Laporkan Penyalahgunaan

7 Tips Bersih-bersih Rumah Anti Ribet Bagi Ibu yang Sibuk

3 komentar

 

7-tips-bersih-bersih-rumah-anti-ribet-bagi-ibu-yang-sibuk

Mendambakan rumah yang selalu bersih dan rapi? Moms tidak sendirian. Semua orang menginginkannya. Namun, terkadang seorang ibu harus dihadapkan pada kenyataan, merasa tidak bisa berbuat banyak dengan waktu 24 jam sehari.

Bekerja, mengurus anak, memasak, menyetrika, belum kegiatan lainnya. Jiwa seoraang ibupun meronta, tak kala melihat rumahnya berantakan dan kotor. Ada rasa bersalah. Rasa malu. Merasa tak becus mengatur rumah. Tertekan, ide pun terbang entah kemana. Al hasil kurang produktif.

Sebenarnya, hal yang merasa beban ini sangat mudah diatasi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti terus memikirkannya. Berbaik sangka saja pada diri sendiri bahwa aku sudah melakukan yang terbaik untuk mengurus rumah. Setidaknya akan membuat pikiran tenang, dan pekerjaan rumahpun termasuk beres-beres akan selesai dengan sendirinya. “lho, kok bisa?”

Simak yuk, tips bersih-bersih rumah anti ribet berikut ini:

Disiplin, Tidak Meletakkan Barang Di Sembarang Tempat

Kebiasaan meletakkan barang pada tempatnya setelah memakainya akan menghemat waktu ibu untuk bersih-bersih. Sebaliknya meletakkan barang di sembarang tempat akan menyita waktu ibu untuk membereskannya.

Berusahalah disiplin, dan edukasi seisi rumah untuk bertanggung jawab setelah memakai sesuatu. Merapikan lalu letakkan kembali. Begitu juga anak-anak, setelah bermain biasakan anak anak tahu bahwa membereskan bukan tugas ibu melainkan tugas mereka.

Tidak gampang, bisa ditanamkan sedini mungkin dengan mengajaknya bercerita, membaca buku cerita tentang merapikan mainan. Agar nilai-nilai tersebut tertanam sedini mungkin.

meletakkan-barang-pada-tempatnya

Membersihkan Langsung Setelah Menggunakannya

Rutinitas membersihkan langsung setelah menggunakannya dapat membantu ibu bersih-bersih rumah dalam waktu singkat. Misalnya mengelap kompor setelah menggunakannya, mengelap westafel, merapikan meja kerja setelah memakainya, menggosok kloset dan merapikan tempat tidur langsung setelah bangun.

Kegiatan membersihkan langsung setelah menggunakanya ini membutuhkan waktu berkisar antara 5 sd 10 menit. Lebih hemat waktu dibandingkan menumpuk-numpuk pekerjaan. Tindakan ringan dan terus menerus ini akan berpengaruh besar terhadap kebersihan rumah. Ketimbang ibu kerja borongan bukan?

Ajak Seluruh Anggota Keluarga Menjaga Kebersihan

Bila ingin rumah senantiasa bersih dan rapi. Maka ajaklah seluruh anggota keluarga menjaga kebersihan. Ada kebiasaan baik yang patut ditiru, dimana semua anggota rumah akan mencuci piringnya sendiri setelah menggunakan.

Hal ini tentu menguntungkan ibu, karena tidak perlu menumpuk cucian piring dan sisa makanan yang mengundang kecoa dan serangga kecil.

Mulai Sekarang, Tidak Menunggu Nanti

Kebiasaan rebahan sebentar ah … ternyata menyulitkan ibu sendiri sebab bisa jadi rebahan seharian. Memasak! Nanti dulu. Menyapu, bentaran.

Sebaiknya mulailah sekarang, tidak menunggu nanti. Sebab, terkadang badan dan pikiran akan merespon negative dan sulit untuk memulai pekerjaan. Betapa nikmat, rebahan setelah semuanya selesai ‘kan, Moms!

Tidak Menumpuk Barang Yang Tidak Perlu

Barang yang sengaja ditumpuk terlalu lama akan menimbulkan kesan sumpek, pengap dan bau. Disukai kecoa dan cicak serta serangga kecil. Mulailah untuk memilah barang yang benar-benar terpakai, dan sumbangkan barang yang masih layak, namun tidak digunakan lagi.

Sediakan lemari penyimpanan jika memungkinkan. Ini akan menimbulkan kesan rapi dan bersih.

Gunakan Alat Kebersihan Yang Mudah

Sekarang ini ada banyak alat kebersihan yang mudah dan praktis digunakan untuk membantu ibu. Memiliki alat tersebut selain memudahkan juga membuat ibu bersemangat. Lengapailah alat kebersihan tersebut, dari sapu, kain pel, sikat hingga cairan pembersih. Jika bisa yang mudah kenapa meski yang ribet.

Menggunakan Jasa Kebersihan

Wow, tips diatas sangat praktis dan mudah dilakukan. Namun, tetap saja terkadang ada celah. Misalnya ada salah satu keluarga yang sakit, atau malah ibu yang sakit. Maka keseimbangan rumah akan terganggu.

Jika telah begitu, gunakan jasa kebersihan. Ini akan sangat membantu agar rumah tetap bersih. Apakah moms punya pandangan jasa kebersihan? Bisa menggunakan layanan jasa kebersihan rumah, apartement, kos dan perlengkapan pribadi sembilankita.com dengan harga mulai 55.000 saja.

Banyak orang yang menggunakan jasa kebersihan ini setelah di rumahnya ada acara besar. Recommended juga bersih-bersih anti ribet setelah acara di kantor ya mom!

jasa-kebersihan-sembilan-kita

 

 

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Yang penting harus disiplin ya mbak, apalagi kalau dikerjakan sendiri tanpa ART, harus bisa mengatur jadwal supaya semua pekerjaan bisa selesai tapi juga tetap punya waktu untuk me time

    BalasHapus
  2. betul. akdanag kita suak nanti2 saja akhirnya menumpuk. kalau menumpuk malah bikin capai

    BalasHapus
  3. Tipsnya bener bangetttt. Kadang kebiasaan mau bersihinnya itu nunggu nanti. Yg ada keburu makin kacau dan kotor. Kayak bersihin kompor, ya lgs di lap habis pakai, sebelum minyak2nya malah JD noda.

    BalasHapus

Posting Komentar