Laporkan Penyalahgunaan

#AyoTunjukTangan Gerakan Dukung Kemajuan Anak Indonesia

6 komentar

 

#AyoTunjukTangan

9 dari 10 anak Indonesia menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan (Unicef, 2020). 9 dari 10 anak, ini artinya masih banyak sekali anak Indonesia yang masih kurang pemenuhan nutrisi dan pendidikan. Bahkan, Badan Pusat Statistik mencatat, pandemi menyebabkan jumlah warga miskin di Indonesia meningkat lebih dari 2,7 jiwa.

Angka tersebut bukan isapan jempol belaka, dimana disekitar lingkunganku terlihat banyak orang tua yang menganggur, dirumahkan sudah hampir 2 tahun. Tentu hal ini berdampak pada akses nutrisi dan pendidikan anak.

Bagaimana dapat menyediakan nutrisi lengkap lima sehat enam sempurna? Jika untuk kebutuhan sehari-hari hanya tersedia uang Rp.5000 sampai Rp. 10.000 saja.

“Aku potong tempe, berbentuk ikan. Si adek pengen ikan, tapi cuma punya uang Rp.5000.” curhat seorang ibu.

peluncuran-gerakan-#ayotunjuktangan

Gerakan #AyoTunjukTangan

Merespon ironi tersebut SGM Eksplor sebagai produk susu legenda yang dipercaya Indonesia sejak 56 lalu mengajak para bunda untuk berkolaborasi saling membantu anak Indonesia. Melalui semangat kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, tepat pada tanggal 16 Agustus 2021, pukul 10.00 SGM eksplor meluncurkan gerakan sosial #AyoTunjukTangan bersama 2 juta bunda majukan Indonesia.

bahagia-ikut-gerakan-ayotunjuktangan

Bahagia sekali aku bisa ikut serta pada acara peluncuran tersebut. Merasakan semangat #SGMEksplor dan para bunda untuk mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia agar menjadi #GenerasiMaju

Pertama-tama kak Seto, yang memiliki nama lengkap Seto Mulyadi selaku pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta ketua lembaga perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menyeru Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dapat menjadi momentum yang tepat untuk menggugah terwujudnya kepedulian serta jaminan kemerdekaan terhadap hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, karena anak merupakan sebuah aset kemajuan bangsa yang dapat membawa Indonesia lebih maju kedepannya. Dukungan kolektif masyarakat untuk tumbuh kembang anak seperti pemenuhan nutrisi yang seimbang dan dukungan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini, sangat diperlukan sebagai fondasi dan langkah awal seorang anak untuk melakukan berbagai hal produktif dalam hidupnya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mendukung kemajuan anak-anak Indonesia dengan perannya masing-masing untuk mewujudkan Indonesia maju di masa depan.”

Beliau juga menambahkan kolaborasi untuk tumbuh kembang anak akan mendukung 2030 Indonesia layak anak, 2045 Indonesia emas dimana anak anak Indonesia mendapatkan akses pendidikan lebih baik dan nutrisi lebih berkualitas sehingga menjadi Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh.

Pada momen ini, kak Astrid Prasetyo selaku marketing manager SGM Ekspor menjelaskan makna dari #AyoTunjukTangan. Ini adalah simbol dimana menunjukan saya mau maju. Saya sudah mendukung anak Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan dalam terpenuhi nutrisi dan pendidikan.

Didukung Oleh Aktor dan Aktris Idola

Gerakan #AyoTunjukTangan juga didukung oleh artis-artis idolaku, yaitu Reza Rahadian dan Alyssa Soebandono.

Sebagai aktor sekaligus aktivis sosial Reza Rahadian, dengan optimis mengajak semua pihak untuk ikut melakukan aksi dukungan. Dimana dukungan tersebut akan disalurkan langsung untuk pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia, agar anak Indonesia menjadi generasi maju.

Sementara itu, Alyssa Soebandono, yang merupakan aktris dan ibu dua anak ikut merasakan bagaimana hati seorang ibu. Pastinya berharap yang baik untuk anak-anaknya. Pemenuhan nutrisi maupun pendidikannya. Hanya saja, tidak semua ibu dapat terkabul keinginan tersebut. Jadi melalui gerakan #AyoTunjukTangan, istri Dude Harlino tersebut mengajak ibu lain, yang diberi kelebihan rejeki untuk bergotong royong, berkolaborasi membantu para ibu lain untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak tercukupi.

Berkolaborasi dengan Pelaku Industri

Gerakan ini juga mengajak pelaku industri untuk berperan serta. Semakin banyak yang terlibat, maka semakin banyak anak yang terpenuhi nutrisi dan pendidikan.

Telkomsel telah mendukung kemajuan anak Indonesia melalui gerakan #AyoTunjukTangan ini. Kemudian CAKAP yang merpakan platform pembelajaran online, retail dan e commerce mendukung dalam bentuk:

  • Menyediakan paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun
  • Donasi paket beasiswa pendidikan online
  • Renovasi infrastruktur sarana pendidikan
  • Fasilitas mendukung PJJ (Pembelajaran jarak jauh)

Duh, dengan semua orang terlibat semoga masalah belum tercapai pemenuhan nutrisi dan pendidikan ini dapat diatasi, agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh kembang maksimal.

cara-dukung-gerakan-ayotunjuktangan

Cara Ikut Mendukung

Teman-teman #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda untuk Majukan Indonesia dengan cara kunjungi website generasi maju pilih dan klik dukungan bunda lalu isi data diri untuk wujudkan dukungan bunda. Kemudian, bunda akan mendapatkan pesan konfirmasi.

Selamat berdonasi, berapapun yang kita donasikan akan berguna untuk kita sendiri, karena ketika kita memberi kita jauh merasa bahagia, harta menjadi berkah dan mendapat pahala.

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Keren ya program tunjuk tangan ini. Bisa mengajak bunda2 untuk berdonasi demi kebaikan bersama. Miris banget denger cerita di atas saat motong tempe bentuk ikan, ternyata memang anaknya pengen ikan tp adanya cm tempe :(

    BalasHapus
  2. Ya ampuuuun aku juga ngefans banget sama aa Eza dan Icha hihi sekarang emang anak Indonesia harus berani dan percaya diri ya

    BalasHapus
  3. SGM Eksplor ini bagus juga ya kandungan nutrisinya. Produk dalam negeri dan harganya juga cukup terjangkau. Dulu anakku juga cocok minum sufor dari SGM.

    BalasHapus
  4. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ya, Mbak. Makin banyak aja anak-anak yang kekurangan, entah karena orang tuanya kena PHK atau malah tiba-tiba jadi yatim piatu tanpa disangka. Program sosial Ayo Tunjuk Tangan dari SGM semoga bisa meringankan beban anak-anak Indonesia, ya. Salut!

    BalasHapus
  5. Wah keren ya Programnya.

    Demi Anak Indonesia aku pun Tunjuk Tangan hehe. Semoga anak² Indonesia semakin berkembang, khususnya pada gizi mereka, di daerah² tertentu khususnya pedalaman masih banyak anak yg kekurangan gizi.

    Kebetulan aku pernah gabung di Unicef dalam program "Anak Pandai Literasi" di Papua, Alhamdullilah pendidikan terbantu dan banyak kemajuan tapi sayang program nggak di perpanjang.

    BalasHapus
  6. SGM ini inovatif banget ya mba dalam mengajak orang tua salah satunya gerakan ayo tunjuk tangan. Program SGM selalu membantu masyarakat banyak

    BalasHapus

Posting Komentar