Laporkan Penyalahgunaan

8 Tips Packing Agar Tidak Kelebihan Bagasi Pesawat

 

8 Tips Packing Agar Tidak Kelebihan Bagasi Pesawat

Saat Anda merencanakan perjalanan via udara, packing yang efisien adalah salah satu langkah penting yang akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan tanpa gangguan. Seperti yang diketahui, saat ini hampir seluruh maskapai seperti Garuda Indonesia memiliki aturan berat bagasi yang perlu diikuti oleh penumpang. Salah satu alasan pesawat banyak disukai adalah bagasi yang cukup besar serta kemudahan membeli tiket, seperti melalui aplikasi Traveloka.

Jika Anda berencana untuk membawa koper saat bepergian, Anda perlu melakukan packing yang efisien agar berat koper atau barang bawaan tidak melebihi batas maksimal dari yang sudah ditetapkan oleh maskapai. Untuk itu, Anda bisa simak 8 tips packing berikut ini untuk menghindari biaya tambahan saat memasukkan barang ke bagasi.

Pilih Koper yang Tepat

Langkah pertama adalah pastikan Anda memiliki koper yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Pilih ukuran koper yang sesuai dengan panjang perjalanan sangat penting, agar Anda bisa mengira-ngira jumlah barang yang bisa perlu Anda bawa.

Untuk perjalanan dengan durasi yang singkat seperti 1 hingga 3 hari, koper berukuran kecil hingga sedang biasanya cukup, sementara perjalanan jangka panjang memerlukan koper yang lebih besar. Pilih juga koper yang kuat dan tahan lama untuk menghindari kerusakan saat koper sedang diproses untuk masuk ke bagasi pesawat.

Buat Daftar

Sebelum mulai packing, buat daftar barang yang akan Anda bawa selama perjalanan. Membuat daftar adalah langkah yang penting sebelum Anda mulai mengemas barang-barang untuk perjalanan Anda.

Ketika Anda membuat daftar, Anda akan memiliki daftar yang jelas tentang apa yang perlu Anda bawa. Langkah ini akan membantu Anda mencegah lupa membawa barang-barang penting seperti paspor, tiket penerbangan, kartu identitas, kartu kredit, obat-obatan, dan barang berharga lainnya yang sangat dibutuhkan selama perjalanan.

Hindari Overpacking

Hindari Overpacking

Masih berhubungan dengan poin nomor 2, sangat penting untuk tidak membawa terlalu banyak barang. Pertimbangkan kebutuhan Anda dan hindari overpacking, yang dapat menyebabkan koper Anda menjadi terlalu berat atau berpotensi terkena aturan over baggage dan Anda perlu mengeluarkan biaya lebih.

Untuk menghindari kondisi ini, Anda bisa lebih objektif dalam memilih barang apa yang benar-benar perlu dibawa dan apa yang sebaiknya ditinggalkan di rumah.

Sesuaikan Pakaian

Pilih pakaian yang sesuai dengan tujuan perjalanan Anda dan cuaca di tempat tujuan. Pilih pakaian yang dapat dipadu-padankan dan hindari membawa terlalu banyak pakaian. Jika Anda akan berkunjung ke tempat yang panas atau dengan suhu yang tinggi, tinggalkan baju hangat seperti sweater dan jaket untuk mengurangi beban koper serta memberikan ruang ekstra dalam koper Anda.

Sebaliknya, jika ingin ke tempat dengan cuaca atau suhu yang dingin, tinggalkan pakaian yang tipis dan prioritaskan pakaian hangat di dalam koper Anda.

Gulung Pakaian

Pakaian seperti kaos atau celana jeans bisa Anda packing dengan cara digulung. Packing dengan menggulung pakaian dan menggunakan karet gelang adalah metode efektif untuk mengorganisasi pakaian Anda dalam koper dengan lebih efisien.

Metode ini dapat membantu Anda menghemat ruang, mengurangi kerutan pada pakaian, dan memudahkan akses ke pakaian tertentu tanpa harus mengacaukan seluruh isi koper. Setelah Anda menggulung pakaian, gunakan karet gelang untuk mengencangkan gulungan tersebut. Anda bisa mengelilingkan karet gelang di sekitar gulungan pakaian beberapa kali sehingga tetap rapat dan aman.

Pastikan Barang Berharga Dalam Tas Kabin

Hindari menaruh barang berharga apa pun di dalam koper Anda. Barang berharga seperti laptop, kamera, dan perhiasan sebaiknya selalu dibawa dalam tas kabin Anda, bukan dalam koper. Langkah ini akan membantu Anda menjaganya tetap aman. Uang tunai pun begitu, disarankan untuk menaruhnya di dalam tas kabin.

Kenali Aturan Keamanan Maskapai dan Bandara

Kenali Aturan Keamanan Maskapai dan Bandara

Sebelum packing, pastikan Anda memahami aturan keamanan bandara terkait barang tertentu yang boleh dibawa. Perhatikan barang-barang yang berpotensi dilarang oleh maskapai atau bahkan bandara. Barang-barang seperti seperti cairan atau benda mengandung gas umumnya tidak diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat. Lalu, benda tajam seperti gunting atau cutter sebaiknya disimpan di dalam koper, karena jenis benda ini tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam kabin. Persiapan ini akan membantu Anda menghindari masalah saat melewati pemeriksaan keamanan.

Sisakan Ruang untuk Oleh-Oleh

Jika Anda akan pergi untuk berlibur, mungkin Anda akan membeli beberapa barang untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, saat Anda packing, sisakan sedikit ruang ekstra dalam koper Anda untuk souvenir atau barang tambahan yang mungkin Anda beli selama perjalanan. Cara ini akan membantu Anda menghindari masalah saat akan packing untuk kembali ke rumah.

Dengan mengikuti 8 tips packing penting ini, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan Anda naik pesawat berjalan lancar dan tanpa stres. Packing yang efisien akan membuat Anda lebih siap dan nyaman selama perjalanan, serta membantu Anda menghindari biaya tambahan yang mungkin muncul karena berat koper berlebihan.

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar