Laporkan Penyalahgunaan

XRM Media dan IDN Media Menggelar Kempetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021

 

kempetisi-film-pendek-sundance-film-festival

Dilansir dari Wikipedia, film pendek adalah salah satu bentuk film yang paling simple dan paling kompleks. Durasinya biasanya dibawah 50 menit atau ada yang hanya berdurasi 60 detik saja. Film ini awalnya dipopulerkan oleh Charlie Chaplin. Luar biasa manfaatnya yaitu sebagai wadah mengekspresikan, explorasi sineas dan tumbuh komunitas fim pendek itu sendiri.

Untuk mendukung perkembangan film pendek, XRM Media dan IDN Media menggelar kompetisi film pendek Sundance Film Festival: Asia 2021. Tak tanggung tanggung Argo, sebagai platform streaming dan kurator global film pendek mensponsori Short Film competition ini. Dengan tujuan agar bisa menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan dunia global.

Mengenal Penyelenggara Kompetisi Film Pendek Lebih Dekat

Sundance Institute merupakan lembaga nirlaba yang didirikan Robert Redford pada tahun 1981, sebagai wadah bagi pelaku seniman independen melalui program-programnya untuk pembuat film independence, artist teater dan composer dari seluruh dunia.

Sundance Film Festival sendiri adalah tempat yang menjadi penghubung antara penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk.

Melalui Sundance Film Festival, XRM media dan IDN media mempersembahkan kompetisi film pendek. XRM media sendiri telah menjadi media yang menghubungkan audiens global, bersama IDN Media sebagai perusahaan media platform untuk millennial dan Gen Z di Indonesia, acara ini tentunya akan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Seperti perkataan Winston Utomo, selaku CEO IDN Media,

“Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.” 

Kemudian event ini juga didukung Argo, salah satu platform streaming, platform ini pun berkomitmen untuk membangun komunitas yang menghubungkan pembuat serta penikmat film. Kemudian menampilkan semua genre film pendek tersebut ke dalam playlist bertema dari seluruh dunia.

Dewan Juri

Dewan juri untuk kompetisi film pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 adalah orang orang terbaik di bidangnya masing masing, yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Nama Dewan juri tersebut diantaranya:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival 
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures 
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival 
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo 

Syarat dan Waktu Pendaftaran

Kompetisi ini mengundang seluruh para sineas Indonesia yang kreatif berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Untuk semua genre film pendek. Syaratnya proses pengerjaan film harus sudah selesai pada 1 Januari 2019 dengan durasi film antara 3 hingga 20 menit.

Jika memenuhi syarat segera daftarkan film pendek karyanya hingga 9 Juli 2021 ya! Untuk informasi Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, teman-teman dapat kunjungi situs Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia. 

pendaftaran-kempetisi-film-pendek-sundance-film-festival

Benefit Mengikuti Kompetisi Film Pendek

Dengan mengikuti short film competition ini, teman teman yang menjadi pemenang akan berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori oleh Argo.

Selain itu, film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang. Berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022. Kemudian, dikurasi ke dalam playlist bertema seluruh dunia, yang akan mendapatkan bagi hasil dari Argo. 

argo-mendukung-pendaftaran-kempetisi-film-pendek-sundance-film-festival

Kesimpulan

Nah, itulah sekilas info Kempetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021. Ayo jangan sia-siakan kesempatan berharga ini. Berikan karya terbaik, menghibur dan menginspirasi dunia perfilman Indonesia.

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar