Laporkan Penyalahgunaan

Bongkar Rahasia Banjir Job untuk Blogger Bersama Shopee

23 komentar

 

bongkar-rahasia-banjir-job

Aku tidak tahu apakah artikel yang  kutulis bagus atau menarik? Namun, sejak pandemi covid 19 menulis menjadi hobi baru selama di rumah saja yang mendatangkan cuan. Di sini aku akan bongkar rahasia banjir job bersama Shopee berdasarkan pengalaman pribadi. Kenapa bersama Shopee? Jujur. Shopee support segala sesuatunya.

Perkenalkan aku Linda Puspita. Seorang guru honorer dengan pasangan honorer pula. Pandemi membuat kami takut secara finansial. Wajar saja, tidak krisis pandemi, secara keuangan, kami harus serba hemat agar gaji bisa digunakan sampai akhir bulan.

Datang pandemi nyaris gaji terombang ambing. Belajar daring mendatangkan dilema. Bagaimana memungut SPP anak? Kalaupun diwajibkan tetap saja yang membayar hanya beberapa. Wali muridpun tidak dapat disalahkan, Sektor perekonomian sedang lambat sekali berputar.

#NgeBlogDariRumah

Menulis adalah hobiku sejak lama, hanya saja belum konsisten. Ketika banyak waktu di rumah, aku mulai terjadwal menulis. Menjadi content writer. Menulis di website atau platform tertentu. Meski hasilnya tidak begitu besar namun lumayan menutupi dompet yang mengangga.

Kemudian seorang teman menyarankan untuk membuat blog pribadi. Akhirnya, #NgeBlogdariRumah memberi pengalaman sendiri bagiku. Siapa sangka yang hanya hobi menulis ternyata bisa mengantarkan kami cukup secara finasial. Bahkan nominalnya 3 kali dari gaji sebagai honorer. Alhamdulillah. Berikut aku bongkar rahasia banjir job blogger bersama Shopee.

8-rahasia-banjir-job-untuk-blogger-bersama-shopee

Totalitas Membuat Konten yang Menarik

Seperti blogger pemula, awalnya blogku belum menghasilkan. Namun demikian tetap totalitas membuat konten yang menarik dan bermanfaat. Dengan cara, membuat postingan agar siapa saja yang membaca mendapat sesuatu. Kedua, memberikan trust kepada vendor perusahaan atau pemberi iklan untuk menjalin kerja sama.

Menurutku konten yang menarik itu ada informasi yang didapat namun dikemas dengan bahasa yang apik. Diberi ilustrasi yang baik agar pembaca betah menetap di blog.

Bangun Media Sosial yang Positif

Beberapa platform bisa mengambil data dari media sosial para blogger. Apakah isi postingannya positif, negatif atau netral? Jejak digital terekam dan sulit untuk dihapus. Jika ingin terjun ke dunia blogger, bangun media sosial yang positif. Berhenti posting keluhan pribadi, share informasi yang belum jelas dan meninggalkan komentar kurang baik di postingan orang lain.

Sayang bukan, jika vendor menarik niatnya untuk menitipkan produk di blog gara-gara jejak digital tersebut.

Belajar SEO Blog

Bagi blogger belajar Search Engine Optimization atau SEO itu wajib, agar profit blogger menjadi baik. Traffik kunjungan blog tinggi. DA dan PA sesuai yang diminati para pemakai jasa blog. Pastinya yang memiliki nilai diatas rata-rata memiliki peluang banjir job.

Share Blog ke Media Sosial

Share blog ke media sosial menjadi sumber lalu lintas agar traffic blog tinggi. Pembaca jadi tahu kalau kamu memiliki postingan baru. Kemudian artikel juga menjadi mudah terindex di GSC. Jangan lupa share sebanyak-banyaknya di medsos, siapa tahu vendor sedang mencari blogger yang tepat dan tertarik di blog tersebut.

Menurut pengalamanku share di IGS dengan swipe up juga mudah mengundang traffic. Klien juga jadi tahu kalau kita produktif dalam menulis. Sering kali job blogger datang lewat direct massage dari Instagram.

Bergabung dan Aktif di Komunitas Blogger

Caraku selanjutnya agar banjir job adalah bergabung di banyak komunitas blogger. Aktif di dalamnya. Diusahakan mengikuti semua kegiatan. Agar teman blogger lainnya mengenalmu. Lebih baik lagi jika ketua komunitas mengenal, ini akan memudahkan jalan jika ada job, kamu duluan yang akan diinvited.

Menjaga Kepercayaan Klien

Menjaga kepercayaan klien sangat penting. Hal ini akan membuat kamu banjir job. Biasanya klien akan memberikan job selanjutnya jika puas dengan hasil kerjamu.

Usahakan sebelum menulis artikel baca baik-baik briefnya sesuai yang diminta klien. Jangan sampai salah brief. Ini akan memuat klien kerja dua kali mengecek postingan. Kesal dong ....

Kemudian kerjakan job sesuai deadline yang disepakati. Jangan lupa respon dengan bahasa Whatapps yang hangat, simpan nomor WA-nya, panggil namanya agar terasa lebih dekat. Misalnya “Hai kak Reva, terimakasih payment untuk campaign … sudah saya terima. Terimakasih atas kerja samanya. Semoga lain waktu dapat kerja sama kembali. Sukses untuk kak Reva.” Yakin ‘kan dengan respon seperti ini, kalau ada job nama kamu diprioritaskan untuk dihubungi.

Jangan Mudah Baper

Jangan mudah baper demi cuan. Hahaha. Gak ding! Jangan mudah baper, kamu akan terlihat lebih elegan. Kalaupun ada permasalahan antara blogger, antara pemberi job selesaikanlah secara cantik. Jangan tiba-tiba baper dan left group job. Itu akan ditandai oleh semua peserta campaign dan juga agency. Sayang ‘kan kalau ada job lagi kamu gak ikutan.

Jadi blogger yang “Gercep”

Gercep atau gerak cepat wajib dimiliki blogger. Jika tidak jangankan banjir job, job satu, dua yang akan kamu ikuti dengan segera berpindah tangan. Gercep disini meliputi rajin buka email, cepat respon WA.

Kesal bukan? Jika sudah mendapat undangan job namun ketika klik join ternyata sudah direvoke akibat terlambat buka email atau Whatapps. Begitu juga jika ada form campaign jangan ditunda untuk mengisi, jika tidak ingin nasibnya sama.

Maka diperlu dukungan agar semuanya sesuai dengan harapan. Shopee menjadi saksi bahwa job perlu orang yang “gercep” dan perlu e commerce yang gercep pula.

ecommerce-paling-gercep

Shopee Sebagai E Commerce Paling “Gercep”

Menurutku jasa kirim yang mendukung Shopee merupakan jasa kirim yang gercep. Hari Minggupun sepertinya tidak ada libur. Sebab, waktu itu aku ada campaign salah satu mi Instan. Diantar pada hari Minggu. Aku tersenyum bagaimana Shopee bisa sedahsyat ini. Belanja mi instan 5 buah seharga 14.700 untuk keperluan job. Diantar! Freeongkir pula. Betapa baiknya ...

Apa Saja Yang Dilakukan Shopee Untuk Suport Blogger Banjir Job?

  • Shopee menyediakan properti yang dibutuhkan blogger. Seperti pernak pernik foto untuk mendukung pemotretan. Background foto,  Aku sendiri membeli alas foto agar nampak lebih professional. 
  • Tas ransel. Jika berada di luar aku selalu membawa tas ransel tempat laptop. Dengan harga 98.000, aku punya tas ransel keren.  Sehingga memudahkan aku beraktifitas diluar rumah.
  • Tripod Mini. Tripod Mini adalah senjataku untuk mengambil foto yang ciamik. Aku gunakan juga sebagai menyangga ponsel ketika melakukan webinar atau g-meet suatu campaign. Ini kubeli di Shopee dengan harga 32.000 dengan gratis ongkir. Alhamdulillah, masih awet sampai sekarang.

Dengan properti yang tersedia di Shopee, pekerjaan blogger jadi lancar, jadi lebih baik. Apalagi dengan harga murah dan gratis ongkir sangat membantu sekali di masa pandemi ini. Meskipun murah namun sangat bermanfaat.

Kenapa Memilih Shopee?

Jujur! Aku suka memakai aplikasi pembelian online Shopee karena e commerce ini banyak gratis ongkirnya, sering promo, banyak diskon, ada system COD-nya dan juga aku bisa mengecek perjalanan pesananku di aplikasi ini.

Jika buru-buru ada deadline dengan menggunakan produk yang kubeli dari Shopee, tidak perlu khawatir karena sang kurir langsung mengantarkan di hari sama saat pesanan tiba.

Kesimpulan

Nah, itulah 8 rahasia banjir job blogger yang sudah kubongkar. Semoga bermanfaat dan kita bisa grow up bersama di dunia blogging. Percayalah, jika apa yang kita tulis bermanfaat, itu juga yang kembali kepada diri kita.

Kamu tidak akan percaya kalau Shopee itu baik kepada blogger, jika belum pernah belanja di sana. Jangan lupa list terlebih dahulu barang yang akan dibeli, agar tidak kalap belanja, karena banyak diskon dan bebas ongkos kirim pula.

Terakhir, ikuti “Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah” Semoga menjadi langkah awal banjir job ya!

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

23 komentar

mualiffaturrahmah.com mengatakan…
Masyaallah 😍 bermanfaat banget ..jadi pengen juga ah jadi seorang blogger hihihi
Bayu Fitri mengatakan…
Wah auto nyontek ya mbak tips banjir blognya ...semoga ketularan cuannya
Blogger Surabaya mengatakan…
Shopee ini menawarkan banyak promo udah gitu barang yg dijual juga banyak macamnya. Kalau blogger seperti saya jadi mudah membeli perlengkapan fotografi untuk ngeblog
Aisyah Dian mengatakan…
Shopee nih keren banget ya mbak, Aku juga suka nih beli pernak-pernik kebutuhan blogger di shopee
Mporatne mengatakan…
Blogger banjir job merupakan cara dapatin cuan di masa pandemi dengan kemampuan kita dan proses belajar
Aminnatul Widyana mengatakan…
Yup, benar... Dengan menulis di blog, kita juga bisa dapat penghasilan tambahan kok. Bahkan ada pula yg sampai menjadikan ngeblog sebagai job utamanya. Karena memang bisa menghasilkan pundi2 rupiah hingga dolar dr blog.
sumiyati sapriasih mengatakan…
saat ini ngeblog memang bisa dijadikan bahan pundi pundi uang, sudah banyak yang berhasil menciptakan bahan ngeblog itu ladang perhasilan, terus gali ya tulisan-nya
Indri mengatakan…
Suka banget baca artikel ini karena ada beberapa persamaan kita dalam memenuhi kebutuhan bikin konten yaitu belanja di Shopee hihihi
Linda Puspita mengatakan…
Ayo dimulai kak. Semoga sukses ya
Linda Puspita mengatakan…
Hihihi. Amiin
Linda Puspita mengatakan…
Wah sehati kita ya kak, suka beli perlengkapan di Shopee
Linda Puspita mengatakan…
Betul, banyak barang yang bermanfaat ya kak
Linda Puspita mengatakan…
Alhamdulillah ya kak, krisis pandemi dapat terbantu dengan ngeblog
Linda Puspita mengatakan…
Noted kak, bisa juga menghasilkan dolar ya, ntar dicoba
Linda Puspita mengatakan…
Siap kak, masih terus belajar nih
Linda Puspita mengatakan…
Hahahah. murah dan suka gratis ongkirnya ya kak.
Ainun mengatakan…
Aku anak shopee. Bener yang dibilang Mbak Lindam, semua kebutuhan blogger ada disana. Kalau mau nyari bahan properti foto tinggal buka shopee dan banyak pilihan
Linda Puspita mengatakan…
hahaha. scroll pernak pernik aja jadi pengen beli semua ya mbak
Dee_Arif mengatakan…
iya mbak, shoprr memang membantu blogger biar dapat job ya
klo aq lebih sering belanja properti foto di Shopee
Antung apriana mengatakan…
shopee memang mantap ya. aku juga kalau belanja online sukanya di shopee mbak
Fenni Bungsu mengatakan…
Shopee memang menyenangkan, bisa menginspirasi dari rumah, apalagi aplikasinya lengkap dengan games
Belgie mengatakan…
Wih asyik ya hobi bisa jadi cuan, btw Shopee emang favorit e-commerce aku 🧡
lendyagasshi mengatakan…
Jadi blogger yang cepat tanggap yaa..
Ini pelajaran banget sih yaa...mental-mental tangguh dari seorang blogger, gak gampang baper. Hehehe...kok jadi curhat.

Akutu kalau sedang suntuk, auto buka Shopee.
Biasa paling suka cari dan membandingkan buku terjemahan Korea yang aku butuhin, buku-buku self healing, self improvement.

Rasanya senang...sekali.