Laporkan Penyalahgunaan

5 Oleh-oleh Nusa Tenggara Barat yang Khas dan Nikmat

Posting Komentar

 

5 Oleh-oleh Nusa Tenggara Barat yang Khas dan Nikmat
Sumber gambar: jejakpiknik.com

Travelling sambil mempelajari sejarah Mandalika merupakan salah satu kegiatan liburan yang menyenangkan. Karena tak hanya bermain dan bersenang-senang di pantainya saja, tetapi juga mendapat edukasi yang banyak mengenai tempat cantik ini.

Oh iya, bagi Anda yang belum tahu, Mandalika terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tempat ini memiliki banyak pantai indah dengan dilatari perbukitan yang asri. Pemandangan tersebut rasanya ingin dimasukan ke dalam memori sebagai oleh-oleh ketika pulang nanti.

Selain memori mengenai pemandangan yang menakjubkan, Nusa Tenggara Barat juga memiliki oleh-oleh fisik yang bisa dinikmati banyak orang. Simak ulasannya di bawah berikut.

Tuak manis

Lombok terkenal dengan Pulau Seribu Masjid, namun mengapa ada oleh-oleh berupa tuak manis? Bukankah tuak itu memabukkan? Khusus tuak manis dari Lombok ini tidak mengandung alkohol, kok. Bahkan sering dijadikan sebagai takjil ketika bulan Ramadan. Tuak ini terbuat dari nira atau bahasa Lomboknya buah beluluk. Jika Anda ingin membawa tuak manis sebagai oleh-oleh, sebaiknya beli dadakan sebelum pulang dan ditaruh di dalam cooler bag atau insulator bag agar tidak mudah basi.

 Susu kuda liar

Siapapun tahu bahwa Nusa Tenggara Barat adalah penghasil susu kuda liar yang sangat terkenal. Namun tahukah Anda bahwa susu kuda liar ini cukup sulit didapatkan walau sudah di tempatnya? Yuk, kita ke daerah bernama Desa Saneo di Dompu. Untuk mendapatkan susu segar, pemerah susu harus pergi ke hutan dan menghampiri kuda liar untuk diperah saat itu juga. Walaupun sulit, susu kuda liar ini manfaatnya cukup banyak untuk kesehatan, lho. Maka tidak sedikit orang yang rela berkendara 10 jam dari Mataram ke Dompu demi mendapatkan susu ini.

Madu Sumbawa

Dari namanya saja sudah bisa ditebak dari manakah madu ini berasal. Sama seperti susu kuda liar, madu Sumbawa pun cukup populer menjadi oleh-oleh khas dari Nusa Tenggara Barat. Madu Sumbawa ini cukup unik karena memiliki warna putih yang khas dengan rasa manis legit yang berasal dari lembah dan hutan di Sumbawa. Jika ingin membawa madu ini untuk oleh-oleh, pastikan dikemas dengan benar supaya tidak bocor di perjalanan.

Dodol rumput laut

Bagi Anda yang biasa makan dodol Garut atau dodol Betawi, dodol rumput laut dari Nusa Tenggara Barat ini beda. Hadir dengan warna warni bening, dodol rumput laut memiliki serat yang cukup tinggi karena berasal dari rumput laut. Teksturnya kenyal dengan rasa yang tidak terlalu manis. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang kurang suka rasa manis.

Terasi Lombok

Ingin mendapatkan rasa plecing kangkung senikmat di Lombok? Cobalah terasi asli Lombok ini. Jenis terasi ini cukup beragam seperti jerowaru, beroq, dan lengkare. Mana yang harus dicoba? Semuanya, dong!

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar