Laporkan Penyalahgunaan

Tidak Perlu Antre Berikut Cara Perpanjang Sim Online

 

Tidak Perlu Antre Berikut Cara Perpanjang Sim Online

Pasal 85 ayat (2) UU LLAJ berbunyi, “Surat Izin Mengemudi berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang.” Untuk itu sebagai warga negara yang baik, sangat lega jika bisa memperpanjang SIM tepat waktu.

Saat ini kita begitu akrab dengan teknologi. Kabar baiknya perpanjangan sim, dapat dilakukan secara online, tidak perlu antri. Cukup hidupkan perangkat komputer atau ponsel untuk membuka situs web resmi pemerintah yang menyediakan layanan tersebut.

“Lalu, sulit gak sih? Aku ‘kan masih gaptek.” Keluh seorang teman.

Ternyata lebih mudah dari pada yang dibayangkan. Berikut cara perpanjang sim online. Sebelumnya, download aplikasi Digital Korlantas POLRI di App Store maupun Google Play Store ya.

Siapkan Dokumen Perpanjang SIM Online

Dalam hal ini, kamu perlu menyiapkan dokumen atau syarat yang diminta. Seperti: Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) , SIM yang akan diperpanjang, Pas foto terbaru dengan latar berwarna biru serta Foto tanda tangan di atas kertas putih.

Setelah menyiapkan dokumen yang diminta kamu bisa ikuti cara berikut untuk melakukan perpanjangan sim:

Akses aplikasi Digital Korlantas POLRI

Setelah download aplikasi pelayanan SIM online yang disediakan oleh pihak berwenang, kamu bisa register terlebih dahulu. Dengan memasukkan nomor handphone untuk lakukan verifikasi. Verifikasi data juga bisa menggunakan NIK dan SIM. Jika sudah valid, kamu dapat melakukan perpanjangan SIM Online dengan mengklik Perpanjangan SIM.

Di menu perpanjangan SIM, kamu diminta untuk memilih golongan SIM yang akan diperpanjang dan mengisi nomor SIM yang lama. Selanjutnya, silahkan mengunggah dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya seperti foto e-KTP, SIM, foto berlatar biru dengan resolusi 480x640 pixel, serta foto tanda tangan di kertas putih.

Pengunggahan dokumen tidak makan waktu lama. Namun, jika ada dokumen yang habis masa berlaku atau kadaluwarsa permohonan perpanjangan SIM online bisa ditolak.

Tes Kesehatan dan Psikologi

Salah satu alasan kamu harus memperpanjang sim adalah pengemudi harus terpantau sehat jasmani dan rohani. Dalam hal ini tes kesehatan dan psikologi diminta. Untuk melihat kesehatan fisik dan mental seseorang yang mempengaruhi cara seseorang berkendara.

Setelah upload dokumen, selanjutnya sistem akan melakukan verifikasi pemeriksaan kesehatan dan psikologi. Lakukan tes kesehatan secara online di laman erikkes.id. Kemudian, lakukan pemeriksaan psikologi di laman eppsi.id.

Tes kesehatan dan psikologi di laman tersebut terkoneksi langsung dengan aplikasi Digital Korlantas POLRI. Jika hasil kedua pemeriksaan tadi Anda dinyatakan memenuhi syarat, maka akan muncul tanda centang di aplikasi.

Pilih lokasi SATPAS terdekat

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu memilih lokasi SATPAS sebagai tempat dimana sim diterbitkan. Pilihlah, SATPAS yang paling dekat dengan alamat rumah agar biaya pengirimannya menjadi murah.  

Pembayaran

Setelah memilih jenis perpanjangan SIM yang diinginkan. Selanjutnya kamu harus menyelesaikan pembayaran. Jangan lupa cek dengan teliti data data yang telah diupload, mulai dari data diri, jenis SIM, nomor SIM lama, sampai lokasi alamat pengiriman sim.

Jika semua oke, kamu bisa lakukan pembayaran seperti yang tertera di aplikasi Digital Korlantas. Pembayaran dapat dilakukan secara transfer via M-Banking atau ditransfer melalui mini market terdekat.

Menariknya, selain mudah, kamu juga terhindar dari penipuan. Biaya perpanjangan sim juga relatif terjangkau dibanding dengan calo. Yaitu sebesar Rp37.500 untuk Tes psikologi sebesar Rp37.500, Perpanjangan SIM A sebesar Rp80.000 dan pembayaran biaya pengiriman yang disesuaikan dengan jarak tempat tinggal.

Menunggu Proses Verifikasi

Setelah proses pembayaran selesai, kamu masih perlu menunggu proses verifikasi dari pihak berwenang. Biasanya butuh waktu dari 3 sd 7 hari kerja. Untuk informasi terkait verifikasi kamu akan mendapatkan notifikasi atau konfirmasi melalui email atau via whatsapp.

Terima SIM Baru

Terima SIM Baru

Jika permohonan perpanjang sim online berhasil, kamu akan segera mendapatkan SIM baru melalui pengiriman pos atau bisa diambil langsung di SATPAS terdekat yang menerbitkan SIM kamu.

Sebaliknya, jika permohonan sim online gagal, kamu akan memperoleh pengembalian dana di nomor rekening yang kamu input.

Penutup

Nah, itulah langkah-langkah memperpanjang SIM secara online, tidak perlu antre dan tanpa harus repot datang ke kantor pelayanan. Pastikan sim tidak melewati batas perpanjangan ya, agar semua urusan terkait kendaraan menjadi mudah dan aman.

 

 

 

 

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar