Laporkan Penyalahgunaan

Literasi Keuangan Syariah Inspirasi Rumah Tangga Bahagia

Literasi Keuangan Syariah Inspirasi Rumah Tangga Bahagia

Rumah tangga bahagia adalah impian setiap orang. Lalu bagaimana mewujudkannya? Yaitu dengan membangun pondasi kokoh yang diberkahi Allah. Terus mengingatkan kepada anggota keluarga untuk dapat membedakan mana yang halal dan haram.

Takut dengan siksa Allah di akhirat kelak. Sehingga ketika ada anggota keluarga mengajak begini dan begitu, selalu mempertimbangkan apakah sesuai dengan Syariah? Ini dilakukan untuk saling menjaga anggota keluarga.

Pantas saja berbahagia. Berbeda jika memimpikan kebahagiaan namun tidak sesuai syariah. Semua dihantam, halal, haram, riba, gharar (ketidakjelasan), maisir (judi). Begitu banyak uang dan harta, sayangnya tidak mendatangkan rumah tangga bahagia.

Ada contohnya?

Banyak! Bahkan baru-baru ini berseliweran di layar kaca. Kasus kasus bergelimang harta akan tetapi mencelakai anggota keluarga itu sendiri.

Jadi penting sekali untuk memahami literasi keuangan syariah, sehingga dalam mengelola keuangan juga dilakukan berdasarkan syariah.

Literasi Keuangan Syariah

Literasi Keuangan Syariah

Dilansir dari berbagai sumber literasi keuangan syariah adalah kemampuan seorang individu untuk mengambil keputusan dalam mengelola keuangan pribadinya berdasarkan prinsip syariah. Secara sederhana, berarti pemahaman yang mempengaruhi sikap sehingga mengambil keputusan mengatur keuangan sehingga mampu mengelola keuangan dengan lebih baik dan sesuai dengan ketentuan syariah.

“Tak kenal maka tak sayang‖!” Tidak mungkin tiba-tiba seseorang memilih produk syariah, tanpa mengenal serta sampai kepada dia ilmu tentang hal tersebut. Tanpa pemahaman yang baik.

Untuk itu, hadirnya website tentang literasi keuangan syariah dapat menjadi bacaan yang semoga dapat membuka wawasan untuk lebih mengenal dan mendalami literasi keuangan syariah.

Begitulah hebatnya literasi keuangan syariah. Mengatasi masalah keuangan. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa sumber masalah keuangan bukanlah dari pendapatan saja, melainkan pembelanjaan atau pengeluaran. Dengan melek literasi keuangan akan menghindari tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri.

Semoga saja dengan semakin banyaknya keluarga memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai hal-hal yang terkait dengan ekonomi dan keuangan syariah akan memajukan perkembangan keuangan syariah itu sendiri. Serta terciptalah rumah tangga yang bahagia.

Sebab mereka dapat memastikan bahwa produk yang dibeli halal dan punya manfaat. Dengan melakukan yang terbaik dalam segala urusan, Insya Allah menjadi sumber dan inspirasi rumah tangga bahagia.

Sekarang sudah semakin paham ‘kan? Kenapa literasi keuangan syariah menjadi inspirasi rumah tangga bahagia?

Nah, sekarang mari kita tingkatkan literasi Keuangan Syariah. Dengan cara memperluas pengetahuan finansial, dengan belajar secara online edukasi ekonomi & keuangan syariah di sharia knowledge centre.

Apa itu Sharia Knowledge Centre?

Apa itu Sharia Knowledge Centre?

Sharia knowledge centre adalah pusat informasi, inovasi, dan kolaborasi ekonomi Syariah untuk meningkatkan literasi dan inklusivitas yang mendukung pengembangan ekosistem ekonomi Syariah di Indonesia.

Tepatnya tempat belajar asyik karena dapat diakses kapan dan dimanapun. Kita bisa mencari waktu yang paling tenang dan tempat yang paling nyaman untuk meningkatkan literasi keuangan syariah.

Kanal informasi online ini diprakarsai oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). Informasi disediakan dalam berbagai bentuk, seperti infografis, video serta artikel sehingga memudahkan para penggiat ekonomi syariah untuk meningkatkan literasi.

Infografisnya membuat materi mudah dimengerti dan ciamik untuk di share di media sosial lho. Sehingga berita kebaikan mudah tersebar.

Kurang melek literasi keuangan syariah?

Sepertinya tidak lagi ya! Sekali klik bisa menelusuri informasi yang kita butuhkan dari website ini. Semoga saja dengan adanya platform ini makin banyak keluarga yang mengubah perilakunya terkait keuangan serta lebih cenderung memilih jasa keuangan Syariah.

Penutup

“Tak kenal maka tak sayang, yuk mengenal lebih dekat literasi keuangan syariah, sehingga lebih paham lalu mulai mengelola sumber keuangan sesuai dengan ajaran Islam. Agar menjadi inspirasi rumah tangga bahagia. Mau?

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

17 komentar

  1. Konon pengelolaan keuangan amburadul bisa nenjadi penyebab kekacauan rumah tangga. Semoga dengan literasi keuangan Syariah dari Prudential, ekonomi keluarga aman terkendali.

    BalasHapus
  2. aku pun juga masih perlu banyak belajar mengenai keuangan syariah.. Salah satunya beralih ke bank syariah..
    Makasih sharingnya mbak, jd mau lebih tau di web literasi keuangan syariah

    BalasHapus
  3. Iya sih sepakat ya, harus memperhatikan betul2 kehalalan keuangan keluarga agar kehidupan lebih berkah..

    BalasHapus
  4. terimakasih infonya sekarang jadi lebih paham mengenai jenis jenis keuangan syariah

    BalasHapus
  5. Waahh mantaapp jadi banyak sumber bacaan terkait keuangan syariah... Harus hati-hati sama harta karena sekecil apa pun pertanggung jawabannya berat di akhirat.

    BalasHapus
  6. hidup makin berkaahhh dan indah utk dijalani klo pakai keuangan syariah ya
    mantab betuuilll jadinya

    BalasHapus
  7. Konten literasi keuangan konvensional udah banyak, tapi jujur konten literasi syariah masih jarang banget. Lumayan ni infonya asli bermanfaat banget

    BalasHapus
  8. mauuuuu

    iya nih, kalo ada web terpercaya jadinya kan kita gak ragu untuk belajar tentang keuangan secara syariah, biar gak salah langkah

    BalasHapus
  9. sebagai muslim tentunya kita harus mempelajari keuangan syariah ini ya, mbak agar terhindar dari transaksi yang diharamkan

    BalasHapus
  10. Terima kasih banyak infonya Mba. Sekarang ini kita memang perlu aware lagi dengan jenis keuangan syariah ya supaya pengelolaan uang jadi lebih terjaga.

    BalasHapus
  11. Saya memang masih perlu banyak belajar nih tentang literasi keuangan syariah. Apalagi ini semua juga berhubungan dengan tanggung jawab kita nanti di hadapan Allah

    BalasHapus
  12. harus paham dan praktekin ya.
    supaya makin berkah juga hidupnya

    BalasHapus
  13. Ilmu keuangan berbasis syariah ini memang penting sekali diterapkan ya Mbak. Agar hidup kita pun berkah dan bahagia. Mulai dari transaksi halal dan haram hingga elemen-elemen lainnya, semua sudah ada panduannya sebenarnya.

    BalasHapus
  14. Wah enak nih sekarang sudah ada Shariah center jadinya aku bisa cari informasi Syariah tanpa takut salah

    BalasHapus
  15. Wah iya nih, aku juga mulai belajar literasi syariah
    Biar hidup makin berkah dan tumah tangga makin bahagia

    BalasHapus
  16. Penting sekali kelola keuangan sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Hadits.
    Biasanya aku pakai panduan buku dari Ustadz Dr Erwandi Tarmizi, MA. Namun kini telah hadir Sharia Knowledge Centre yang bisa diakses secara online. Jadi semakin memudahkan untuk mengetahui detil mengenai keuangan dan hukum-hukum yang melingkupinya.

    BalasHapus
  17. Iya bener banget. Banyak orang udah ga peduli hartanya halal atau haram . Korup dianggap biasa karena kalau ga ikut arus bisa dijegal/dikucilkan/dianggap sok suci. Sedih ya

    BalasHapus

Posting Komentar