Laporkan Penyalahgunaan

Cara Praktis Menyajikan Camilan Tempe Kriuk di Rumah

Posting Komentar

cara-praktis-menyajikan-camilan-tempe-kriuk



Weekend adalah waktu berkumpul dengan keluarga. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan jadi quality time. Bertambah seru jika ada camilan di rumah. Namun, bertambah dong kerja bunda untuk membuat camilan.

Tidak harus berat dan membutuhkan waktu lama di dapur ya bunda. Estimasi hanya perlu waktu 20 menit untuk menyajikan camilan kesukaan. Kali ini, aku buat camilan berbahan tempe. Berikut ini aku share cara praktis menyajikan camilan tempe kriuk:

Pilihlah Tempe dengan Kualitas Baik

Tempe dengan kualitas baik biasanya berwarna putih. Terlihat jamur tempe yang berwarna  putih bersih. Ini dapat dilihat ketika membeli tempe yang dibungkus plastik. Pilihlah tempe dengan Kedelai utuh, padat dan tanpa kulit. Rasanya akan lebih gurih.

Sebaliknya jangan memilih tempe yang sudah berbau, terasa basah warnanya juga terlihat berubah kecoklatan. Rasanya pahit dan kurang gurih.

Iris Tempe Tipis

Rahasia tempe kriuk ada di cara mengirisnya. Usahakan iris tempe tipis. Namun jangan terlalu tipis, sehingga tempe patah jika dicelupkan ke adonan tepung.

Gunakan Kobe Tepung Bumbu Kriuk

Untuk menyajikan camilan tempe kriuk di rumah, cobalah gunakan tepung bumbu tempe kriuk. Takaran tepung dan bumbu rempah tradisonal sudah pas. Bunda tidak perlu repot menakar dan mengulek bumbu. Cukup tambahkan air. Adonan tempe telah jadi.

Ketika membuka kemasan Kobe tepung bumbu, aroma rempahnya tercium wangi. Bumbu tempe goreng khas ketumbarnya sangat terasa. 

resep-tempe-kriuk-kobe

Bunda, tinggal menambahkan daun bawang yang sudah dipotong. Berikut ini resep lengkapnya:

Bahan-bahan

1 papan tempe tanpa kulit kemasan plastic

Air secukupnya

1 bungkus Kobe Tepung Tempe kriuk ukuran 70 gr

2 batang daun bawang

Cara Membuat Tempe Kriuk Kobe

Pertama, Iris tipis 1 papan tempe. Kemudian siapkan adonan dari 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan menambahkan air sekitar 125ml dan potongan daun bawang. Aduk hingga rata. Lalu, celupkan tempe ke dalam adonan hingga tertutup rata. Goreng kedalam minyak yang sudah dipanaskan. Tunggu hingga warna kuning kecoklatan. Lalu tiriskan. Jadi deh Tempe kriuk Kobe siap disajikan.

Mengenal Kobe Tepung Bumbu Lebih Dekat

Apakah bunda sudah mengenal Kobe tepung bumbu? Pepatah lama mengatakan tak kenal maka tak sayang. Tak kenal maka tak menggunakan ya bun. Jadi gini, yang aku tahu Kobe ini tepung bumbu pertama yang telah ada, sebelum ada tepung bumbu lainnya. Jadi ini perintis pertama tepung bumbu di Indonesia.

Berasal dari industri rumahan di Semarang sejak tahun 1979. Bernama KOBE singkatan dari kata orang banyak enak. Akhirnya, Kobe punya tagline Ahlinya Tepung Bumbu! Dilansir dari laman Dapur Kobe, untuk produk tepung bumbu, memiliki 6 varian, diantaranya:

Kobe Tepung Tempe Kriuk

Formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih & renyah.

Kobe Tepung Kentucky Super Crispy

Formulasi untuk ayam kentucky super crispy tahan hingga 8 jam.

Kobe Tepung Bumbu Putih

Formulasi untuk membuat gorengan renyah bertekstur Kristal.

Kobe Tepung Serbaguna

Formulasi untuk membuat aneka gorengan renyah berempah.

Kobe Tepung Bakwan & Perkedel

Formulasi untuk membuat bakwan & perkedel lembut di dalam dan renyah di luar.

Kobe Tepung Pisang Goreng

Formulasi untuk membuat pisang goreng dan aneka kue.

Nah, itulah varian tepung bumbu yang praktis untuk menyajikan varian camilan untuk keluarga di rumah.

Keunggulan Kobe Tempe Kriuk

Kembali lagi ke Kobe tempe kriuk. Menurut pengalamanku menggunakan tepung bumbu Kobe untuk olahan tempe. Aku mencatat beberapa keunggulan Kobe tempe kriuk.

Takaran bumbu pas

Sesuai klaimnya, ternyata tepung bumbu Kobe benar-benar diracik dengan takaran bumbu yang pas. Pas rasa asinnya, rasa gurih dan  renyahnya.

Tektur renyahnya tahan lama

Biasanya jika menggoreng tempe, selagi hangat tempe masih renyah namun dibiarkan sebentar saja rasa renyahnya hilang. Berbeda dengan menggunakan Kobe tepung bumbu. Tekstur renyahnya tahan lama.

Mengandung Ketumbar asli

Seperti yang kuceritakan diawal, ketika membuka kemasan, harum ketumbar langsung tercium. Butiran ketumbar yang telah dihaluskan juga terlihat. Jadi bunda, gurih dan lezat camilan tempe ini berasal dari ketumbar asli.

Aman dikonsumsi

Selain keunggulan tersebut. Kobe tepung bumbu aman dikonsumsi sebab sudah diproses menggunakan teknologi modern, tanpa bahan pengawet serta tanpa pewarna buatan. Jadi, bisa konsumsi camilan lezat dan praktis setiap hari.

Kesimpulan

Nah, itulah cara praktis menyajikan camilan tempe kriuk di rumah. Ada banyak cara praktis dan enak lainnya yang dapat bunda intip resepnya di Dapur Kobe. Tidak hanya varian tepung bumbu ya, Bun! Namun ada varian produk lainnya yang pastinya enak-enak dan praktis. Selamat mencoba!

dapur-kobe

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan influencer Jambi yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar