Laporkan Penyalahgunaan

Kenali Gejala Kolesterol Berikut dan Segera lakukan Tes Darah!

 

Kenali Gejala Kolesterol Berikut dan Segera lakukan tes darah

Tubuh akan mengeluarkan signal tertentu jika ada masalah. Maka yang dapat dilakukan adalah berhati-hati. Mengerem sesuatu yang memicu hal tersebut.

Akhir-akhir ini kolesterol menjadi popular. Tidak hanya orang tua dan dewasa, anak-anak pun mengalaminya. Penyebabnya adalah menu yang kurang sehat. Konsumsi fastfood dan goreng-gorengan.

Apakah kamu seorang wanita pecinta fastfood dan goreng-gorengan? Dilansir dari anlene.com, Berikut gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai:

Nyeri Dada

Salah satu gejala jika kolesterol kamu tinggi adalah ada rasa nyeri di dada. Penyebabnya adalah peredaran darah yang terganggu. Sedikit pasokan darah merah yang kaya oksigen. Rasa nyeri ini seperti ditusuk-tusuk.

Nyeri di Tengkuk

Pada umumnya yang menjadi signal utama jika kolesterol tinggi pada wanita adalah ada rasa nyeri di bagian belakang leher atau tengkuk. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak pada pembuluh darah leher.

Nyeri di tungkuk akan sangat terasa jika kamu konsumsi kepala ayam, kulit ayam yang berlebihan. So, makan yang secukupnya ya!

Kram dan Kesemutan

Kaki sering kesemutan ketika duduk terlalu lama? Atau tangan terasa kebas ketika tertindih saat tidur? Itu hal lumrah, akibat tekanan saraf atau sirkulasi darah kurang baik. Namun jika durasi kram dan kesemutan lumayan sering bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Sebab jika kolesterol tinggi berhubungan dengan syaraf tepi. Pengalamanku, kram dan kesemutan sering muncul di malam hari atau saat melakukan aktivitas yang terlalu banyak.

Mudah Capek dan Mengantuk

Mudah capek dan sering mengantuk? Perlu diwaspadai jangan-jangan kolesterol sangat tinggi. Kolesterol yang menumpuk dapat menghambat aliran darah sehingga akan mudah lelah dan mengantuk. Sebab asupan sel darah merah dan oksigen berkurang.

Apa yang dilakukan ketika kolesterol tinggi?  

Jika gejala kolesterol di atas muncul, sebaiknya segera lakukan tes darah agar mengetahui kadar kolesterol sebenarnya, guna penanganan lebih baik, apalagi jika punya latar belakang obesitas atau tekanan darah tinggi dan wanita berusia diatas 65 tahun.

Lalu, apa yang dilakukan? Kamu bisa pergi ke dokter untuk mengetahui berapa kadar kolestrol. Konsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan kolesterol.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara alami yang dapat menurunkan kolesterol dan bahannya mudah ditemukan di sekitar kita. Apa saja ya? kesehatan.kontan.co.id mencatat, sedikitnya ada beberapa minuman yang dapat menurunkan kolesterol yaitu:

Jus Jambu Biji

Siapa sangka, minuman yang menyegarkan ini dapat menurunkan kolesterol. Disebalik rasa manis dan segar mengandung pektin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Eits, tapi jangan terlalu banyak menambahkan gula dan susu.

Wedang Jahe

Wedang jahe hangat tidak sekedar menghangatkan tubuh. Kandungan di dalamnya berfungsi untuk menurunkan kolestrol jahat. Lebih baik jika disedu tanpa gula ya.

Sari Kedelai

Kandungan fitosterol di dalam sari kedelai dapat menurunkan penyerapan kolesterol di dalam darah. Sebaiknya minum tanpa gula dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Infused Water

Minuman tawar dengan irisan jeruk nipis, lemon atau belimbing beberapa tahun yang lalu mulai viral. Selain memiliki banyak manfaat juga dapat menurunkan kolesterol. Lebih terasa khasiatnya jika dicampurkan dengan madu. Dapat menjaga kesehatan keluarga.

Penutup

Setelah, kolesterol stabil sebaiknya jaga pola makan yang sehat. Hindari fastfood dan goreng-gorengan untuk mencegah kolesterol jahat datang kembali. Konsumsi makanan sehat dan rendah lemak seperti sayur-sayuran, buah, bawang putih, ubi unggu, dada ayam tanpa kulit, jamur dan susu rendah lemak.

Namun, tetap dalam jumlah sewajarnya, karena yang berlebihan tidak baik dan menimbulkan penyakit. Jangan lupa cek secara berkala kolesterol kamu ya!

       

   

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar