Laporkan Penyalahgunaan

Hal Kecil Berdampak Besar untuk Meningkatkan Skill Blogger

Posting Komentar

 

Hal Kecil Berdampak Besar untuk Meningkatkan Skill Blogger

Skill menulis harus terus dipelajari dan dikembangkan. Khususnya  blogger yang tugas utamanya adalah menulis di blog. Tujuannya agar menghasilkan artikel yang berkualitas. Beberapa teman blogger yang menyebut dirinya newbie, berkembang begitu pesat. Rahasianya adalah dia terus mengasah skill menulisnya setiap hari.

Kemudian terdapat hal-hal kecil yang jika dilakukan terus menerus berdampak besar yang akhirnya meningkatkan skill blogger secara baik. Apa saja hal kecil tersebut, simak yuk!

Membaca

Pernah gak sih seorang blogger kehabisan ide menulis? Tentu tidak, jika membiasakan membaca buku setiap hari. Membaca adalah sumber ide yang tidak ada habisnya. Sering membaca akan mengasah ketajaman dari sebuah tulisan.

Lama membaca yang dianjurkan UNESCO minimal 4-6 jam perhari. Di Indonesia kebiasaan membaca buku rata-rata sekitar 1 jam 36 menit per hari. Hmmm, kira-kira blogger rata-rata berapa jam ya per hari?

Selain itu, “membaca” sekeliling, alam, lingkungan juga menjadi sumber ide. Kebiasaan blogger peka dalam menangkap situasi yang ada akan melahirkan tulisan yang up to date.

Terbiasa Menulis Ringkas dan Tidak Bertele-tele

Godaan banget nih, blogger untuk menuliskan sekian ratus kata. Namun, kebiasaan menulis ringkas dan tidak bertele-tele akan memperbaiki performa artikel.

Dengan begitu artikel lebih mudah dipahami. Pembaca mudah mendapat informasi. Sebab, biasanya pengunjung blog bermaksud menemukan informasi dengan membaca by skimming.

Menaklukan Malas

Asma Nadia menuliskan

Berapa jam dalam sehari semalam digunakan untuk tidur? Berapa jam untuk menulis? Kalau ingin menjadi penulis kenapa lebih banyak di tempat tidur dibandingkan menulis? No Excuse

So, blogger ayo taklukan malas. Aku sendiri suka memiliki alasan untuk malas. Malas baca, malas belajar, malas buka laptop. Hahahaha, mau jadi good blogger tapi malas buka laptop apa bisa!?

Jadi, solusinya paksakan. Biasanya setelah dipaksa, beberapa menit kemudian jari-jari menari sempurna di atas keyboard. Memang berat memulainya. Bismillah yuk!

Anggap saja, kamu sedang bekerja di harian post. Apakah bisa suka suka posting? Apakah bisa beralasan, oh, aku sedang bete, tidak ada ide? Tentu tidak! Manage diri sendiri seolah-olah sedang bekerja dengan orang lain dengan target menulis berapa per hari.

Blog Walking

Blog walking adalah aktivitas berkunjung ke blog yang lainnya, guna meningkatkan traffik ataupun meninggalkan komentar sebagai wujud sosialisasi dengan blogger lainnya. Kunjungi halamansekolah dapatkan idedancerita di sana.

Kebiasaan kecil ini, memiliki dampak yang besar lho bagi blogger. Blogger jadi banyak belajar dari blog lain. Tidak seperti katak dalam tempurung, sepertinya blog sendirilah yang paling baik, yang paling bagus. Dengan blog walking, blogger jadi tahu detail blog sendiri seperti apa, dan dapat menjadi semangat untuk memperbaiki blog sendiri.

Share Media Sosial

Share media sosial selain membuat postingan blog mudah keindeks, juga memungkinkan artikel dibaca banyak orang. Memperkenalkan sebagai blogger produktif. Terbukti, Beberapa brand kontak untuk kerja sama melalui media sosial.

Gunakan tagar tertentu, sebagai ciri khas kamu. Biasanya aku selalu memakai tagar #bloggerperempuan dan #bloggerjambi setiap kali share di medsos. 

Penutup

Nah, itulah lima hal kecil yang berdampak besar untuk meningkatkan skill blogger. Sebenarnya masih banyak hal lain yang bermanfaat, teman-teman dapat menambahakan di kolom komentar ya!

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar