Laporkan Penyalahgunaan

BISKUAT ACADEMY Wadah Mengenal dan Mendukung Inner Strength

31 komentar

 

BISKUAT ACADEMY Wadah Mengenal dan Mendukung Inner Strength

Pagi itu, sebelum berangkat sekolah Adit sangat antusias mengambil buku dari dalam tas, lalu menunjukan salah satu halaman kepada ibunya. Wanita paruh baya tersebut melihat sekilas, lalu kembali sibuk menyiapkan bekal sekolah, sambil berujar.

“Halah, mung enthok sak mono, mbok pamerno, d’lok masmu Arya, opo-opo entuk juara. Ndang budal! Ojo kluwat klewet wae!”

[Dapat nilai segitu kamu, pamerkan, lihat kakakmu Arya selalu juara. Cepat berangkat sekolah. Cepat!]

Hati Adit runtuh, ia berangkat sekolah dengan gontai. Kata-kata sang ibu melukai hatinya. Besok dan besok lagi, ia tidak berani menunjukan apa-apa yang berkaitan dengan pencapaian bahkan sekedar bercerita. Ia takut bakal kena marah.

Pengabaian berulang-ulang akan membuat ia takut mencoba hal baru, menjadi petugas upacara misalnya. Tangannya mulai dingin. Meskipun ia ingin sangat melakukan, rasa takut tergambar jelas di wajahnya. Bahkan untuk sekedar tunjuk tangan. Ia tidak percaya diri melakukan.

Bisa jadi ketakutan dan ketidak percayaan diri Adit, dialami oleh banyak anak-anak di luar sana. Yang tanpa disadari orang tualah, menjadi pemicu.

Orang Tua Wajib Kenali dan Dukung Inner Strength Anak

Semua orang tua mendambakan anaknya cerdas. Kecerdasan bisa menjadi modal utama untuk anak agar bisa sukses di kehidupan selanjutnya. Sayangnya, orang tua fokus pada ekspektasi diri sendiri dan lingkungan.

Terjebak pada stigma puluhan tahun, cerdas itu berprestasi secara akademik saja. Dapat ranking di sekolah. Menganggap itu tanda kalau dia akan sukses di masa yang akan datang.

Kisah yang menggelitik juga penulis pribadi alami. Di pengambilan rapor, seorang ibu membuka perbincangan, “ anaknya yang mana? Oh, kirain yang dapat ranking di depan?” Menohok sekali bukan?

Apa Itu Kekuatan Baik dari Dalam Anak?

Apa Itu Kekuatan Baik dari Dalam Anak?

Jika seorang anak diperlakukan dengan baik secara verbal dan non verbal. Dihargai. Merasa nyaman. Tidak dibanding-bandingkan. Terutama oleh orang tuanya maka ia akan tumbuh percaya diri, bakat yang kuat dan positif akan muncul dengan sendirinya.

Inilah yang dinamakan Inner Strenght yaitu kekuatan dari dalam atau potensi yang berasal dari dalam diri. Misalnya sikap berani, baik hati, tanggguh, dan percaya diri.

Sepakbola melatih  sikap berani, baik hati, tanggguh, dan percaya diri
Sepakbola melatih  sikap berani, baik hati, tanggguh, dan percaya diri

Pemberani

Pemberani adalah salah satu life skill yang semestinya dikembangkan sejak dini. Manfaatnya banyak sekali. Anak akan punya mental pemberani dan tidak mudah menyerah.

Untuk menumbuhkan sikap berani, orang tua dapat memulai dengan memberikan kepercayaan kepada anak. Sehingga anak tidak ragu, takut melakukan sesuatu.

Lakukan secara pelan-pelan sesuai usianya. Jangan memaksa anak untuk langsung menguasai banyak hal. Anak akan bingung. Bersabarlah! Jangan sampai kita mengucapkan, “bagaimana sih, kemarin ‘kan sudah diajarin. Kok gak bisa bisa!”

Baik Hati

“Si A itu baik ya!”

Semua orang pastinya menyukai sikap baik hati. Sikap ini indikasinya adalah suka menolong, beramal, dan suka memberi.

Sejak usia dini anak belajar sikap ini dari lingkungannya. Dari apa yang ia lihat, amati dan orang lain lakukan. Lagi lagi orang tua adalah real model.

Tangguh

Tangguh adalah potensi penting yang berasal dari dalam diri. Dengan sikap ini anak tidak mudah menyerah. Selalu berusaha. Serta memiliki motivasi untuk berbuat yang lebih baik.

Jika suatu waktu, mendapatkan apa yang dikerjakan ternyata tidak sesuai ekpektasi, ia tidak akan mudah menyerah dan putus asa. Sebaliknya menjadi batu lonjatan agar bergerak lebih baik lagi ke depannya.

Percaya Diri

Inner Strenght selanjutnya adalah percaya diri. Seperti diilustrasikan di awal, anak yang menerima sikap kasar, perkataan buruk dan kurang sentuhan. Akan menjadi pribadi kurang percaya diri dan pemalu.

Sebaliknya rasa percaya diri akan tumbuh dengan optimal dengan kasih sayang dan kepercayaan diri yang diberikan orang tua.

Berikan pilihan kepada anak untuk melakukan sesuatu sesuai yang anak sukai, selagi itu positif. Orang tua hanya mengarahkan, memberi pandangan, membantu belajar tanpa paksaan.

Kisah Dukungan Inner Strenght

Yuk, ambil pelajaran dari kisah legendaris, Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar. Saat orang di sekeliling, bahkan gurunya tidak bisa menerima Thomas. Ia dijuluki “addled” atau busuk di sekolah. Ibunya sangat mencintai. Mengenali, menggali serta memberi dukungan Inner Strenght.

Melalui home schooling, Thomas mengenal banyak buku. Sang ibu percaya setiap anak terlahir dengan peluang yang sama untuk memiliki kecerdasan dan bakat.

Akhirnya, Thomas sebagai penderita diseleksia, berhasil menemukan bola lampu pijar, yang dinikmati banyak orang, berkat dukungan seorang ibu. Andai waktu itu ibunya juga mempermasalahkan kelemahannya, kita tentu tidak bisa menikmati cahaya lampu pijar seperti sekarang.

Beberapa kisah real, juga penulis temui di sekolah tempat ia mengajar. Seorang anak yang kesulitan membaca. Saat duduk di kelas 4, ia masih mengeja. Berhasil tampil memukau membawakan musik Kulintang di pertunjukan Expo daerah yang ditonton ribuan orang. Itu sangat amazing, karena anak tersebut hanya latihan sekitar 2 Minggu saja.

Dengan kisah hampir mirip seorang anak yang secara akademik tidak menonjol join team drum band sekolah. Ia tampil sempurna seperti anggota team yang lain. Membawa harum nama Kabupaten, Provinsi dan akan go Nasional dalam kompetisi Drumb band tingkat Nasional di Jawa Tengah nanti.

There is genious in all of us!

Dari kisah Dukungan Inner Strenght, Peribahasa diatas benar adanya. Ada kecerdasan dalam setiap diri kita. Penulis yakin ada dukungan luar biasa yang dilakukan oleh kedua orang tua sehingga ananda tersebut percaya diri. Dia punya kemampuan mengamati, menikmati, membedakan, mengekspresikan bentuk-bentuk musik atau dikenal dengan kecerdasan musikal.

Cara Mendukung Sikap Berani, Baik hati, Tanggguh, dan Percaya diri

PR besar untuk kita semua sebagai orang tua untuk tidak bosan memberi dukungan Inner Strength. Biarkan anak tumbuh berani, baik hati, tanggguh, dan percaya diri. Yuk, bantu anak mencintai diri mereka sendiri. Bantu anak untuk tumbuh bahagia, tanpa rasa tertekan dengan ekpektasi orang tua dan lingkungan. Caranya:

Biarkan Anak Berkembang dengan Kecerdasan Masing-masing

Yeah! Biarkan mereka berkembang dengan kecerdasan berbeda. Dukung! Misalnya anak suka cerita dan menyanyi. Berarti kecerdasan musikal lebih dominan.

Jangan sebel jika anak suka lari sana sini. Memanjat. Sebaiknya diarahkan pada ktivitas yang banyak gerak. Misalnya olahraga sepak bola. Ini ciri-ciri cerdas kinestetik ragawi.

Kunci utama adalah mendukung kekuatan dari dalam tersebut, tanpa mengungkit dan fokus pada kelemahan.

Berikan Pujian

Pujian dapat dilakukan secara verbal dan non verbal. Misalnya, “Alhamdulillah, kakak luar biasa!” memberikan pelukan, mengusap punggung. Menyentuh hidung atau mengacungkan jempol tanda ibu bangga terhadap anak.

Stop Berkata Kasar dan Memberi Label Negatif

Perkataan ibu biarkan buruk memiliki potensi besar untuk dikabulkan. So, stop berkata kasar dan memberi label negatif, karena itu akan membuat anak rugi. Merasa terluka, dan membekas di bawah alam sadar yang dengan alam sekitar akan direspon sesuai apa yang dipikirkan. Contoh perkataan tersebut:

“Kamu memang seperti itu!”

“Kamu goblok!”

“Pemalas!”

“Gitu saja gak bisa!”

“Apa yang kamu bisa, selain melawan orang tua!”

Rekan penulis ada yang mendapatkan label yang kurang baik ketika kecil. Ia tumbuh dengan kata-kata kebencian. Dia lebih suka diam. Sulit mengambil keputusan dan sangat kurang percaya diri.

Bahkan di usianya yang ke 35, ia masih tidak suka untuk bertemu orang lain. Ia mempertimbangkan ekspekstasi orang tua dan orang lain.

So, orang tua sangat berperan penting dalam mengenal dan mendukung inner strength pada anak, agar sukses di masa yang akan datang.

BISKUAT ACADEMY Wadah Mendukung Inner Strength

Biskuat salah satu biskuit kegemaran anak-anak. Salah satu brand unggulan Mondelez International. Memberikan wadah kepada anak-anak untuk mendukung kekuatan baik dari dalam (inner strength) melalui BISKUAT ACADEMY.

Program ini wujud nyata untuk mendukung anak Indonesia berprestasi akademik dan juga non akademik, seperti di bidang olah raga, khususnya olahraga sepak bola.

Apa yang Menarik dari BISKUAT ACADEMY?

Apa yang Menarik dari BISKUAT ACADEMY

Dilansir dari biskuatacademy.com, Biskuat Academy adalah rangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia. Acara ini bertujuan mengembangkan kekuatan fisik sekaligus kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger

Nah, inilah menariknya! Biskuat Academy juga wadah sosialisasi kepada khalayak ramai, bahwa olahraga sepak bola anak dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik dari dalam (inner strength) seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh, saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri.

So, ketika menjumpai anak sangat aktif bergerak, suka olahraga sepak bola, tidak ada lagi ujaran, “main terus!” dan memarahinya.

Ketika anak suka olahraga sepak bola, dukung kegemaran tersebut. Mendukungnya berarti mendukung juga inner strenght. Selain itu olahraga ini banyak manfaatnya, melatih kekuatan, keseimbangan, disiplin, kerja sama dan sportif.

Penulis sendiri suka mengijinkan, putrinya untuk turut bermain bola bersama adiknya, dan ayahnya setiap sore. Keuntungannya, tidur lebih nyenyak dan lebih lahap makan.

Lalu, bagaimana dengan Biskuat Academy? Program ini menjembatani anak Indonesia untuk mengembangkan Kekuatan dari dalam dan mencapai mimpinya, dengan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Biskuat Academy sendiri sudah diselenggarakan sejak tahun 2019 dengan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Setiap tahunnya memiliki peserta yang terus bertambah. Ini membuktikan bahwa peminatnya besar. Untuk tahun 2022 menampung 50K peserta.

Sesuai dengan purpose-led brand (tujuan mulia), Biskuat juga mengadakan rangkaian kegiatan Teacher Workshop guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) di tingkat Sekolah Dasar melalui Workshop Pengembangan Kompetensi. Yang tentunya memperluas manfaat dari kegiatan ini.

Benefit Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022

Semua anak bisa ikut berpartisipasi dalam Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022. Berikut benefitnya:

  1. Belajar teknik sepak bola dari Coach Timo Scheunemann
  2. Belajar langsung dari pemain-pemain sepak bola hebat Indonesia
  3. Hadiah seru setiap minggu dan hadiah utama Tur ke Stadion Bola Internasional
  4. E-certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik dengan tanda tangan kemendikbud Ristek dan Kemenpora untuk finalis
  5. Berkesempatan memperoleh hadiah utama berupa Tur ke Stadion Internasional Real Madrid
  6. Berkesempatan menerima hadiah mingguan berupa bola biskuat, voucher Rp. 100.000
  7. Mendapat hadiah hiburan berupa, Jersey Biskuat, Kaos kaki biskuat, Backpack Biskuat dan Bola biskuat.

Jika selama ini anak-anak berlatih sekedarnya dan ada rasa kurang percaya diri, yuk bergabung ke Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022. Biasanya semangat itu menular. Di sini mental para juara dilatih dan dibentuk. Mau?

Dalam kesempatan ini, info menarik tentang Biskuat Academy tidak hanya sampai di Penulis. Penulis sebar luaskan melalui pengenalan event ini di sekolah tempat mengajar saat jam istirahat. Dengan harapan banyak yang menerima pesan baik ini, dan siswa siswi terbantu untuk mengembangkan kegemarannya.

Penulis share info menarik  Biskuat Academy di sekolah
Penulis share info Biskuat Academy

Ini nih, foto saat beberapa siswi berhasil menjawab quiz setelah sosialisasi, yang beruntung adalah siswi. Semoga nantinya, para siswa juga tidak menyiakan kesempatan untuk ikuti Biskuat Academy. Alhamdulillah anak-anak sangat antusias.

Selain itu melalui instagram, penulis menyebarluaskan informasi ini supaya menjangkau banyak orang. Sehingga banyak anak Indonesia berkesempatan ikut.

By the way, cara ikutnya mudah sekali, intip yuk!

  1. Beli Biskuat kemasan khusus dengan ukuran jumbo atau B5000 sebanyak 1 pieces (Seperti di foto ya!) atau bisa beli Biskuat kemasan B500 atau B1000 sebanyak 2 pieces.
  2. Temukan kode unik di bagian belakang kemasan
  3. Lalu kirimkan kode unik tersebut ke nomor WhatsApp berikut: 0812 1222 5919
  4. Ikuti instruksi yang diberikan melalui chatbot Biskuat, hingga mendapat akses menonton Sekolah Bola Online melalui website www.biskuatacademy.com

Tonton Video Inspirasional BISKUAT ACADEMY

Lewat Video Inspirasional BISKUAT ACADEMY, setiap orang punya mimpi besar untuk meraih prestasi cemerlang. Memberikan semangat apa yang awalnya dianggap sepertinya mustahil, dapat tercapai jika sungguh-sungguh berusaha diwujudkan. Kini saatnya, kembangkan potensi dengan #BiskuatDukungMimpimu

Dulu mimpi kami kecil, tendangan kami pendek. Seperti gang sempit di kampung kami. Hingga suatu hari, dia datang. Saat tempat bermain kami menyempit  dia membawa kami ke lapangan yang lebih besar.

Saat cita-cita kami mengecil, dia menunjukkan mimpi kami bisa lebih tinggi. Bahkan saat kami hampir kehilangan harapan. ia percaya, untuk kami akan selalu ada jalan.

Kami jadi punya mimpi besar, di masa depan. Dan kami jadi percaya, di dalam diri kami ada kekuatan, agar kami bisa menendang lebih jauh dalam pertandingan yang lebih besar #BiskuatDukungMimpimu

Video di atas berhasil membangkitkan semangat untuk berjuang dan yakin. Yuk, share informasi menarik ini agar banyak anak Indonesia menerima manfaat dan dapat mendukung potensi yang berasal dari dalam diri. Semoga informasi ini bermanfaat.


Artikel ini diikutkan dalam lomba KEBxBiskuat Academy 2022

Referensi

https://biskuatacademy.com/

Susanti. 2009. Mencetak Anak Juara. Jogyakarta: KATAHATI

Noor.Rohinah. 2014. Orang Tua Bijaksana Anak Bahagia. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

31 komentar

  1. Sejak dini anak harus diberi semangat untuk mencapai cita2 ya mbak keren ini Biskuat Academy

    BalasHapus
  2. Ohh... baru tahu kalau Biskuat Academy itu sekolah sepakbola untuk anak-anak. Wah, bisa banget mendapatkan generasi pemain bola di masa depan lewat akademi ini, ya, Mbak. Jangan lupa juga untuk menumbuhkan inner strenght anak sebagai modal terbaik meraih masa depannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dari tahun 2019 Biskuat Academy di gelar tiap tahunnya

      Hapus
  3. Semakin bagus-bagus ya programnya biskuat ini, dengan adanya program ini semoga dapat mendorong kecerdasan anak-anak dan juga mengasah serta membuka bakat-bakat yang terpendam selama ini

    BalasHapus
  4. itulah kenapa jadi orang tua harus terus belajar ya mba.. sebab tanpa disadari pola asuh akan berulang jika ada kesalahan kita harus berupaya memotong mata rantainya. Senang sekali ada program bagus ini dari Biskuat Academy... semoga anak-anak Indonesia terus semangat menggapai mimpinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, selalu masih belajar. Biasanya aku langsung minta maaf ke anak kalau dievaluasi rasa rasanya udah salah. Nah, ternyata di tiru anak juga. Anak anak juga mudah meminta maaf.

      Hapus
  5. Biskuat Academy keren banget ya mbak bisa membantu mewujudkan impian anak-anak. Sedih baca pembukanya, dibanding-bandingkan itu nggak enak. Namun, orang tua zaman dulu memang kebanyakan belum paham tentang kecerdasan anak-anaknya yang sebenarnya nggak melulu tentang nilai akademik. Semoga kita nggak jadi orang tua yang seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. semoga saja mbak. Tapi sebenarnya tidak semua orang tua dulu seperti itu ya mbak

      Hapus
  6. Bahaya juga ya,padahal mungkin bagi orang dewasa itu biasa aja ya kak. Jadi harus peka nih sama kelebihan anak2,karena masing2 anak itu beda2 ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, selalu belajar untuk bersikap baik dengan anak

      Hapus
  7. aku setuju dengan model parenting jaman sekarang yang sangat menjaga perilaku ortunya di depan anaknya. terutama gak berkata buruk terhadap anak. karena ini akan membekas dan mempengaruhi tumbuh kembang anak. semoga kedepannya biskuat academy terus hadir dan berkambang ya. tidak hanya cabang olahraga sepakbola saja.

    BalasHapus
  8. Cara pandang setiap anak punya kekuatan dari dalam diri ini bagus, jadinya orang tua memandang anak itu punya kelebihan. Dukung banget nih aku

    BalasHapus
  9. Jangankan melukai anak secara nonverba, secara verba itu saja lebih sakit. Apalagi anak di usia awal yang sangat haus kasih sayang. Semua perkataan dan perilaku orang tuanya akan dia rekam dan dia bawa sampai dewasa. Pemberani adalah salah satu life skill yang semestinya dikembangkan sejak dini, sebab anak-anak sekarang menurut saya sangat kurang di karakter satu ini. Kenapa ya? Mungkin karena orang tua sekarang terlalu protektif sama anak, sehingga anak dilindungi terus tanpa berkesempatan take a risk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah setuju kak, apalagi sekarang orang tua cendrung terllau mengangkat anak diatas angin. Misal ada aduan dari anak tidak klarifikasi dulu, anak langsung dibela, padahal kadang salah.

      Hapus
  10. sebagai orang tua, terlebih lagi Ibu, memang harus jadi garda terdepan ya untuk anaknya, mendukung segala potensi anak, inner strength nya agar bisa menjadi berani, baik hati, tangguh, dan percaya diri.
    keren nih Biskuat Academy, anak jadi bisa belajar langsung dari Coach handal ini mah.

    BalasHapus
  11. Ah iya kebiasaan orangtua yang selalu menyepelekan hal kecil terhadap anaknya ini bener2 ngaruh terhadap inner strength anak. Mau coba Biskuat Academy jugaa untuk adik, huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, beli dengan kemasan biskuat academy ya

      Hapus
  12. Membandingkan anak dengan orang lain itu memang kurang baik, ya Mba. Karena setiap anak punya potensinya masing-masing yang unik dan berbeda. jadi, sebagai orang tua harus mendukung, menghargai dan mengapresiasi. Terutama dalam menumbuhkan inner strength. Seperti Biskuat Academy yang mendukung anak-anak dalam sepak bola, orang tua juga maah harus lebih mendukung dengan cita-cita dan mimpinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PR besar ya mbak, untuk semua orang tua, dukung inner strength anak

      Hapus
  13. Istilah inner strength baru dengar. Artinya kekuatan dari dalam. Atau bisa disebut potensi atau fitrah kalo saya membahasakannya. Dan sepakat, setiap anak membawa atau memiliki inner strength, yang harus ditemukan dan dilejitkan

    BalasHapus
  14. Biskuat Academy meberi banyak anak mimpi dan peluang, semoga platform ini terus berkembang dan makin banyak anak yang mendapat manfaat.

    BalasHapus
  15. Keren banget acara yang dibuat oleh Biskuat ini. Benar-benar Biskuat care dengan anak-anak Indonesia. Udah gitu, biskuitnya memang enak dan jadi kesukaan anak-anak di rumah.

    BalasHapus
  16. Orang tua aja kalau dibandingkan dengan yg lain gak suka, apalagi anak2 ya. Jadi reminder banget buat para orang tua ya. Btw baru tahu nih program Biskuat Academy ini, ternyata udah ada dari 2019 ya. Program yang bagus banget ya untuk mendukung inner strength anak

    BalasHapus
  17. Setiap anak pasti punya kecerdasannya masing-masing. Jangan dibanding-bandingkan memang. Bagus ya Ada Biskuat Academy ini. Saya jadi kepikiran juga masukin anakku ke klub bola anak anaknya seneng main Blbola soalnya

    BalasHapus
  18. Jika anak terlatih sejak kecil, maka ia akan lebih berprestasi dan bisa berhasil di masa depan

    BalasHapus
  19. Kemarin pas beli ini keingett sama anakku yang ngga bisa brenti ngunyah. ikut seneng karena ga semua biskuit dia sukaa sebenernya hihi

    BalasHapus

Posting Komentar