Laporkan Penyalahgunaan

Tips Menjadi Perempuan yang Selalu Percaya Diri

5 komentar

 

tips-menjadi-perempuan-yang-selalu-percaya-diri

Pernahkah merasa kurang percaya diri? Merasa diri banyak kekurangan. Ketika hendak tampil, badan gemetar, keringat dingin mulai muncul. Seolah-olah semua orang memperhatikan, lalu secara bersamaan mengernyitkan salah satu bagian bibir?

Menurut para ahli rasa kurang percaya diri bisa diakibatkan trauma masa lampau, atau pengalaman serta pola asuh orang tua di masa kecil.

Apapun menyebabnya, cukup mengetahuinya saja. Tanpa harus mencerca dan menghakimi yang telah terjadi. Yang terpenting kita tahu bagaimana memulainya. Untuk memperbaiki diri, dan berlatih agar menjadi perempuan yang selalu percaya diri.

Sebab ketidakpercayadirian akan memasung dalam penyakit mental. Akan membatasi dari kesempatan-kesempatan. Akan membunuh potensi-potensi yang ada dalam diri. Jadi yuk, lakukan 7 hal ini agar menjadi perempuan yang selalu percaya diri:

Berbaik Sangka pada Allah

Kalaupun ada trauma di masa lampau, itu terjadi atas se-ijin Allah. Hendaknya, selalu berbaik sangka kepada Allah. Bismillah, apapun yang terjadi dan akan terjadi atas seijin-Nya. Kalau sudah begini, kita akan dapat menatap kedepan lebih optimis dan percaya diri.

Aku Bisa

Percaya diri akan muncul ketika kita bisa terhadap sesuatu. Kita menguasainya namun kadang kita terjebak pada pikiran sendiri. “Aku tidak bisa …!” “Siapalah aku, apa bisa melakukannya?”

Nah, di saat seperti ini, pikiran kita akan mempengaruhi. Dan jadilah kita benar-benar tidak bisa. Padahal, yang kita pikirkan hanyalah berupa ketakutan-ketakutan yang belum pasti kebenarannya. Kalau lah kita lebih berani sedikit, percaya diri kesempatan yang ada tidak diambil orang lain.

Jadi, mulailah ubah pola pikir. Aku bisa, insya allah aku bisa melakukannya. Agar rasa ragu ketika akan memulai sesuatu bisa pergi.

aku-bisa-melakukannya

Explore Kelebihan

Setiap orang punya kelebihan masing-masing yang tidak dimiliki orang lain. Explore kelebihan diri, lakukan yang menurutmu menarik dan menyenangkan. Siapa tahu itu adalah kelebihan special yang membuatmu makin percaya diri.

Fokuslah pada lingkungan yang menerimamu. Misalnya kamu punya potensi di dunia tulis menulis. Fokuslah di sana! Kamu akan terlihat percaya diri dan makin berkilau.

Berhenti Membandingan Diri dengan Orang Lain

Melihat kesuksesan orang lain, sesama teman yang dulunya sama-sama membuat hati sakit. Membuat rasa syukur berkurang. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Sebab, hidup diberikan sesuai porsinya. Ini hanya mengenai perasaan. Sawang sinawang kata orang. Bisa jadi orang lain yang melihatmu juga mengharapkan posisimu. Ini hanya soal perasaan, jadi berhenti membandingkan!

Perlu Banyak Latihan

Percaya diri tidak diperoleh dengan instan, butuh banyak latihan. Perlahan. Apalagi untuk kasus kurang percaya diri akibat pola asuh orang tua yang salah. Yang sudah dibangun dari lama. Yang sudah meracuni mental. Tapi percayalah, dari perubahan kecil itu percaya diri akan terbangun, berkembang dan membuat kamu melangkah lebih maju.

Berteman dengan Teman yang Mendukung

Berteman dengan teman yang mendukung, bukan berarti kita pilih-pilih teman. Namun, teman yang support akan segera membantumu untuk lebih percaya diri. Bayangkan, bagaimana percaya diri kamu akan terbangun, jika tetap bersama orang yang tiap waktu membuat mentalmu down. Mengkoreksi penampilanmu, menyepelekan kemampuanmu, mengkritik pedas pekerjaanmu. Jadi, pilihlah teman yang menghargai dan membuat kamu lebih baik lagi.

Konseling

Hal terakhir yang dapat dilakukan agar menjadi perempuan yang selalu percaya diri adalah konseling. Dengan konseling kita lebih bisa tahu akar masalah kenapa kita kurang percaya diri. Alternatif solusi juga akan diberikan konselor. Dan dapat mengukur perkembangan rasa percaya diri yang sudah dilatih.

Sayangnya pandemi dan juga daerah tertentu sukar menemukan konselor yang tepat. Riliv hadir membantu konseling sekaligus menjaga kesehatan mental. Aplikasi konseling online ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri serta membantu mengatasi masalah mental lainnya.

riliv-aplikasi-meditasi-dan-konseling-online

Riliv sudah membantu banyak orang sejak tahun berdirinya 2015. Membantu sekali sih, apalagi zaman sekarang susah mencari orang yang tepat diajak bicara. Bicara di media sosialpun menjadi jejak digital yang kurang baik. Dari pada menimbulkan masalah baru dalam mengatasi masalah lebih baik curhat dengan ahlinya ya. Seorang psikolog.

Kamu bisa instal aplikasi Riliv https://riliv.co/ lalu mulailah konseling. Terus semangat untuk menemukan cara yang paling tepat dan menyenangkan dalam meningkatkan rasa percaya dirimu ya! Sukses selalu dalam menemukan potensi dan meraih kesempatan yang lebih luas.

 

 

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

5 komentar

  1. Aku adalah seorang yang sering punya masalah dengan kepercayaan diri. Apalagi kalau harus bicara di depan umum.

    Dan memang benar sih, teman yang selalu mendukung kita bikin rasa percaya diri kita meningkat tajam.

    BalasHapus
  2. Bener juga sih, kalau terus terusan nggak percaya diri ya nggak berkembang. Tips menggali potensi diri memang manjur banget untuk naikin percaya diri karna kita sendiri akan tau di mana nilai kita, hehe

    BalasHapus
  3. Keren deh ada Riliv ini ya,, sahabat wanita banget ini,, setuju tuh kl kita harus mengeksplor kelebihan diri ya agar lebih percaya diri

    BalasHapus
  4. Bener nih, kita harus saling menguatkan jika punya teman. Riliv ini bener bener bisa membantu utk meditasi ya mba

    BalasHapus
  5. Perempuan yang bersinar selalu percaya kepada dirinya sendiri, bahkan ketika orang lain tidak percaya. Hehehe. Perempuan memang makhluk yang gampang insecure. Saya pun pernah ada di tahap itu. Alhamdulillah sekarang sudah berhasil melaluinya. Asik ya sekarang bisa cari teman sekaligus profesional yang bisa mendengarkan segala keluhan dan uneg-uneg kita di Riliv ini.

    BalasHapus

Posting Komentar