Laporkan Penyalahgunaan

6 Tips Liburan 3 Hari 2 Malam di Seoul

1 komentar

6 Tips Liburan 3 Hari 2 Malam di Seoul

Kamu punya rencana berlibur ke Kota Seoul dalam waktu dekat? Selain mulai melakukan riset untuk mengetahui harga termurah dari tiket pesawat Jakarta Seoul, jangan lupa juga untuk mulai menyusun rencana perjalanan secara detail. 

Perlu diketahui bahwa menyusun itinerary sangatlah perlu untuk dapat mengetahui budget liburan dengan lebih rinci dan jelas, serta membuat persiapan liburan juga menjadi lebih matang. 

Memang tak dapat dipungkiri bahwa saat ini Korea Selatan itu sendiri sedang menjadi salah satu negara impian untuk berlibur bagi sebagian orang. 

Selain kotanya yang indah, Seoul juga memiliki sederet destinasi wisata hits yang cenderung memiliki harga relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara Eropa. 

Agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan tanpa harus khawatir dengan budget yang perlu dikeluarkan, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips liburan ke Seoul yang perlu kamu perhatikan. Yuk disimak bersama!

Tips Liburan 3 Hari 2 Malam di Seoul

Siapa bilang liburan ke Seoul harus lama? Nyatanya, kita bisa lho liburan ke Seoul hanya selama 3 hari 2 malam tanpa ketinggalan berbagai hal menyenangkan yang ada di Kota tersebut. 

Lantas, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk bisa liburan ke Seoul?

Paspor, Visa, dan Tiket Pesawat

Paspor, Visa, dan Tiket Pesawat

3 Hal yang sangat penting dan wajib dipersiapkan, yaitu paspor, visa, dan tentunya tiket pesawat. 

Saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan tiket pesawat Jakarta Seoul dengan harga yang cukup bervariasi. 

Sehingga, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan bulan dan tanggal keberangkatan serta maskapai yang diinginkan. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan paspor yang masih aktif. Apabila belum memiliki paspor, maka kamu perlu ke kantor imigrasi terlebih dahulu untuk pembuatan paspor baru. 

Untuk saat ini, biaya pembuatan paspor biasa berkisar diangka Rp 350 ribu, sedangkan untuk pembuatan e-paspor setidaknya sekitar Rp 600 ribu. 

Sedangkan untuk Visa, biaya pembuatan bisa lebih bervariasi, tergantung agen perjalanan yang kamu pilih. 

Namun pada umumnya, biaya pembuatan visa ke Korea untuk 1 kali kedatangan selama kurun waktu kurang dari 90 hari bisa mencapai sekitar Rp 850 ribu. 

Akomodasi

Hal lainnya yang perlu dipersiapkan ketika ingin berlibur ke Kota Seoul adalah dengan menentukan tempat dimana kamu akan menginap. 

Korea Selatan, terutama Seoul, memiliki beragam variasi akomodasi yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari hostel, motel, guest house, hingga hotel. 

Sehingga, yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih tipe penginapan yang tentunya sesuai dengan budget liburan yang telah dipersiapkan. 

Transportasi

Transportasi

Perlu diketahui bahwa di Korea Selatan kamu tidak akan menemukan transportasi online seperti Grab atau Gojek. 

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kamu juga turut mempersiapkan budget dan mencari tahu jenis-jenis transportasi apakah yang akan kamu gunakan selama berlibur. 

Namun, ketahui pula bahwa Korea Selatan juga merupakan salah satu negara dengan sistem transportasi terbaik. 

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan jenis transportasi yang bisa digunakan. Mulai dari taksi, bus, sewa mobil, hingga Kereta Bawah Tanah bisa kamu jadikan sebagai pilihan. 

Untuk dapat menaiki transportasi umum di Korea, kamu perlu memiliki kartu T-Money dan mengisi saldonya sesuai dengan kebutuhan. 

Pada umumnya, kartu ini bisa kamu temukan di minimarket terdekat. 

Konsumsi

Liburan rasanya belum afdol apabila tidak dibarengi dengan wisata kuliner. Korea Selatan memiliki banyak sekali jenis-jenis makanan lezat yang harus kamu coba.

Karenanya, jangan lupa untuk mempersiapkan budget tersendiri untuk konsumsi selama berlibur di Negara tersebut. 

Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari restoran atau tempat makan yang ingin dikunjungi selama berlibur untuk dapat memperhitungkan perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan khusus untuk konsumsi. 

Tiket Wisata

Selain mempersiapkan budget untuk membeli tiket pesawat Jakarta Seoul, jangan lupa juga untuk mempersiapkan tiket untuk destinasi-destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. 

Meskipun Seoul memiliki destinasi wisata yang cenderung gratis atau tidak dipungut biaya sepeser pun, tak dapat dipungkiri bahwa banyak juga destinasi wisata yang memerlukan biaya agar bisa masuk ke lokasi. 

Sebut saja seperti Cable car di Namsan Tower, Nami Island, Gyeongbokgung Palace, hingga Teddy Bear Museum. 

Alangkah baiknya jika kamu cari tahu harga tiket dari setiap destinasi wisata yang kamu ingin datangi, agar persiapkan budget menjadi lebih matang. 

Kuota Internet

Nah, tips liburan terakhir yang akan kita bahas ketika kamu sedang mengunjungi Kota Seoul dan gak kalah pentingnya adalah kuota internet. 

Meskipun banyak lokasi-lokasi di Seoul yang menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis, termasuk penginapan, alangkah lebih baiknya jika kamu turut mempersiapkan kuota internet, walaupun untuk hanya 3 hari 2 malam sekalipun. 

Hal tersebut dikarenakan masih ada beberapa destinasi wisata yang mungkin tidak terjangkau jaringan Wi-Fi gratis. 

Terdapat 3 opsi yang bisa kamu pilih, yaitu dengan membeli paket roaming, sewa Wi-Fi portable yang tersedia di Bandara Incheon, atau dengan membeli kartu seluler lokal. 

Jadi, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin berlibur 3 hari 2 malam di Seoul. Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang?

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. ku masih menabung untuk bisa ke negara ini dan bertemu oppa :") semoga terwujud

    BalasHapus

Posting Komentar