Laporkan Penyalahgunaan

Public Speaking Training For Teacher

 

Public Speaking Training For Teacher

SD Muhammadiyah Muara Bungo Mengadakan Public Speaking Training For Teacher akhir tahun lalu, Acara ini memberikan motivasi yang luar biasa untuk guru-guru di lingkungan sekolah.

Disini aku share pengalamanku mengikutinya. Meskipun terlambat berbagi, tapi energi positif dari acara tersebut insya allah masih menular. Vibesnya masih terasa kok bagi peserta hingga sekarang. Tentunya semangatttt!

Trainer Public Speaking Training For Teacher kali ini adalah Buya Surya Bunawan, MA. Seorang motivator sekaligus trainer dari Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Training dihadirkan ditengah tengah kami secara bermakna. Dari pukul 8.30 sampai menjelang Ashar tak terasa waktu berjalan terasa cepat. Jika melihat dokumentasi diatas, teman teman akan bisa bayangkan betapa kelas yang disajikan asyik, full senyum beliau ini.

Dengan durasi yang panjang, tidak terlihat peserta yang ngantuk, gelisah di tempat duduk, atau ngobrol dengan peserta yang lain.

Momennya mengalir begitu saja. Peserta menikmati asupan ilmu yang sangat bergizi. Kata beliau, " Semangat jadi guru karena guru yang menanamkan la Ilaha Illa Allah, nilainya lebih berat dari langit dan bumi... “

Back to that event, acara ini juga membuka mindset baru untukku pribadi dan peserta secara umum, bahwa untuk berbicara di depan umum tidak cukup dengan berani saja, tetapi perlu persiapan dan strategi yang mendukung.

Ada 3 L yang bisa membuat seseorang mampu berbicara di depan umum, yaitu:

  1. Lahir (Bakat)
  2. Lingkungan
  3. Latihan

Benar sekali. Beberapa orang terlihat memiliki bakat alami ketika berbicara di depan umum. Nampak luwes. Confidence. Namun, sebenarnya, kemampuan public speaking dapat diasah melalui jam terbang tinggi dan latihan.

Menurut Buya Surya Bunawan, MA, didikan shubuh adalah wadah latihan untuk public speaking dari usia dini. Kebanyakan yang mengikuti program ini akan mudah untuk berbicara di depan umum.

Namun, jangan sedih ketika kita sudah dewasa, akan tetapi waktu kecil melewatkan didikan Shubuh, kita tetap bisa public speaking dengan latihan. Awalnya, seseorang akan grogi ketika berbicara di depan umum, namun ketika sudah tampil utuk yang kedua, ketiga dan seterusnya rasa itu telah hilang.

Nah, berikut ini beberapa items yang dapat membantu seseorang tumbuh dan berkembang dalam public speaking:

Pendalaman Materi

“Share your pasion.”

Sampaikan tema yang paling kamu pahami.

Jadi, hal pertama yang dilakukan adalah mendalami materi. Buya Surya Bunawan, MA membagikan pengalaman meskipun ia sudah memiliki jam terbang tinggi, ia tetap membuat materi, menyusunnya dalam sebuah slide.

Bahkan sebelumnya, ia melakukan survei terlebih dahulu, umur dan jumlah peserta, media yang tersedia. Hal ini agar materi lebih dalam dan teliti. Jangan sekali-kali tampil tanpa persiapan.

“Barang siapa yang naik mimbar tanpa persiapan, maka akan turun tanpa penghormatan.”

Cicero

Perbanyak Latihan, Tumbuhkan Keberanian

Pertama, barangkali bisa latihan di depan cermin. Kemudian, lakukan latihan secara konsisten, kuasai apa yang pada umumnya orang sampaikan. Seperti pembukaan.

Berlatih berbicara, mengatur intonasi suara, dan mengekspresikan wajah. Untuk menghilangkan rasa grogi, hindari memandang ke bawah, mengulang kata yang sama, seolah-olah kamu sedang mengingat sesuatu. Seperti, hmm, eh, nah dll.

Dengan latihan terus menerus, seseorang akan lebih percaya diri saat berbicara di depan umum. Semakin bisa menguasai diri, menghilangkan grogi, dan handle tantangan yang mungkin muncul tiba-tiba saat berbicara.

Ajak teman untuk menjadi audiens, lakukan latihan berbicara bergantian. Mintalah teman untuk evaluasi penampilan.

Gunakan Materi Pendukung

Gunakan materi pendukung seperti slide presentasi. Semakin cantik design-nya, semakin mengajak audiens tertarik dan fokus. Gunakan juga materi tambahan, seperti musik, potongan film sehingga membuat semakin menarik.

Buat karangka Presentasi

Buat karangka pidato atau presentasi. Ini akan memudahkan kamu menyampaikan ide atau gagasan di depan umum.

Gunakan Outfit yang Tepat

Outfit yang tepat akan membantu kamu tampil dengan percaya diri. Berpakaianlah yang rapi. As a model, kamu sedang menjadi bahan perhatian, dari ujung kaki sampai ujung rambut.

Gunakan pakaian yang tidak bertabrakan. Selaras. Bersih dan rapi. Jangan gunakan pakaian yang sekiranya kamu tidak nyaman, ini akan menjatuhkan rasa percaya diri kamu.

Relaksasi

Untuk mengurangi kecemasan, kamu bisa lakukan relaksasi, Dr. Andrew Weil membagikan cara tarik nafas, agar grogi hilang. Caranya dengan latihan pernapasan 4-7-8. Ujung lidah berada di langit-langit mulut di belakang kedua gigi depan, lalu, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, lalu tahan selama tujuh hitungan, lalu keluarkan melalui mulut selama delapan hitungan. Berhasil! Kamu juga bisa lakukan coffee break, ice breaking dan juga sisipkan humor pada presentasi.

Adaptasi

Ketika berada di podium fokus ke audien, lakukan adaptasi, berikan feedback agar presentasi kamu menjadi hidup. Lakukan eye contact, adaptasi body language dan perhatikan intonasi atau tekanan suara. Gunakan bahasa-bahasa yang mencairkan suasana.

Terlepas dari beberapa items diatas, penting sekali untuk sadar bahwa, “Ada kata-kata yang perlu disampaikan dan ada kata-kata yang menunggu waktu untuk diungkapkan.” Pahami audiens-nya siapa.

Kita bisa belajar dari Buya Surya Bunawan, MA

“Kaji sampai, orang tidak tersinggung.”

So, pilih diksi yang baik.

“Tidak ada suatu kata pun yang terucap, melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).” Surah Qaf  Ayat 18

Penutup

Public Speaking Training For Teacher adalah keterampilan yang sangat penting bagi seorang guru. Semoga dengan adanya acara ini kemampuan guru dalam berkomunikasi semakin baik dan dapat menyampaikan ide-idenya dengan perkataan baik pula.

Terimakasih SD Muhammadiyah Muara Bungo yang sudah memfasilitasi.  

 

 

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar