Laporkan Penyalahgunaan

7 Hal Ini Mesti Dilakukan oleh Ibu Hamil yang Bekerja di Luar Rumah

 

7 Hal Ini Mesti Dilakukan oleh Ibu Hamil yang Bekerja di Luar Rumah

Sebagai ibu yang bekerja di luar rumah, saya mengalami banyak tantangan saat masa awal kehamilan. Gejala morning sick, sakit pinggang hingga badan terasa tidak memiliki tenaga menyurutkan semangat untuk berangkat kerja.

Namun hendaknya kehamilan tidak membuat abai akan tanggung jawab bekerja di luar rumah. Sebisa mungkin, dengan berbagai kendala, saya tetap usahakan hadir dan tetap produktif. Alhamdulillah, Trisemester pertama yang begitu berat sekarang sudah lewat. Dan 7 hal ini saya lakukan agar tetap sehat:

Melakukan Pemeriksaan Kehamilan di Bidan

Setelah mengetahui tanda-tanda bahwa saya sedang hamil, saya langsung melakukan pemeriksaan kehamilan di bidan. Gunanya agar lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu. Lebih menjaga diri.

Tanda tanda kehamilan yang saya alami adalah badan kurang enak, terasa demam, mudah letih, dada terasa sesak, kepala sering pusing. Serta sudah melewati tanggal menstruasi. Tanda kehamilan ini setiap anak berbeda. Bahkan, anak pertama saya tidak mengalami gejala di atas. Begitu juga tanda tanda kehamilan setiap perempuan berbeda satu sama lainnya.

Nah, pemeriksaan ke bidan dapat memantau kesehatan saya dan janin. Vitamin asam folat, pil anti mual dan suplemen makanan dari bidan sangat membantu untuk mengatasi morning sickness sehingga bisa kerja dengan baik.

Makan Sedikit, tapi Sering

Makan sedikit tapi sering sangat membantu ibu hamil yang bekerja di luar rumah. Sebab, jika makan sebanyak porsi biasanya akan terasa begah yang sangat tidak nyaman, tentunya akan mengganggu pekerjaan.

Rasa begah sendiri muncul dikarenakan fluktuasi hormon dalam tubuh, utamanya karena meningkatnya kadar hormon beta hCG. Nah, dengan makan sedikit tidak memicu rasa tersebut. Roti gabin bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa mual.

Konsumsi Camilan Buah Sehat

Saya sangat merasa konsumsi camilan buah sehat sangat membantu ibu hamil mengatasi mulut yang terasa asam dan mual. Untuk itu di dalam tas kerja selalu sedia buah jambu air, buah pir, apel.

Buah tersebut terbukti membantu atasi mulut asam karena pengaruh hormonal yang menyebabkan asam lambung meningkat saat hamil.

Hindari Makanan yang Terlalu Pedas

Saat mulut asam dan pahit memang sangat ingin konsumsi makanan yang pedas. Namun, sebaiknya hindari ya mom. Takutnya menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Makan terlalu pedas juga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika mual dan kemudian muntah.

Istirahat yang Cukup

Awalnya saya juga suka mengabaikan jam tidur ibu hamil. Hasilnya tekanan darah begitu rendah. Kepala pusing berkunang-kunang. Ketika mata dibuka, langsung muntah.

Semenjak itu, saya sangat aware terahadap jam tidur ibu hamil. Tidak berani tidur terlalu malam dan sisihkan waktu sebentar untuk tidur di siang hari.

Jangan Stress

Janin akan merasakan apa yang ibu rasakan. Jika ibu sedih janin akan bereaksi sedih serta membentuk karakter. Seharusnya ibu hamil untuk tidak stress. Setiap masalah serahkan kepada Allah. Perbanyak tawakal.

Stress bisa sebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Memiliki Asuransi Kesehatan

Satu hal yang sangat penting untuk dilakukan setelah tahu bahwa sedang hamil adalah memiliki asuransi kesehatan. Selain untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Juga menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti komplikasi pada kehamilan yang berisiko untuk kesehatan ibu dan calon bayi.

Dilansir dari cekpremi.com Asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayarkan biaya perawatan kesehatan seperti biaya dokter, rawat jalan, rawat inap, obat-obatan, tindakan operasi, dan lain sebagainya.

Ada 4 varian asuransi kesehatan. Salah satunya varian melahirkan yang memberi manfaat untuk penggantian biaya persalinan baik secara normal maupun operasi (Caesar). Asuransi ini akan mengcover biaya saat melahirkan dan biaya pasca melahirkan.

Penutup

Bekerja di luar rumah ketika hamil merupakan sebuah hal yang tak bakal mengganggu kesehatan kamu. Hanya saja 7 hal ini mesti dilakukan oleh ibu hamil yang bekerja di luar rumah agar kesehatan tubuh dan janinmu terjaga.

Dengan melakukan 7 hal tersebut, semoga ibu hamil dapat bekerja di luar rumah  dengan nyaman dan tenang. Serta lancar proses persalinannya. Semangat semua moms!

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar