Laporkan Penyalahgunaan

Mengenal Keaslian UPK 75 Tahun RI

 

Mengenal-keaslian-upk-75-tahun-RI

Hai Mom, apakah sudah memiliki uang rupiah khusus pecahan 75 K? Uang yang telah dikeluarkan dan diedarkan khusus pada peringatan 75 tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI atau UPK 75 ini, bukanlah uang untuk koleksi. Ini juga alat transaksi yang sah di Indonesia.

UPK 75 Tahun RI yang Bernilai Sejarah

UPK 75 Tahun bernilai sejarah, sehingga banyak yang sayang menggunakannya. Bernilai sejarah karena latar belakang adanya UPK 75 ini yaitu sebagai bentuk persembahan rasa syukur atas anugrah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

Tercatat, Bank Indonesia telah mengeluarkan URK sebanyak 10 kali untuk peristiwa bersejarah, 3 diantaranya untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI (Peringatan 25 tahun, 45 tahun, dan 50 tahun HUT Kemerdekaan RI).

Selain untuk peristiwa bersejarah, UPK 75 juga memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai lambang kedaulatan Negara. Sebuah simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan  melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju. Kemudian, bentuk berbagi kebahagiaan untuk Rakyat Indonesia.

Nah, bahagia juga ya jika dapat berbagi kepada orang tersayang di hari Raya Idul Fitri, dengan memberikan uang lebaran pecahan UPK 75 tahun RI.

Dilansir dari berbagai sumber, kita bisa memberikan ampau dengan uang edisi khusus tersebut, dengan menukarkan di seluruh bank bank yang ada di Indonesia mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021. Syaratnya anda cukup melakukan pemesanan terlebih dahulu di aplikasi penukaran PINTAR. Gunakan 1 KTP untuk 100 lembar UPK 75 RI setiap harinya. Selamat memberikan uang lebaran yang membahagiakan ini ya!

Namun perlu berhati hati, hari Raya bisa saja dijadikan momen oleh orang tertentu untuk mengedarkan uang palsu UPK 75. Meskipun uang khusus ini sangat sulit dipalsukan karena dari bahan yang berkualitas.  Namun, tiada salahnya  mengenali ciri ciri UPK 75 Tahun RI, agar lebih aman dan nyaman ya ‘kan?

Ciri Ciri UPK 75 tahun RI

Lembaran UPK 75 tahun RI berwarna dominan merah putih, warna merahnya lebih kemerahan atau reddish color.  Terbuat dari serat kapas. Terdiri dari sisi muka dan sisi belakang.

Pada bagian sisi muka terdapat gambar presiden pertama RI Soekarno dan Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta. Kemudian, terdapat gambar pengibaran bendera pada Proklamasi 17 Agustus 1945. Ada motif songket dari Sumatera, jembatan Youtefa di Papua, MRT Jakarta dan Tol Trans Jawa sebagai simbol pencapaian Indonesia di bidang Infrastruktur. Bi merilis empat gambar yang terdapat di sisi depan memiliki filosofi perjalanan pembangunan selama masa kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu, pada sisi belakang uang, terdapat gambar Sembilan anak Indonesia berpakaian adat daerah, ada peta Indonesia dalam bola dunia dan terdapat nomor seri yang terdiri dari tiga huruf dan enam angka.

Sisi-muka-UPK-75-tahun-RI

Kenali dengan 3D

Kita dapat mengenali keaslian UPK 75 Tahun RI dengan cara 3 D yaitu Dilihat, diraba dan diterawang.

Dilihat

Logo BI

Pertama kita bisa melihat gambar bunga anggrek bulan  di sisi muka yang terdapat logo BI terletak di bagian kiri bawah permukaan sisi muka. Logo tersebut akan bergerak dinamis jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda atau colour shifting.

logo-BI-pada-sisi-muka-UPK-75

 

Angka 75

Terdapat angka 75 yang tersembunyi (latent image) yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu.

Nomor Seri

Nomor seri terlihat tiga huruf dan dikuti enam angka.

Nomor-Seri-UPK-75

Benang Pengaman

Selain itu terdapat benang pengaman yang berbentuk anyaman yang membentuk BI dan angka 75 yang secara berulang memiliki efek gerak dinamis dengan motif batik Kawung Jawa yang cantik.

Diraba

Tekstur Uang

Jika di raba UPK 75 Tahun RI akan terasa teksurnya lebih terasa kasar di bagian gambar utama pahlawan dan tulisan nominal 75.000 pada sisi depan uang. 

Pada lembar sisi belakang jika diraba akan terasa kasar juga pada  gambar anak Indonesia, peta indonesia dalam bola dunia, dan pada tulisan “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia mengeluarkan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dengan nilai tujuh puluh lima ribu rupiah”.

Blind Kode

Untuk saudara kita yang tuna netra dapat meraba blind code yang berupa efek rabaan atau tactile di sisi depan uang UPK 75.

 

Diterawang

Terdapat Watermark

Seperti uang rupiah pada umumnya, uang edisi khusus kemerdekaan kali ini juga memiliki tanda air berupa gambar dan garis atau watermark yang akan terlihat saat diterawang di bawah cahaya. Tanda watermark itu berupa gamabar pahlawan Nasioanl Dr. (H.C)Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka “75”.

Gambar Logo BI yang Saling Isi

Selain itu kita bisa menerawang gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh dibawah cahaya.

Logo-BI-pada-UPK-75

 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengenali keaslian UPK 75 Tahun RI, dengan mengetahuinya ciri cirinya kita menjadi lebih aman dan nyaman. Oh iya tidak ada salahnya memanfaatkan penukaran uang yang sah di bank bank di Indonesia. Selamat berbagi uang lebaran dengan pecahan khusus UPK 75 Tahun RI ya!

Sumber:

Acara Blogger Gathering bersama kantor perwakilan Bank Indonesia Jambi X ISB

 

Linda Puspita
Seorang bloger dan influencer. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Saya belum punya uang ini Mbak. Kalau punya, kayaknya juga bakalan dilema. Antara butuh buat belanja tapi rasanya sayang hihihihi

    BalasHapus

Posting Komentar