Laporkan Penyalahgunaan

Berikut Ini 7 Istilah-istilah kredit Mobil yang Penting untuk Dipahami

Posting Komentar

 

Berikut Ini 7 Istilah-istilah kredit Mobil yang Penting untuk Dipahami

Sekarang ini, memiliki mobil tidak sekedar untuk terlihat status sosialnya. Melainkan sudah menjadi kebutuhan. Apalagi untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi.

Selain itu dengan memiliki mobil dapat mempermudah pergi bersama. Menelusuri tempat tempat baru, saling berkunjung ke keluarga yang jauh, tanpa kesulitan menggunakan transportasi umum. Lebih nyaman, efektif dan efesien. Bahkan, beberapa orang membeli mobil untuk investasi.

Harga mobil yang tinggi, baik mobil baru atau mobil bekas. Mendorong  seseorang untuk membeli secara kredit. Cara ini dianggap umum karena memungkinkan seseorang untuk segera memiliki mobil yang diinginkan tanpa harus menabung dalam waktu yang lama terlebih dahulu.

Istilahnya, “kalau tidak kredit tidak punya mobil.”

Berbicara soal istilah, berikut ini ada Istilah-istilah kredit mobil yang penting dipahami. Agar membantu mempermudah proses pembelian mobil anda secara kredit.

Dilansir dari website kreditkerenbanget.com ada 7 istilah dalam pembayaran secara kredit yaitu Harga On The Road (OTR), Harga Off The Road, Down Payment (DP), Total Down Payment (TDP), Tenor, ADDM dan ADDB.

Harga On The Road (OTR)

Harga On The Road (OTR) adalah harga beli mobil sudah meliputi semua biaya-biaya lainnya sehingga sudah bisa dibawa ke jalan karena sudah dilengkapi surat-surat kendaraan. Biaya lainnya seperti biaya untuk pajak penjualan, biaya pendaftaran kendaraan, biaya lisensi, biaya administrasi, dan biaya asuransi. Jadi, Harga OTR berbeda jauh dengan harga kendaraan yang ada di brosur.

Harga Off The Road

Harga Off The Road adalah kebalikan dari harga on the road, dimana harga beli mobil sesuai dengan brosur belum mencakup biaya untuk dokumen layak jalan.

Down Payment (DP)

Down Payment atau DP adalah istilah dari uang muka yang dibayarkan untuk pembelian mobil di muka.

Dealer mobil sudah pasti punya kebijakan yang berbeda soal DP. Biasanya dealer mobil akan menjelaskan tentang persentase DP, DP 0%, DP 20% - 30% dari harga kendaraan tersebut. Semakin mahal harga mobil maka semakin besar pula DP yang harus dibayar. Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka semakin kecil jumlah kredit yang dibayarkan. Sebaliknya, semakin kecil DP yang dibayarkan, maka jumlah cicilan yang dibayarkan lebih mahal.

Total Down Payment (TDP)

Total down payment adalah total pembayaran uang muka. Jadi uang yang dibayarkan di awal ketika membeli mobil secara kredit tidak hanya DP atau uang muka tetapi ditambahkan dengan biaya-biaya lainnya meliputi biaya administrasi, asuransi dan angsuran kredit pertama.

Tenor (Loan Term)

Tenor atau loan term adalah jangka waktu atau durasi pembayaran kredit mobil. Setiap perusahaan berbeda-beda, tergantung kesepakatan. Semakin lama masa pinjaman, maka semakin kecil pembayaran kredit, namun semakin besar bunga yang dibayarkan. Biasanya durasi kredit mobil antara 1 hingga 8 tahun lamanya.

ADDM

ADDM adalah istilah dari Angsuran Dibayar di Muka, yaitu angsuran atau cicilan kredit pertama yang dibayarkan bersamaan dengan DP. Dengan membayar ADDM maka tenor pinjaman akan berkurang sekali.

ADDB

ADDB adalah istilah dari Angsuran Dibayar di Belakang. Artinya cicilan akan dibayarkan pada bulan berikutnya setelah mobil digunakan. Dengan mencicil di belakang TDP akan lebih ringan namun tenor pinjaman tetap.

Penutup

Nah, itulah 7 istilah istilah kredit mobil yang penting untuk dipahami. Dengan memahaminya dapat membantu mempermudah proses pembelian mobil anda secara kredit. Bagaimana apakah anda sudah mengambil keputusan untuk kredit mobil dimana? Jangan lupa untuk menimbang nimbang dan mengetahui kondisi keuangan secara cerdas. Agar tetap balance antara pengeluaran dan pendapatan.

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar