Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membawa Bayi Saat Perjalanan Darat Pakai Kereta Api

 

Tips Membawa Bayi Saat Perjalanan Darat Pakai Kereta Api

Ingin membawa si kecil keluar rumah dan bertemu dengan kakek neneknya? Salah satu angkutan umum yang mungkin bisa dijadikan opsi perjalanan jauh membawa bayi adalah kereta api. Namun, untuk membawa si kecil berwisata atau mudik dengan angkutan ini agak lumayan tricky.

Meski si manis sudah berusia 7 bulan dan cukup kuat untuk melawan dingin dan panas dalam perjalanan darat, tetapi kamu tetap perlu mengusahakan beberapa hal agar anak nyaman. Selain pesan tiket kereta mengikuti jam tidur bayi, penting bagi kamu untuk memperhatikan berbagai poin berikut ini.

Pilih Kereta Api Eksekutif

Bila biasanya kamu memesan kereta api kelas ekonomi untuk perjalanan darat sendirian atau bersama pasangan, ketika memiliki anak kamu perlu mencoba pesan kelas eksekutif.

Sudah pasti fasilitas dan layanan yang ditawarkan kelas eksekutif pun berbeda dengan kereta ekonomi. Contohnya saja, kualitas kursi yang lebih empuk dan nyaman, kereta yang sampai lebih cepat di tujuan, serta kondisi kereta api kelas eksekutif yang lumayan hening.

Kondisi seperti ini yang akan membuat bayi merasa nyaman dan tidak gampang tantrum. Dengan begini, Bunda dan Ayah bisa lebih safe energy, nyaman selama di perjalanan.

Mengusahakan Si Kecil Kenyang

Usahakan si kecil dalam keadaan kenyang selama di perjalanan. Umumnya, bayi akan terlelap nyaman bila keadaan perutnya penuh. Ini artinya, sebelum berangkat kamu bisa menyusui si kecil terlebih dahulu.

Dikarenakan usia 7 bulan adalah masa di mana bayi sudah boleh makan, kamu bisa juga menyuapi si kecil hingga kenyang sebelum berangkat.

Kamu juga bisa membawa susu formula selama dalam perjalanan beserta air putih yang dipersiapkan agar si kecil bisa menyusu dengan anteng.

Pakaikan Baju yang Hangat

Si kecil yang kedinginan tentu akan susah tidur dengan lelap. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilihkan baju yang hangat agar si kecil bisa tertidur dengan tenang. Namun, pastikan juga baju yang dikenakan tidak terlalu sesak hingga membuat keringat si kecil mengucur deras.

Kamu bisa konsultasikan penggunaan AC pada petugas yang ada. Mintalah untuk membuat AC terasa pas, tidak dingin dan tidak terlalu gerah pula untuk bayi.

Bawa Keperluan Bayi

Selanjutnya kamu perlu membawa banyak barang keperluan bayi. Pilihlah barang-barang kebutuhan yang sekiranya perlu saja sehingga tidak membuat kamu keberatan dan kesusahan.

Contoh perlengkapan bayi yang perlu dibawa, diantaranya adalah peralatan mandi, popok, baju ekstra, jaket, selimut, vitamin dan lain-lain.

Pastikan memasukkan keperluan bayi ke dalam tas khusus. Tujuannya biar kamu tidak repot mengubek-ubek saat barang bayi diperlukan.

Pakai Gendongan Bayi M-Shape

Kamu bisa pertimbangkan menggunakan gendongan bayi M-Shape untuk membawa si kecil selama perjalanan. Gendongan model depan ini sudah aman digunakan membawa bayi usia 7 bulan.

Dengan begitu, Bunda dan Ayah bisa melakukan kegiatan lainnya sambil menggendong si kecil. Selain itu, gendongan seperti ini juga tidak akan membuat si kecil mudah capek dan pegal sebab beban yang bertumpu pada punggung dan bokong secara pas.

Membawakan Mainan

Bayi berusia 7 bulan sudah mengerti dengan adanya mainan. Mereka bisa dengan mudah tertarik pada salah satu barang kesukaan. Nah, oleh karena itu Bunda dan Ayah bisa membantu membawakan mainan kesayangan si kecil untuk membantu mengalihkan perhatian mereka.

Terkadang di dalam kereta api ada saja hal-hal yang membuat anak rewel, entah karena suasana yang kurang kondusif dan lain-lain. Kehadiran mainan dapat membantu menenangkan si kecil.

Sounding si Kecil Sebelum Wisata

beberapa hal agar anak nyaman dibawa traveling

Sebelum ke tempat wisata atau mudik dengan menaiki kereta api, kamu bisa sounding si kecil. Ungkapkan bagaimana suasana kereta api nanti dan betapa serunya naik kereta api.

Si kecil sebenarnya paham dengan apa yang Ayah dan Bunda ucapkan. Dengan melakukan sounding terkait kereta api, mereka setidaknya tidak akan kaget dan mengerti.

Tetaplah Tenang Saat si Kecil Rewel

Meski sudah mencoba berbagai cara agar anak nyaman di kereta api, sebagai orang tua tentu kamu tetap akan menjumpai momen si kecil rewel. Namun, sebagai orang tua kamu sebaiknya tidak usah khawatir berlebihan.

Tetap urus si kecil sebagaimana mestinya dengan hati yang tenang nan stabil. Pasalnya, jika orang tua terlalu khawatir maka anak akan merasakan energi ini dan membuat mereka tambah rewel.

Memang tidak mudah membawa anak-anak selama di perjalanan, apalagi bayi berusia 7 bulan. Namun, bukan tidak berarti tidak bisa sama sekali, ya! Bunda dan Ayah sangat bisa mengusahakan perjalanan darat bersama si kecil asalkan sudah melakukan berbagai persiapan di atas.

Pesan tiket kereta api eksekutif bisa lewat Traveloka, tersedia potongan harga dan berbagai bonus melimpah seperti cashback!

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar