Laporkan Penyalahgunaan

5 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Banyuwangi

 

5 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa yang terkenal dengan Kawah Ijen. Namun, pesona Banyuwangi bukan hanya itu saja, kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata alam eksotis dan sedang hits yang wajib Anda kunjungi. Dari Jakarta atau Bandung menuju Banyuwangi bisa menggunakan kereta api. Anda bisa melakukan pemesanan untuk beli tiket KA secara online melalui aplikasi pemesanan tiket agar lebih praktis dan tidak perlu khawatir kehabisan tiket.

Rekomendasi Tempat Wisata Hits Banyuwangi

Hampir semua daerah di Indonesia bergeliat memajukan pertumbuhan di sektor pariwisata, dan tidak terkecuali Banyuwangi. Tak kalah dengan Pulau Bali yang memiliki banyak wisata eksotis, Banyuwangi juga menawarkan pesona keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Kini, Banyuwangi telah menjadi destinasi internasional yang mengundang turis-turis mancanegara datang berkunjung Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata hits Banyuwangi sebagai tujuan liburan Anda.

Kawah Ijen

Jika Anda ke Banyuwangi maka wajib mengunjungi Kawah Ijen. Danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen ini memiliki fenomena api biru atau blue fire hasil terbakarnya gas sulfur  dari retakan gunung api. Suhu Kawah Ijen bisa mencapai 600 derajat Celcius. Selain api biru, tempat wisata ini juga menawarkan panorama pegunungan yang eksotis, lokasi pertambangan belerang yang ikonik dan menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar. Fakta menarik lain yang wajib Anda ketahui adalah di dunia hanya ada 2 lokasi api biru, yaitu Kawah Ijen dan Gunung Dallol di Ethiopia. Fenomena api biru hanya bisa dilihat dengan mata manusia dalam kondisi tidak ada cahaya, sehingga waktu terbaik tiba di Kawah Ijen adalah pukul 2 sampai 4 dini hari. Anda bisa beli tiket KA dan turun di Stasiun Karangasem atau Banyuwangi Kota, lalu meneruskan perjalanan ke Pos Paltuding menggunakan bus atau carter mobil.

Pantai Pulau Merah

Nama pantai diambil dari pulau kecil dengan bukit tinggi yang terletak tak jauh dari pantai. Pulau ini memiliki tanah yang berwarna merah dan bisa dicapai dengan berjalan kaki saat laut surut. Pantai Pulau Merah sepanjang 3 kilometer memiliki pasir berwarna putih yang halus dan cocok menjadi tempat bermain pasir pantai. Jika Anda ingin berselancar, ombak pantai ini relatif aman untuk pemula. Disediakan pula papan seluncur sewa yang berada di sekitar pinggir pantai. Lokasinya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, dengan jarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Teluk Hijau

Tempat wisata eksotis ini populer dengan nama Green Bay di kalangan turis mancanegara. Teluk yang memiliki air berwarna hijau turquoise yang sangat eksotis ini diapit dengan area hijau berupa hutan tropis lebat yang menyegarkan pandangan mata. Pasirnya lembut berwarna putih dan panoramanya bisa Anda nikmati sambil melakukan aktivitas olahraga air seperti berenang atau snorkeling. Namun, karena lokasinya berada di areal Taman Nasional Meru Betiri, banyak sekali monyet liar di sekitar teluk. Pastikan barang bawaan Anda terjaga di tempat yang aman dan tersembunyi dari jangkauan tangan monyet yang jahil, ya! Menuju ke lokasi menggunakan kereta api dari daerah asal, Anda bisa beli tiket KA dan turun di Stasiun Kalisetail Banyuwangi. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan carter mobil atau travel-elf antar kota menuju Rajegwesi, lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek motor atau sewa perahu untuk sampai di Teluk Hijau.

Pantai Sukamade

Masih di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, terdapat Pantai Sukamade yang populer sebagai tempat konservasi penyu. Pantai ini menjadi triangle diamond Banyuwangi alias ikon wisata paling hits bersama Kawah Ijen dan G-Land. Pasalnya, hampir setiap malam Anda bisa menyaksikan penyu-penyu dewasa mengunjungi pantai untuk mengubur telur-telurnya. Saat pagi, telur penyu menetas dan bayi-bayi penyu berjuang menuju lautan. Menyaksikan seluruh proses pelestarian hewan liar di alam terbuka secara langsung akan membuat liburan Anda terasa sangat berbeda dan menjadi momen tak terlupakan. Selain konservasi penyu, Anda bisa melihat aneka hewan liar lain, wisata hutan mangrove, dan mengamati aneka flora endemik.

G-Land

Berpindah ke taman nasional lain yang juga berada di Kabupaten Banyuwangi, yaitu Taman Nasional Alas Purwo, terdapat Pantai G-Land. Pantai ini merupakan surga bagi peselancar dunia dan mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder. Julukan tersebut diberikan bukan tanpa alasan, gulungan ombak G-Land sangat dahsyat dan disukai para peselancar. Dengan ketinggian 6 sampai 8 meter dan sepanjang 2 kilometer, ombak membentuk tabung air yang sempurna dan membuat pantai G-Land pernah menjadi lokasi kompetisi selancar internasional World Surf League di tahun 2022 lalu. Air pantainya memiliki tiga warna, yaitu biru, hijau, dan putih yang menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan G-Land yang masih alami menjadi nilai plus dibanding tempat surfing lainnya. Beli tiket KA melalui aplikasi online menuju Stasiun Kalisetail Banyuwangi dan lanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Alas Purwo dengan menggunakan bus atau carter mobil. Di Pos Pancur alas Purwo, perjalanan menuju G-Land bisa menggunakan sewa mobil trooper milik Perhutani dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.

Kini, beli tiket KA semakin mudah dan praktis melalui aplikasi penyedia tiket seperti Traveloka. Anda bahkan juga bisa sekaligus memesan hotel atau penginapan serta sewa mobil menuju tempat wisata yang diinginkan. Tersedia pula promo menarik yang bisa bikin liburan ke ujung Pulau Jawa jadi lebih seru dan tak terlupakan. Anda juga bisa menggunakan fasilitas pembayaran paylater yang memberi kemudahan Anda dalam mengatur budget liburan. Yuk, pesan tiket kereta ke Banyuwangi dan rencanakan liburan Anda sekarang juga!

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar