Laporkan Penyalahgunaan

Beberapa Tips Membeli Barang di Jalan Malioboro Untuk Oleh-Oleh

Posting Komentar

 

Beberapa Tips Membeli Barang di Jalan Malioboro Untuk Oleh-Oleh
https://www.orami.co.id/magazine/wisata-malioboro

Setiap pengunjung yang sedang berlibur di Jogja tentu sengaja datang ke Jalan Malioboro melihat beragam oleh-oleh untuk dibeli dan dibawa pulang agar bisa berbagi dengan sanak saudara yang lain. Apalagi banyak yang mengatakan jika rata-rata harga barang yang ditawarkan oleh penjual di Jalan Malioboro harganya terjangkau. Sehingga menarik minat para pelancong untuk sekedar mampir melihat-melihat sambil berjalan menyusuri jalan yang di sekitarnya ada banyak penjual dan toko oleh-oleh. Bagi yang baru mau beli oleh-oleh, sebaiknya ikuti tips belanja di Jalan Malioboro berikut ini.

 Coba untuk Menawar

Setiap penjual di Jalan Malioboro memberikan kebebasan kepada calon pembeli untuk menawar, jadi sebagai calon pembeli bisa menawar dengan harga berapa saja. Cobalah untuk menawar setengah harga jual kepada penjual apakah mau atau tidak. Jika tidak, itu artinya calon pembeli harus menaikkan harga atau cari barang di penjual yang lain.

 Cek Keadaan Barang

Setiap membeli sesuatu, pembeli harus teliti lagi dalam mengecek keadaan barang. Pastikan barang yang akan dibeli sudah sesuai dan tidak terjadi kekurangan seperti cacat atau bahkan terjadi kerusakan sehingga pembeli bisa rugi. Jika sudah memastikan keadaan barang dalam keadaan baik, maka proses pembelian bisa dilanjutkan ke pembayaran melalui uang tunai.

Buat daftar oleh-oleh yang akan dibeli

Sebaiknya sebelum datang ke Jalan Malioboro, pengunjung sudah membuat daftar oleh-oleh apa saja yang memang ingin dibeli untuk orang-orang terdekat. Misalkan membelikan orang tua oleh-oleh berupa batik dengan corak yang sama khas atau bisa juga makanan seperti bakpia. Atau bisa beli kaos dengan gambar khas Jogja untuk anak-anak di rumah.

Siapkan beberapa uang tunai

Jika membeli oleh-oleh di pedagang yang ada di Malioboro, tidak semuanya sudah bisa menggunakan mesin EDC atau debit. Maka itu, disarankan untuk menyiapkan beberapa tunai agar transaksi bisa berjalan tanpa ada gangguan. Uang kecil juga bisa digunakan untuk membayar sewa lahan parkir untuk mobil atau motor.

Jangan buru-buru beli


Dengan banyaknya pedagang, itu artinya antara satu pedagang dengan pedagang yang lain bersaing dalam hal harga. Jadi jangan langsung buru-buru beli sebuah barang, ada baiknya membandingkan harga dulu pada beberapa penjual agar bisa memperoleh harga lebih murah.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba saat beli oleh-oleh Jogja di Jalan Malioboro. Jika merasa lelah dan ingin beristirahat, maka bisa memanfaatkan hotel budget di Jogja yang letaknya memang ada di Jalan Malioboro untuk menginap sebelum keesokan harinya kembali ke rumah. Salah satu hotel dengan konsep modern yaitu Bobobox dengan biaya semalam berkisar 260 ribuan dan sudah termasuk penggunaan internet gratis. Jangan tunggu kehabisan, lakukan pemesanan hotel lebih mudah dan cepat dengan website dan juga aplikasi Pegipegi.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar