Laporkan Penyalahgunaan

Lakukan 9 Hal Ini Untuk Mencegah Penuaan Dini

 

lakukan-9-hal-ini-untuk-mencegah-penuaan-diri

Penuaan dini menjadi momok yang menghantui bagi kaum perempuan. Setiap bercermin, pastinya sambil mengamati wajah apakah terdapat kerutan. Normal sih perempuan ingin terlihat cantik, muda dan fresh.

Pada umumnya di usia 50 tahun keatas penuaan terjadi. Namun mulai menginjak usia 30, ternyata garis garis halus sudah mulai terlihat. Wah pastinya langsung khawatir ya.

Kabar baiknya para peneliti telah menemukan penyebab penuaan dini, diantaranya lingkungan, pola makan yang tidak teratur, gaya hidup yang tidak baik. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

Lingkungan

Lingkungan yang kurang sehat menjadi sebab pertama penuaan dini. Seperti lingkungan yang berdebu, banyak asap, asap rokok, air yang tercemar dapat menjadi radikal bebas yang mempengaruhi kulit sehingga tua dari usia sebenarnya.

Kemudian, lingkungan yang berkaitan dengan sinar matahari. Sinar matahari menyumbang penuaan lebih banyak. Sinar matahari secara langsung dapat berbahaya bagi kulit. Zat zat yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan kerutan, dan pigmen kulit lebih gelap. Usahakan untuk tidak langung terpapar matahari secara langsung. Jika harus beraktivitas diluar rumah, gunakan pelindung diri dan muka.

Pola Makan yang tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat, selain menyebabkan penyakit juga dapat menjadi faktor pemicu penuaan dini. Contoh berikut ini apakah sering kamu lakukan? Suka ngemil misalnya. Yup! Perempuan paling suka ya dengan aktivitas yang satu ini. Sambil menonton TV, membaca buku bisa menghabiskan sekantong snack.

Mulai sekarang sebaiknya dikurangi. Karena jika camilan kamu manis. Kandungan gula di dalamnya memicu tumbuhnya jerawat, kulit berpori-pori besar dan kelihatan kasar.

Kemudian, jika kamu suka nyamil yang asin. Kandungan garam atau sodium didalamnya dapat mengikat air di dalam tubuh. Kulit kamu akan dehidrasi dan terlihat keriput.

Gaya Hidup yang Tidak Baik

Suka minum alkohol, begadang, memiliki tekanan hidup. Semoga kita dapat menghindarinya. Karena hal tersebut sangat tidak baik untuk tubuh, maupun kulit kita. Akan mempercepat proses penuaan dini. Terasa sekali, jika sering begadang kantong mata akan menjadi besar, dan kerutan halus di dahipun tidak dapat dihapuskan.

Mencegah Penuaan Dini

Nah, itulah secara garis besar penyebab penuaan dini, dengan memahaminya kita bisa mencegah lebih awal. Lakukan 9 hal ini untuk mencegah ya:

Lindungi diri dari sinar matahari

Zat zat sinar matahari sangat berbahaya, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah saat matahari benar benar di atas kepala. Jika mendesak harus melakukannya usahakan memakai pelindung diri.

Konsumsi Antioksidan Alami

Radikal bebas berupa udara yang buruk, asap, debu, air yang tercemar dapat diatasi dengan antioksidan. Antioksidan tersebut berupa vitamin C dan Vitamin E secara alami dapat diperoleh  dari buah buahan segar, sayuran sayuran dan sayuran hijau.

Konsumsi Sedikit Gula

Sudah sangat jelas jika gula berlebih dapat mempercepat penuaan dini. Konsumsilah hanya sedikit gula. Jika perlu konsumsi pemanis alami dari buah buah

Kurangi Pemakaian Garam

Konsumsi garam yang berlebihan selain bisa menambah berat badan kamu. Juga dapat mempercepat penuaan diri. Keriput. Karena kadar garamnya membuat kulit dehidrasi. So, kurangi pemakaian garam ya!

Tidak Mudah Marah

“Jangan marah lo, nanti cepat tua.” Sering tidak mendengar filosofi seperti ini. Ternyata ini benar gaes. Ternyata ketika kamu marah-marah tubuh akan mengeluarkan hormone stress yang mengubah metabolisme tubuh sehingga menimbulkan masalah pada kulit.

Lalu, ketika kamu sedang marah otot wajah akan turun kebawah. Kendur. Beda kalau kamu tersenyum otot akan tertarik ke atas membentuk raut muka yang indah dan mengencangkan otot otot pada bagian tersebut. So, jangan marah ya!

Rajin Berolahraga

Sehat jasmani dan rohani kalau kita olahraga. Jasmani meliputi kulit juga ya! Nah, olahraga yang menghambat penuaan dini diantaranya lari, yoga. Lakukan secara rutin, niscaya metabolisme dalam tubuh lancer dan kulit terlihat bersinar dan cerah.

Menjaga Pikiran agar Tidak Stress

Ditengah tuntutan kehidupan yang semakin menekan, bisakah kita menjaga pikiran agar tidak stress? Jawabnya adalah tentu saja bisa. Mulailah mencintai diri sendiri. Berbuatlah yang menurutmu baik dan baik pula di mata Tuhan. Syukuri apa yang ada padamu, dan jangan mencari tahu apa yang dimiliki orang lain. Hiduplah apa adanya niscaya dapat menjaga pikiran agar tidak stress.

Sesekali, carilah hiburan yang murah meriah dengan berkreasi ke tempat terdekat. Nikmati waktu bersama keluarga.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sebenarnya tidak berpatokan dengan berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk tidur. Namun lebih menjawab  apakah tidur kita berkualitas? Deep sleep atau tidur berkualitas dapat membantu memperlambat penuaan.

Jadi, kulit kita ketika tidur juga istirahat. Pada saat istirahat itulah proses pelepasan sel kulit mati dan regenerasi sel. Nah, bisa dibayangkan jika proses tersebut terganggu karena tidurnya tidak berkualitas.

Oh iya agar tidur berkualitas kamu bisa berdoa dulu sebelum tidur, jangan membuka ponsel sebelum tidur. Jauhkan! Beri pencahayaan yang redup.

Tidak Konsumsi Alkohol dan Merokok

Coba perhatikan sekitarmu! Apakah ada orang yang merokok dan konsumsi alkohol? Bagaimana raut mukanya. Tentu akan lebih tua dari teman sebayanya. Alkohol dan rokok telah membuat kulit kering, berkerut dan kasar.

Menjaga agar Kulit Tetap Lembab

Kulit yang lembab identik dengan kulit yang sehat, lembut dan cerah. Ini bisa memperlambat tanda tanda penuaan dini. Konsultasikan dengan dokter kecantikanmu. Skincare yang cocok dengan jenis kulitmu.

Colis-AHA-BHA-PHA-red-toner

Pengalamanku Memakai Colis AHA BHA PHA red toner

Kalau aku memakai Colis AHA BHA PHA red toner. Aku ‘kan sering lembur. Kemudian kecanduan kopi agar tidak ngantuk ketika begadang. Memang butuh perawatan kulit wajah. Toner ini membantuku untuk menjaga agar kulit tetap lembab.

Jadi cara kerja toner ini adalah  mengangkat sel kulit mati, menghilangkan kotoran pada pori-pori. Dengan Alpha-hydroxy acid (AHA) sel sel kulit mati dapat terangkat, merangsang produksi kolagen, serta menjaga kerusakan kulit.

Kemudian kandungan Beta-hydroxy acid (BHA) dapat menghilangkan jerawat, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori,

Ketiga kandungan toner ini adalah PHA yang sangat lembut berfungsi menjaga agar kulit tetap lembab. Sehingga kamu akan terlihat segar, cantik dan glowing.

pengalamanku-memakai-colis-AHA-BHA-PHA-red-toner

Pertama memakainya aku langsung suka, Bau aroma buah. Ketika aku aplikasikan ke mukaku langsung terasa efeknya, seger!

kandungan-Colis-AHA-BHA-PHA-red-toner

Menurutku wajar sih seger. Toner ini terbuat dari 5 ekstract buah, yaitu:

  1. Pomegranate atau buah delima yang telah terkenal mengatasi kulit kering dan kusam. 
  2. Tomat yang dipercaya sebagai penjaga dan melawan sel sel mati
  3.  Raspberry, sebagai sumber vitamin C cocok untuk menghilangkan kerutan, flek hitam dan tanda penuaan lainnya. 
  4. Dragon fruit atau buah naga, dipercaya menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan wajah
  5.  Buah Merah papua, sebagai antioksidan pengkal radikal bebas.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa sebab yang memicu penuaan dini. Jangan lupa lakukan 9 hal ini untuk mencegahnya. Biarkan muka tetap dalam kondisi lembab. Bantu dengan menggunakan Colis AHA BHA PHA red toner yang bisa kamu dapatkan di shopee ya!

 

 

Linda Puspita
Seorang bloger dan influencer. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Sepakat banget nih sama tips di atas mbak. Salah satu mencegah penuaan dini ya dg tetap menjaga kelembapan kulit yaa. Mau ku rekomendasikan ke ibuku ah, beliau suka banget sama aroma Pomegranate.🤩

    BalasHapus
  2. Pola makan masih PR banget nih. Apalagi disini masih lockdown, jadi ngemil salah satu pelarian karena tidak bisa kemana-mana. Tapi jadi penasaran mau pakai produknya. Thanks for sharing

    BalasHapus
  3. Mengurangi makanan bergaram ini yang aku belum bisa, Mbak, soalnya suka banget makanan yang gurih dan serba asin. *duhhh
    Colis AHA BHA PHA cuma toner gitu aja ya Mbak? Pas banget aku juga suka begadang, bikin kulit tambah kusam gak karuan. Nanti mau cari info produknya juga, ah.

    BalasHapus
  4. Wah, keren nih manfaat toner-nya. Jadi penasaran untuk cobain. Kebetulan kulit saya jenisnya kering dan saya malas pakai skincare, jadi tampak kusam.
    Makasih sharing infonya Mbak.

    BalasHapus
  5. Harus happy dan pake skincare yang baik dan cocok ya serta banyak bersyukurlah dan tersenyum hihi

    BalasHapus
  6. Wah suka ngeri ya penuaan dini itu, makanya saya usahakan rajin olahraga agar tubuh bugar dan awet muda hehe

    Meskipun begitu begitu masuk kepala 3 uda ada lain² nya misalnya rambut yg awalnya hitam uda ada selingannya yg putih heeem.

    BalasHapus
  7. Wah, ada kandungan tomatnya, ya. Ternyata tomat bagus ya buat kulit. Selama beberapa tahu terakhir, saya dan keluarga rutin konsumsi jus tomat. kayaknya cocok pakai toner ini juga supaya lebih maksimal menjaga diri dari penuaan...hihi. Yang nggak tahan nggak boleh begadang sama nggak boleh marah. Agak susah ya menghindari ini...hihi.

    BalasHapus
  8. Kandungan buah tomat dan delima memang bagus bgt ya kak. Tapi baru tahu ada kandungan dalam satu produk. Kulit wajah memang harus dirawat sejak dini ya kak.

    BalasHapus
  9. Jangan marah, jangan stress juga ini berpengaruh terhadap kesehatan soalnya. Saya tuh jarang skincarean. Sepertinya perlu mempertimbangkan produk yang satu ini. Jenis kulit kombinasi cocok engga sama tonernya Mba?

    BalasHapus
  10. Stress juga bisa memicu penuaan dini ya, mba Linda. Aku paket juga nih Miracle Red Toner, ringan di waajah dan bikin fresh. Bahkan bisa menekan jerawat tidak membesar.

    BalasHapus
  11. tidur yang cukup ini yang masih belum saya penuhi ni mba, karena udah biasa tidur malam mulu jadinya kebiasaan sampai usia sekarang dan itu bahaya buat kulit ya

    BalasHapus
  12. Hehe jadi diingatkan, jangan suka marah nanti cepat tua. Maklum kalau lagi kesal suka marah-marah terus meluncur deh kalimat itu.
    Produknya pas banget nih, untuk kulitku yang kering. Berbahan tomat yang memang punya banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat. Jadinya kulit terawat dengan produk skincare yang tepat.

    BalasHapus
  13. Wah mau juga dong mencegah penuaan dengan cara-cara di atas ditambah dengan treatment wajah with Colis AHA BHA PHA red toner ya, noted deh tfs Mbak Linda

    BalasHapus

Posting Komentar