Laporkan Penyalahgunaan

Pengertian Sekolah, Tujuan dan Fungsi

 

sekolah-adalah

Sekolah adalah tempat yang sangat dirindukan peserta didik sekarang ini. Dimana pandemi sudah memindahkan sekolah ke rumah. Hampir berjalan dua tahun. Sebenarnya apakah fungsinya berjalan sesuai yang diharapkan? Lalu, apakah pengertian sekolah sebenarnya?

Pengertian Sekolah

Menurut KBBI sekolah berarti bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran menurut tingkatannya. Dalam kata lain, sekolah adalah sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jenjang pendidikan formal yang terbagi dalam dua bentuk yaitu sekolah negeri yang dikelola pemerintah dan sekolah swasta yang dikelola pihak swasta.

Sekolah memiliki tujuan sebagaimana tertera dalam tujuan Pendidikan Nasional. Tertuang dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Secara garis besar tujuan sekolah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru mendidik para siswa agar cerdas, ada perubahan prilaku dan pola pikir kearah yang lebih baik.

Tujuan sekolah tercapai atau tidak tergantung kepada proses belajar dan mengajar. Yang disokong oleh fasilitas yang memadai, kompetensi guru dan kerja sama dengan orang tua.

Fungsi Sekolah

Unicef (2020) mencatat fakta 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses terhadap nutrisi dan pendidikan. 9 dari 10 anak, ini angka sangat banyak sekali. Catatan itu bukan isapan jempol belaka. Perhatikan di lingkungan sekitar, masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan akses pendidikan melalui sekolah.

Padahal fungsi sekolah sangat penting, mencerdaskan kehidupan bangsa. Dilansir dari sehatq.com, berikut ini adalah fungsi sekolah untuk anak-anak Indonesia:

Membuka Pikiran

Pola pikir anak yang mengenyam bangku sekolah dan tidak tentu sangat berbeda. Orientasinya juga berbeda. Memahami arti sukses juga berbeda.

Di sekolah dipelajari beragam ilmu pengetahuan yang membuka kaca mata dunia. Agar memperkaya cara pandang dan membuka pikiran. Hasil akhir diharapkan anak mandiri dan mantap secara social dan spiritual.

Mengasah Kemampuan Hidup Bersosial

Di sekolah, anak-anak belajar bersosialisasi satu sama lain. Belajar memahami, menghormati dengan teman-teman yang berbeda karakter, latar belakang budaya, hingga berbeda status sosial.

Di sini akan tumbuh siswa siswi yang cerdas dan berkarakter.  Semoga pandemic segera pergi dari bumi ini sehigga anak-anak dapat bercengkrama dengan teman-teman di sekolah.

Menyalurkan Kemampuan

Setiap anak punya kelebihan masing-masing. Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang butuh latihan lebih banyak lagi. Jika temannya mampu mengerjakan hanya sekali baca, barangkali dia perlu dua atau tiga kali.

Di sekolahlah tempat menyalurkan kemampuan anak. Ada anak yang menonjol kemampuannya di aktivitas fisik dan olahraga. Ada anak yang lebih dominan pada kemampuan seni, berhitung, atau literasi.

Mengembangkan Potensi Anak

Setiap sekolah memiliki kurikulum sesuai dengan misi dan visi sekolah itu sendiri. Kurikulum 2013 diadopsi dan disesuaikan di sekolah masing-masing sesuai potensi daerah dan potensi anak.

Orang tua hendaknya mengetahui potensi anak yang akan dikembangkan. Agar dapat memilih sekolah yang beorientasi pada pengembangan minat dan bakat. Apapun potensi anak yang terpenting anak cakap mandiri dan cerdas secara social dan spiritual.

Kesimpulan

Nah, itulah pengertian, tujuan dan fungsi sekolah. Semoga pandemi segera pergi. Anak-anak dapat mengecap bangku sekolah sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Yang itu, berkurang kadarnya ketika sekolah dari rumah saja.

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar