Laporkan Penyalahgunaan

Kenali Perbedaan Keju Agar Bermanfaat Membantu Diet

14 komentar

 

kenali-perbedaan-keju-agar-bermanfaat-membantu-diet

Ketika disebut “keju” maka yang terbayang dibenakku pisang krispi dengan topping parutan keju dan cokelat. Rasanya bikin lumer di mulut. Menambah kelezatan makanan. Namun, tahukah bahwa keju ternyata dapat membantu berdiet lho.

Dengan catatan pilih keju yang benar-benar memiliki kandungan gizi lebih baik untuk tubuh. Bagaimana caranya ya? Kenali perbedaan keju berikut ini!

Dilansir dari delisari.com jika kamu sedang berdiet atau menjalani pola hidup sehat pilih keju Cheddar alami. Sesuai perpedaan keju berdasarkan pengolahannya terbagi menjadi keju cheddar alami dan olahan. Cheddar sendiri  berasal dari nama asal usul keju ini yaitu desa Cheddar di Somerset, Inggris.

Perbedaan tersebut dapat dikenali dari tiga aspek yaitu, bahan baku, lama pembuatan dan tekstur.

Bahan Baku

Keju alami berbahan baku lebih sederhana, yaitu susu segar, garam, kultur dan enzim tanpa pengolahan lebih lanjut. Sedangkan keju olahan berbahan baku keju alami yang dicampur dengan tambahan bahan pengemulis, padatan susu, pengatur keasaman dan bahan pengawet kemudian mengalami pematangan atau maturation.

Perbedaan lainnya, pada keju alami kandungan garam lebih rendah sebaliknya kandungan garam pada keju olahan dua kali lipat dari keju alami. Ini yang membuat keju alami lebih bisa membantu kamu yang sedang diet.

Kandungan garam pada keju olahan dapat memberikan rasa kenyang palsu. Terasa sudah kenyang namun beberapa saat kemudian terasa lapar lagi. Nah, tentu porsi makan jadi banyak ya. Sebaliknya, keju olahan dapat memberikan efek kenyang yang baik untuk kesehatan kamu.

Lama Pembuatan

Keju cheddar alami memiliki proses pematangan yang lebih lama, sehingga menghasilkan varian rasa yang lebih banyak. Keju alami didiamkan tiga bulan sampai 24 bulan. Rasanya berbeda-beda. Semakin lama didiamkan, rasanya semakin menonjol.

Tekstur

Untuk tekstur keju menyesuaikan dengan lama pembuatan.  Dilansir dari berbagai sumber, keju alami yang didiamkan 3-6 bulan punya tekstur segar, gurih dan lembut. Dalam pikiran saya, berbentuk slice yang cocok diletakkan di dua lembar roti. Keju yang berumur 18 bulan, memiliki tekstur agak kering, namun mudah meleleh jika gunakan untuk memasak atau memanggang.

Terakhir jika keju alami didiamkan 24 bulan, teksturnya akan kering, aroma fermentasi kuat. Kira-kira keju yang mana yang paling kamu suka?

Nah, setelah mengenali perbedaan keju. Sepertinya keju cheddar alami menjadi pilihan jika kamu sedang berdiet. Keju ini akan membantu menurunkan berat badan.  Kok bisa?

Cara kerjanya, olahan susu kaya akan zat besi dan kalsium ini akan memberikan rasa kenyang sehingga kamu tidak suka makan berulang-ulang. Tepatnya tidak sering ngemil. Secara signifikan akan membantu diet kamu.

Selain itu, memiliki efek yang baik untuk kesehatan seperti, dapat mempengaruhi mood baik kamu, meningkatkan energi, dan mengatur gula darah agar tetap normal.

Bagaimana apakah kamu mau mencoba cheddar alami untuk menurunkan berat badan? Berikut ini ada beberapa referensi keju alami,

  • Happy Valley cheddar block
  • Cheddar Slice Burger 
  • Kerry Cheddar Cheese Powder 
  • Carbery Mild white natural cheddar cheese block 
  • Mild red natural cheddar cheese block 
  • Italian natural cheddar cheese block 

Bagaimana cara konsumsinya keju alami? Disesuaikan dengan kebutuhan, jangan terlalu berlebihan. Diet berhasil dipengaruhi banyak faktor, penambahan keju pada makanan adalah sifatnya membantu. Semua tergantung pada pola pikir, pola makan, dan gaya hidup.Semoga mengenali perbedaan keju ini bermanfaat dan membantu diet kamu ya!

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. Masya Allah... saya kira keju itu makanan yang harus dihindari saat diet, ternyata orang diet pun bisa mengonsumsi keju ya... saya sendiri bukan penggemar keju, kecuali untuk toping pizza. Belum pernah sih merasakan keju yang didiamkan hingga berbulan-bulan, selama ini hanya makan yang ada di pasaran saja. Mungkin harus coba ya... siapa tahu saya suka,hehe

    BalasHapus
  2. Cuz, langsung ngemil keju cheddar..pas buatku ini karena membantu diet dan memiliki efek yang baik untuk kesehatan . Mau dong aku punya mood baik, energi meningkat, dan gula darah tetap normal karena konsumsi keju

    BalasHapus
  3. Baru tau keju bisa buat diet mbak. Info bagus nih buat kakak sepupuku yang lagi diet..ternyata makan keju juga bagus ya noted deh

    BalasHapus
  4. Waa baru tau ternyata keju bisa buat diet juga ya. Hehe. Tapi tentu harus dibarengi sama pola makan sehat lainnya, kalo makan keju tambahannya burger dan junkfood lainnya ya podo wae. Wkwk..

    BalasHapus
  5. gula darah yg normal memang PR banget buatku mba
    makanya aku juga kudu paham serba serbi keju ini.
    aahh, makasi sharing-nya ya mbaa

    BalasHapus
  6. Hmm, ternyata kita harus mengenali beberapa hal tentang keju ya sebelum mengonsumsinya. Jangan berlebihan juga karena dia sifatnya makanan tambahan.

    BalasHapus
  7. Kalo pas bikin roti, salah satu isian datau topping favorit pastinya keju. Karena memang enggak suka yang manis-manis. Kejunya juga harus keju asli biar mantep rasa rotinya.

    BalasHapus
  8. keju cheddar alami itu yang dijual di minimarket buka ya? atau belinya harus di tempat khusus? setahuku kalau keju di minimarket itu sudah olahan ya kayaknya?

    BalasHapus
  9. Banyak banget jenis keju ini ya mbak. Emang bagusnya konsumsi keju alami sih. Tetapi sayangnya rada sulit dicari ya, plus harganya juga lebih mahal.

    BalasHapus
  10. Nyaman banget yaa.. Diet menggunakan keju yang lezat.
    Apalagi keju yang masa simpannya sudah lama. Jadi rasanya lebih mantap. Biasanya kami konsumsi keju untuk dimasak bareng pasta. Yummii~

    BalasHapus
  11. Aku langsung tertarik pas baca Keju bisa membantu diet, hihihi .
    Betul ya mbak Diet berhasil dipengaruhi banyak faktor, tergantung pada pola pikir, pola makan, dan gaya hidup tentunya

    BalasHapus
  12. Wah... Ternyata ada keju yang pro diet ya... Ini harus segera diinfokan ke Pak Suami yang pecinta keju tapi mau menurunkan berat badan.

    BalasHapus
  13. Baru tahu kalau diet konsumsi keju malah disarankan ya...
    Keju bakalan jadi camilan favorit nih

    BalasHapus
  14. Owh baru tahu klu keju itu bisa ust diet ya. Kirain bnyk lemak ternyata buat die juga. Maksih infonya

    BalasHapus

Posting Komentar