Laporkan Penyalahgunaan

Berikan Reward Liburan Atas Pencapaian Anak Bareng Traveloka

1 komentar

 

Berikan Reward Liburan Atas Pencapaian Anak Bareng Traveloka

Kebanyakan orang mencari kesuksesan ke mana-mana, padahal kalau dirinya tahu, kunci itu menggantung di dalam dirinya. (George Washington Carver)

Sebagai orang tua, tentu saja menginginkan anak-anak sukses, seperti kata George kunci sukses tersebut ada dalam diri anak. Aku mencoba mengenali potensi dan dukung hal tersebut.

Dari berbagai sumber yang aku baca prestasi akademik dan nilai IQ tidak menjadi patokan kesuksesan yang akan datang, melainkan kecerdasan majemuk yang dimiliki anak untuk menguasai bidang yang ia pahami dan sukai.

Zia, anak sulungku yang sekarang duduk di kelas 4 SD cendrung menyukai dunia baca, aktif di kegiatan olah fisik pencak silat, dan semester ini hafal surah Alquran Juz 30 dengan baik. Untuk tampil di muka umum dia sudah tidak canggung lagi.

Untuk pencapaian hafal surah Alquran Juz 30, kami pernah menjanjikan untuk liburan. Semoga saja liburan akhir tahun ini terwujud bareng Traveloka.

Reward Liburan Atas Pencapaian pencapaian hafal surah Alquran Juz 30
Reward Liburan Atas Pencapaian Zia hafal surah Alquran Juz 30

Flashback Liburan Tahun Lalu

Tepat akhir tahun yang lalu aku, suami, keluarga dan anak-anak berpetualang 4 hari menyisir tempat wisata di Sumatera Barat. Sumatera Barat adalah wilayah nan indah dengan atraksi budaya, pantai yang terbentang, lembah dan danau.

Perjalanan santai kami dimulai dari Bukit Tinggi. Awalnya ingin menginap di pinggir pantai, sambil menikmati suasana malam di sana. Namun, Pemerintah Sumatera Barat waktu itu menutup tempat wisata, terkait korona yang masih merebak.

Sedikit kecewa, karena memang tempat wisata ditutup. Sementara kami tahu setelah berada di sana. Jam gadang yang icon Sumatera Barat juga memakai masker, alias ditutup menggunakan kain putih. Huhuhu.

Akhirnya kami melaju ke tempat berikutnya yaitu Pesisir Selatan. Udara yang menghangat menyambut kami. Alhamdulillah tempat wisata ini dibuka.

Ketika kami menepikan mobil yang kami sewa di pinggir jalan arah pulau Mandeh. Kami melihat pulau kecil nan indah. Nampak hilir mudik speed boat mengantarkan pelancong.

Berbekal dari informasi warga kami memutuskan untuk mengunjungi pulau tersebut. Namanya pulau Setan. Nama yang unik, bikin penasaran.

Kami menyewa sebuah boat untuk menuju ke pulau Setan. Satu boat rata-rata ditumpangi 5 s/d 8 orang dengan biaya satu kali perjalanan pulang pergi 800.000. Aku yang sebenarnya phobia air, merasakan gonjangan sedikit khawatir. Apalagi kanan kiri hanya terlihat tumbuhan yang menyerupai pandan besar-besar.

Pikiranku seperti memutar film tentang sungai amazon. Sedikit begidik lalu aku beristighfar. Oh, iya menurut info pulau ini tidak berpenghuni.

Setelah, beberapa waktu rasa khawatir itu berubah menjadi rasa takjub. Wow, potongan kecil surga di sini. Air yang berwarna biru dengan pulau pulau kecil mulai terlihat begitu sangat indah.

Guide juga mengenalkan kami dengan pulau Cubadak, sayangnya kami hanya melihat dari kejauhan.

“Tidak boleh dari dekat!” tuturnya ketika kami ingin singgah ke pondok-pondok yang alami di pulau itu. Kabarnya, turis sudah menyewanya untuk beberapa waktu guna penelitian satwa yang ada di pulau tersebut.

Akhirnya kami tiba di Pulau Setan. Tidak seram. Sebaliknya mengagumkan. Anak-anak langsung tidak sabar untuk bermain pasir dan berenang. Pantai yang terlihat begitu exotic, pasir yang halus dan air laut yang dangkal, cocok dengan keinginan anak-anak.

Flashback Liburan Tahun Lalu bermain banana boat di pulau setan

Aku sendiri sangat menikmati, pengunjung tidak begitu ramai, sehingga seperti menyewa private beach. Suami dan keluarga juga bergembira, mereka sempat mencoba menaiki banana dan donat boat.

Akhirnya ada juga liburan akhir tahun yang menyenangkan. Ini menjadi memori indah bersama ayah mertua. Karena kini, beliau sudah tidak lagi bersama di tengah-tengah kami.

Alasan Berikan Reward Liburan 

Berikan Reward Liburan

Liburan Mendukung Kecerdasan Anak

“Libur telah tiba! Libur telah tiba! Hore. Hore. Hatiku gembira!” begitulah respon Zia ketika mendengar liburan. Waktu yang dinanti setelah lama berkutak dengan tugas. Liburan sendiri memberi manfaat untuk perkembangan kecerdasan.

Berikan Pengalaman Berpetualang

Misalnya pada petualangan wisata ke pulau Setan, menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Zia. Berenang di pinggir pantai. Main pasir. Mengumpulkan kepiting pantai.

Ketika melakukan pengalaman tersebut, sebenarnya Zia sedang belajar ilmu IPA secara sederhana. Mengenal tekstur pasir, dan mengamati perubahannya ketika tersiram air. Serta melatih fisik yang kuat ketika berenang di bibir pantai.

Apapun bentuk liburan berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasan anak. Ada rasa senang. Rasa itu seperti charger yang membuat si kecil siap beraktivitas kembali dengan bahagia.

 Oh, iya berikut ini liburan yang bisa dijadikan refreshing sambil menimba ilmu, yaitu mengajak anak berlibur ke Musium, kebun raya dan taman baca. Seperti yang kubaca seusia Zia perkembangan intelektualnya butuh melihat benda konkret untuk mendukung pemahaman.

Membuat Berkonsentrasi

Ternyata, dari berbagai sumber yang aku baca, mengunjungi alam sangat baik manfaatnya bisa membuat anak lebih fokus dan berkonsentrasi. Charger rasa senang, tenang turunkan tekanan darah dan hormon penyebab stress. Hmmm, jadi reward ke anak berupa liburan cocok banget ya moms agar anak tambah berprestasi.

Salah satu alasan berikan reward liburan membuat anak berkonsentrasi

Jadi, itulah alasan kami memberikan reward liburan atas pencapaian Zia hafal surah Alquran Juz 30. Pernah juga dinyinyirin karena kami pasangan honorer. “dari pada jalan-jalan lebih baik bagusin rumah!” #LifeYourWay. Kami ikutin suara hati jalani hidup, bukan suara tetangga. Bagaimana teman apakah, Ikutin Suara Hati Jalani Hidup dengan Caramu?

Itinerary Liburan Bareng Traveloka

Itinerary Liburan Bareng Traveloka

So, akan berlibur kemana di liburan semester sekaligus bertepatan dengan libur akhir tahun nanti? Kebetulan suami baru saja ikut Muktamar di Solo. Saking penuhnya hotel untuk menginap. Suami dan teman-teman menginap di salah satu boarding school. Terkesima dengan sikap santri di sana.

Baru saja datang disambut dengan sapaan, “pak biar saya saja yang membawakan tas!” lalu dengan tergopoh dan riang mereka membawa tas ke lantai atas. Rasa kagum tidak sampai di sana, memasuki tempat nginap, sepatu disusunkan rapi di rak. Kemudian beralih ke kamar mandi, kamar mandi tersebut bersih dan wangi, padahal anak-anak tersebut yang membersihkan sendiri. Tidak hanya itu, yang mendorong aku antusias mengenalkan boarding school tersebut ke Zia adalah culture di sana lembut, tidak berkata kasar dan tanpa disuruh mereka rajin menghafal Qur’an. Tentu saja, hal tersebut tidak lepas dari kesuksesan para guru mendidik hingga sedemikian rupa.

Lalu, apa hubungannya dengan boarding school? Yups, selain liburan ingin mengenalkan Zia ke boarding school tersebut, agar ia semangat belajarnya dan dapat melanjutkan ke sekolah tersebut. So, Itinerary Liburan Bareng Traveloka kali ini adalah Yogyakarta. Kota pelajar penuh dengan sejarah.

Kesimpulan memilih Yogyakarta sebagai liburan kali ini adalah Zia dapat studi tour ke boarding school impian, bisa berpetualang, liburan sambil belajar sejarah.

Jadi jauh-jauh hari aku sudah explore destinasi wisata Yogyakarta dari aplikasi Traveloka, ini nih tempat wisata yang masuk Itinerary Liburan Bareng Traveloka:

Malioboro

KHAS Malioboro Hotel yang berada di jalan Malioboro, Yogyakarta direkomendasikan Traveloka. Pesonanya mengesankan dengan telah direview 3590 orang. Yang menarik untuk dijadikan tempat menginap adalah lokasi strategis, dekat dengan pasar Malioboro, staf dan pelayanan sangat baik.

Hmmm, masuk hotel tujuan ketika berlibur ke Yogyakarta tentunya. Tidak lupa singgah ke Malioboro Mall, salah satu tempat wisata Malioboro, terkenal tempat belanja murah. Asyik nih untuk cuci mata.

Lalu, berencana cicipi Gudeg Yu Djum. Kuliner tradisional Yogyakarta yang terkenal dan legendaris, sudah berdiri sejak tahun 1951.

Zia pasti senang, karena disepanjang jalan sampai titik nol kilometer berdiri pertokoan dan bangunan peninggalan masa kolonial, salah satunya Benteng Vredeburg. Mengunjungi benteng Vredeburg akan menambah ilmu sejarah tentang peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Yogyakarta semenjak pemerintah kolonial Belanda masuk ke Yogyakarta.

Bersantap Ice Cream Tempo Gelato

Ice Cream Tempo Gelato rekomedasi Aplikasi Traveloka berhasil bikin ngiler Zia untuk cicipi aneka rasanya. Hmmm, siapa sih yang tidak suka dengan tampilan yang menggoda. Apalagi anak-anak. Oke, masuk wish list ya sebagai tempat yang akan kita kunjungi.

Jogja Bay Water Park

Adakah yang lebih menyenangkan dibandingkan berwisata di salah satu yang terbesar di Indonesia, dengan 19 wahana permainan air yang siap menyempurnakan liburan? Yups. Jogja bay water park. Zia pasti bahagia bermain air di sini.

Wisata ke sini beragam jenisnya, tuh ada 19 wahana air. Ada 1353 pelanggan Traveloka berbagi pengalamannya mengenai aktivitas di sini. Beli tiket di Traveloka mendapat potongan dari 125.000 menjadi 70.000 saja.

Banyak sekali wish list yang bisa dikunjungi untuk berlibur di daerah Yogyakarta. Jika memungkinan juga mengunjungi banyak pantai yang terkenal bersih, asri dan sejuk.

Setelah berkunjung ke kampung halaman di daerah Blora. Aslinya aku adalah dari Blora namun lahir dan besar di Jambi. Semoga saja liburan kali ini bisa temu kangen dari keluarga pihak ayah ibu juga.

Penutup

Liburan Bareng Traveloka

Bagimana apakah sudah membuat Itinerary Liburan Bareng Traveloka? Jika belum bisa download aplikasi Traveloka dan eksplore tempat menarik tujuan liburan. Perhatikan rating review tempat dituju serta pertimbangkan tiket perjalanan mulai dari tiket bus dan travel, kereta api hingga pesawat.

Melalui aplikasi Traveloka lebih murah karena banyak promo. Selain itu transaksi lebih mudah tinggal klik dari ponsel ditangan. Yuk, rencanakan liburan di Traveloka Jika memiliki uang yang pas-pasan ada layanan paylater, sehingga tidak was was ketika  bepergian namun uang pas pasan.

Soal tetangga yang berisik, “ kok liburan, mending bagusin rumah!” tidak perlu didengarkan. Toh, liburan atas pencapaian anak banyak manfaatnya. Yuk, Ikutin suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay ya!

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Aisyah Dian mengatakan…
memberikan reward liburan mennjadi lebih mudah dengan Traveloka ya kak