bidangnya
Dyah Kusuma mengatakan…
Digital Marketing memang sudah menjadi kebutuhan karena saat ini hampir semua bidang dilakukan secara digital
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Di saat semuanya sudah serba digital, pengetahuan tentang strategis bisnis digitalnya pun harus segera dikuasai yaa... agar tidak ketinggalan dari pebisnis lainnya
Antung apriana mengatakan…
digital marketing sekarang memang sangat diperlukan ya dalam berbagai hal entah itu usaha, promosi jasa dan bahkan ngeblog juga perlu digital marketing. makanya memang perlu mengetahui juga tentang digital marketing ini