Laporkan Penyalahgunaan

Bingung Memilih Properti yang Tepat untuk Pasangan Baru, Berikut Tipsnya

 

Bingung Memilih Properti yang Tepat untuk Pasangan Baru, Berikut Tipsnya


Bagi pasangan baru memiliki investasi properti adalah mimpi yang berusaha untuk diwujudkan. Salah satu investasi properti yang paling banyak diimpikan adalah tanah serta rumah. Kedua properti tersebut dianggap paling banyak menguntungkan karena harganya semakin mahal dalam jangka panjang.

Pasangan baru biasanya belajar mengatur penghasilan sedemikian rupa. Sekian persen untuk keperluan rumah tangga serta menyimpan bagian yang tersisa untuk keperluan masa depan.

Pasangan baru terbilang pemula, sebaiknya perlu mempelajari seluk beluk tentang properti sebelum menjatuhkan pilihan. Tujuannya agar tenang dan tidak mengalami penyesalan di kemudian hari.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi pasangan baru dalam memilih investasi properti:

Kenali Lokasi

Mengenali lokasi sangat penting. Hal ini dapat dilakukan dengan survey langsung atau secara online. Jangan sampai memilih lokasi yang kurang aman, rawan banjir, longsor atau bahkan gempa.

Bertanya atau wawancara secara langsung dengan orang yang berada di lingkungan lokasi juga baik sebab kita akan tahu asal usul tanah atau rumah apakah bekas rawa, sawah atau lahan gambut yang tentu akan butuh biaya lebih besar lagi kedepannya.

Barangkali, bisa kunjungi Properti1.com yaitu situs properti pilihan pertama bagi Anda yang ingin mencari atau memasarkan berbagai jenis properti seperti apartemen, rumah, tanah, dan lain-lain.

Ada banyak pilihan rumah dijual jika anda menginginkan properti rumah yang siap huni.

Pilih Pengembang yang Amanah

Bagaimana cara memilih pengembang yang amanah? Dilansir dari berbagai sumber minimal 5 tahun pengalaman di bidang properti. Namun informasi mengenai pengembang bisa dilihat di website penyedia properti.

Pengembang yang amanah juga dapat mempertanggung jawabkan sertifikat tanah atas investasi properti. Hubungi notaris yang mengurus akta tanah untuk lebih tahu kejelasan dari status tersebut. Jangan sampai mengalami masalah di kemudian hari.

Mempersiapkan Dana

Untuk pasangan baru biasanya menggunakan persetujuan KPR guna meringankan pembayaran rumah. Ada banyak penyedia properti yang memudahkan hal tersebut.

Yang perlu anda lakukan adalah meninjau harga pasar. Baik pengecekan harga secara online atau offline untuk mendapatkan harga terbaik. Lalu siapkan dana. Nah, jika menggunakan persetujuan KPR Anda harus mempersiapkan dana untuk menanggung biaya pokok dan biaya lain yang menjadi kewajiban. Seperti:

Biaya Booking Fee

Biaya booking fee atau dikenal dengan tanda jadi akan ditentukan oleh pengembang. Ini adalah bentuk kejelasan jadi membeli rumah. Biasanya pengembang akan menyiapkan rumah dalam kurun waktu tertentu setelah proses ini dilakukan. Namun jika membeli properti melalui pasar sekunder maka biaya tanda jadi ditentukan oleh penjual properti.

Uang Muka

Tahab selanjutnya anda diminta untuk membayar uang muka atau dikenal dengan DP. Down payment yaitu sistem pembayaran secara tunai untuk membeli properti yang cukup mahal secara kredit. Sisanya dibayarkan dengan cara dicicil.

Disini berkewajiban untuk melunasi uang muka jika membeli rumah melalui pihak pengembang. Namun jika melalui pasar sekunder, anda berkewajiban membayar DP sebesar 20%-50% sesuai ketentuan pihak bank.

Angsuran

Selanjutnya anda diminta untuk membayar cicilan selama beberapa tahun sesuai kesepakatan. Semakin besar uang muka yang diberikan maka semakin kecil cicilan yang dibayarkan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan bagi pasangan baru dalam memilih investasi properti. Agar aman dan nyaman saat serah terima unit properti yang diimpikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar