Laporkan Penyalahgunaan

Alihkan Pikiran Dengan Produktif Bersama ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

39 komentar

 

alihkan-pikiran-dengan-produktif-bersama-ASUS-Zenbook-14X-OLED-(UX5400)

Kenapa istri harus bahagia? Menurut pendapat Dhuha Hadiyansyah (2019) sebab jika sedang hamil yang merasakan luka adalah sang janin. Ketika ia terluka dalam mengasuh, rasa itu akan mengkristal membentuk kepribadian anak yang tidak diharapkan.

Kita tidak bisa menolak rasa sakit, namun bisa alihkan pikiran untuk melawan rasa sedih, rasa tertekan, rasa tidak bahagia. Karena depresi tidak saja merugikan diri sendiri, justru luka diwariskan ke anak-anak.

Kita butuh kejernihan pikiran, berbaik sangka pada Rabb. Tak apa sering mengeluh, tak apa sering curhat lewat doa-doa. Anggap saja itu ikhtiar agar tetap menjaga kewarasan.

Depresi

Ibu-ibu sharing yuk! Seberapa sering mengeluh? Melalui apa? Sering di medsos atau pada doa-doa? Sering mengeluh bisa saja menjadi indikasi sedang mengalami gejala depresi?

Di salah satu group media sosial yang memiliki anggota lebih dari 56 ribu, ibu-ibu saling cerita, tukar pikiran agar tetap menjaga kewarasan.

Secara garis besar masalah ibu-ibu muncul karena postpartum emergencies, yaitu kegawatdaruratan jiwa pasca melahirkan, ada pergolakan atau perubahan emosi pada diri si ibu. Jika tidak ditangani dengan benar akan berakibat fatal.

Depresi tak ubahnya seperti penyakit, yang mesti dicari obatnya. Sebenarnya obat yang paling sederhana adalah bercerita pada suami, keluarga atau sahabat. Sayangnya, tidak semua suami peka dan merespon dengan baik. Dan tidak semua ibu memiliki kemampuan bercerita. Bahkan ada yang memendam dengan rapi gejola tersebut.

Beberapa hari yang lalu, aku menulis di status WhatApps, tentang hal ini. Bahwa tantrum pasca menikah itu ada dan bahaya. Status ini menanggapi kejadian yang dialami seorang ibu di Brebes, diduga depresi, tega mencelakai ketiga anaknya.

Status itu, bermaksud memberi info penting, bahwa bisa saja tantrum pasca menikah dan depresi ini terjadi di sekitar kita. Tepatnya status itu menyentil pasanganku sendiri agar lebih care. Depresi bukan sengaja dibuat-buat. Ini ada. Namun, yah! status itu tidak ia baca. Apakah rata-rata bapak-bapak tidak suka baca status istrinya?

Setidaknya aku tahu respon ibu-ibu di circleku. Rata-rata DM seolah memberikan virtual huge, dan berkata,” aku juga mengalami depresi!” Hanya barang kali tinggkat tertekannya berbeda. 

cara-mengatasi-depresi

Ceritaku, Apakah Aku Pernah Depresi?

Masih lekat dalam ingatanku, dada terasa meletup-letup. Sesak! Menangis sendiri. Tidak tahu sebabnya. Tepat setelah anak keduaku beberapa tahun yang lalu lahir.

Pasca lahiran, aku menghabiskan waktu di rumah. Dimulai dengan drama jam tidur baby yang tidak menentu dan mengganggu jam tidurku. Lalu, larangan aku tidak boleh makan makanan ini dan itu. Di setiap hari makan dengan menu yang sama. Ditambah kunjungan teman teman yang menitipkan rasa sedih dalam hati.

Misalnya begini,” lho, kamu kok cuci baju sendiri, nanti air susunya kering. Aku lho kalau lahiran apa-apa suamiku yang kerjakan.”

Sejak, perkataan itu dilontarkan ada rasa iba di dalam hati. Aku berfikir, suamiku tidak sayang karena apa-apa kukerjakan sendiri. Rasa syukur hilang, yang ada rasa protes kenapa suamiku tidak seperti suami mereka?

Rasa tertekan semakin bertambah, tak kala anak pertama tantrum. Aku merasa menjadi ibu yang gagal. Aku tidak bisa mengontrol emosi. Aku merasa bukan ibu yang baik.

Ditambah lagi ketika mencoba sharing dengan pasangan, responnya tidak begitu indah, ”kapan  sih bunda tidak mengeluh?” Mungkin suami bosan mendengar hampir setiap hari aku mengeluh. Sebenarnya, yang kubutuhkan, dia mendengarkanku. Itu cukup!

Sejak saat itu, aku coba nikmati sendiri kondisi ini. Ketika anak menangis, aku ikut nangis. Pernah terpikir untuk pergi jauh. Sendiri tidak melakukan apapun. Namun, melihat kedua anak, aku meminta maaf pada diri sendiri, dan meminta pada Allah agar aku lebih baik.

Aku perbanyak curhat dalam doa. Sering memutar ceramah bertema motivasi. Serta mencoba mendekatkan jarak antara aku dan Rabbku, dengan berusaha shalat tepat waktu. Banyak pengaruhnya, terasa lebih tenang dan ikhlas.

Akhirnya aku menemukan petualangan seru dalam mengatasi depresi. Bagaimana cara mengatasi depresi? Salah satunya adalah alihkan pikiran dengan produktif bersama ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400).

bagaimana-cara-mengalihkan-pikiran-agar-tidak-depresi-?

Alihkan Pikiran?

Aku mencoba alihkan pikiran saat depresi. Seperti anak kecil yang sedang tantrum, cara ini berhasil menghilangkan rasa tertekan dan membuat hati lebih tenang.

Bagaimana cara mengalihkan pikiran? Salah satunya dengan menulis. Ketika aku menulis, maka aku akan lebih fokus, mencari ide, membaca referensi yang akan aku tulis, fokus mengembangkan kalimat. Fokus oprek tulisan. Makin ke sini aku fokus memikirkan deadline.

Nah, saat itu pikiran sedih lainnya benar-benar teralihkan. Aku tidak sempat lagi memikirkan omongan orang tentang ketidakberuntunganku. Aku tidak lagi punya waktu untuk berfikir tentang seandainya. Aku juga bebas dari penjara pikiran sendiri bahwa aku bukan ibu yang baik.

Setidaknya dengan menulis, aku bisa menerapi masalahku sendiri. Menasehati diri sendiri. Salah satunya seperti pada tulisan, tips menjadi istri yang selalu bahagia tulisan ini muncul atas kesulitan yang kuhadapi menjadi istri, dibalik itu ada keinginan gemilang agar selalu bahagia.

Sesederhana itu ternyata, mengalihkan pikiran buruk dengan produktif menulis, produktif berkarya. Ada rasa bahagia tak kala berhasil merampungkan satu tulisan.

Sekarang aku fokus mengembangkan dua blog. Blog pendidikan, Halamansekolah.com dan blog pribadi dengan niche lifestyle lindapuspita.com Betapa dibalik pengalaman pengalihan depresi, Allah hadiahi kemampuan menulis yang mengingatkan bahwa aku sebenarnya istimewa.

So, yuk alihkan penjara dalam pikiran kita. Buat diri sendiri bahagia. Dengan menulis, kita punya ruang sendiri, sejenak menepi dari aktivitas yang monoton. Punya circle yang produktif. Dukungan positif yang mengalir satu sama lain. Bonusnya, ibu-ibu punya penghasilan sendiri.

 

produktif-bersama-laptop-ASUS-Zenbook-14X-OLED-(UX5400)

Produktif Bersama  Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400)

Ibu-ibu aku bisikin senjata produktif dalam menulis adalah konsisten dan punya laptop yang mendukung. Gak lucu ketika semangat-semangatnya menulis, laptop ngelag dan loading lama. Keburu anak-anak terbangun. Gagal dong ibu menulis.

Aku masih setia pakai laptop ASUS. Kuat, handal dan bisa dijagokan. Hanya saja, karena tidak sengaja ditarik anakku, bagian windownya ada yang patah. Tapi tetap bisa digunakan.

Menjadi impian punya ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400). Produk terbaru dengan fitur yang bikin ibu-ibu makin produktif. Desainnya sengaja dirancang ringkas dan ringan. Dengan layar OLED 14-inci dan dilengkapi ScreenPad™ 2.0. Zenbook 14X OLED (UX5400) bikin betah beraktivitas di depan laptop. Termasuk aku yang berkaca mata, layarnya diklaim tidak mengganggu penglihatan karena low blue light.

Keunggulan laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Sudah terbayang benefitnya punya laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)? Agar makin semangat menulis dan mengalihkan pikiran sehingga tidak depresi yuk kepoin keunggulannya:

Desain Ringkas dan Ringan

Keunggulan yang pertama, Zenbook 14X OLED (UX5400) didesain ringkas dan ringan. Tidak seberat minyak goreng 2 liter kok. Ringan banget hanya berbobot 1,4kg dan tebal hanya 16,9mm sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Dibawa saat menunggu anak sekolah juga oke.

Layanya 14-inci, namun memiliki dimensi bodi sekelas laptop 13-inci. ASUS memperkenalkan teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar Zenbook 14X OLED (UX5400) dihadirkan sangat tipis yaitu hanya 3mm saja.

Lolos Uji Ketahanan Berstandar

Sudah tersetting di pikiran customer ASUS bahwa setiap produknya tahan lama dan kuat. Begitu juga dengan laptop ultra-portable ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H).

Kabar baik untuk ibu-ibu, karena rentan laptop yang menjadi handalannya tertarik anak, terinjak karena laptop ini telah lolos di beberapa pengujian ekstrem seperti adalah tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem.

Didesain Nyaman Sesuai Keinginan Produktivitas Kerja

Zenbook 14X OLED (UX5400) didesain nyaman sesuai keinginan. Dengan engsel Ergolift memungkinkan dapat dibuka hingga 180⁰, dengan bodi utama yang sedikit terangkat dapat membuat posisi mengetik menjadi lebih nyaman.

Cocok sekali untuk blogger, atau pelaku konten creator yang membutuhkan waktu lama di depan laptop. Inovatif ini dapat mengurangi ketidaknyamanan di depan laptop terlalu lama.

Berteknologi ASUS OLED

Keunggulan yang membuat Zenbook 14X OLED (UX5400) perlu dimiliki adalah menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. Dengan layar ini, laptop memiliki low blue-light anti-flicker dari TÃœV Rheinland.

Manfaatnya tidak membuat mata lelah dan juga low blue light. Seperti kita tahu sinar blue light yang dihasilkan dari layar laptop memiliki efek mempercepat penuaan dini. Kabar gembira nih untuk ibu-ibu yang healing di depan laptop namun khawatir dengan bahaya blue light.

Selain itu layar ASUS OLED menjanjikan kualitas visual terbaik dengan akurasi warna yang tinggi. Sehingga betah berlama lama di depan laptop.

Memiliki Fitur ScreenPad™ 2.0

Zenbook 14X OLED (UX5400) unggul dari laptop premium yang lain karena memiliki Fitur ScreenPad™ 2.0, layar sentuh yang memberikan banyak fitur dan manfaat untuk lebih produktif. Melakukan multitasking seperti menulis, membuat konten, menjalankan bisnis dan juga work from home.

Konektivitas Lengkap

Menulis sekaligus penyembuhan depresi memerlukan konektivitas lengkap. Kemudahan dalam menyambungkan  jaringan komputer dan internet akan meningkatkan produktivitasnya dalam berkarya.

Hardware Modern

Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Ini keunggulan yang dapat mendukung kebutuhan sehari-hari dalam mengerjakan multitasking.

Bagiku sebagai penulis dan content creator memiliki laptop ini adalah wishlist. Chip Intel® Iris Xe Graphics sangat mendukung dalam pemrosesan grafis ekstra.

Fitur ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) yang hadir dengan tiga mode performa bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada Performance Mode, Balance Mode, dan Whisper Mode. Untuk hasil yang lebih maksimal dan perfoma lebih kencang, yang dibutuhkan adalah Performance Mode, prosesor dapat dipacu dayanya hingga 40W.

keunggulan-ASUS-Zenbook-14X-OLED-(UX5400)

Lebih lanjut, dengan pemakaian lama, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga memiliki baterai berkapasitas lebih besar, yaitu 63Whr, dengan daya tahan baterai yang lebih panjang.

Menariknya, mengisi baterai hingga 50% hanya butuh waktu 30 menit. Wishlist banget ‘kan memiliki laptop ini?

Kesimpulan

Nah, itulah sebuah cerita bagaimana menulis dapat mengalihkan pikiran. Tak apa menepi sejenak memberi ruang untuk memberikan waktu pada diri memaklumi keadaan. Lambat laun secara konsisten akan terlihat bahwa engkau bisa bahagia. Bahwa engkau memiliki kemampuan yang istimewa.

Bersama Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400), semoga makin produktif dan bahagia. Bukankah rasa bahagia akan menjaga anak-anak? Atau menjaga anak anak akan menimbulkan rasa bahagia? Entahlah, yang jelas dengan menulis pikiran lebih segar, merampungkan tulisan ini saja membuat hati tenang dan berbunga.

Btw, masih penasaran mengalihkan pikiran dengan menulis bisa atasi depresi? Masih ingat 'kan dengan Mommy ASF penulis layang putus? Nah, beliau adalah salah satu contoh perempuan yang alihkan pikiran dengan menulis based on true story'. Kalau akhirnya viral dan diangkat menjadi sebuah film itu hanya bonus dari mengatasi kewarasannya.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

39 komentar

Najwa Zachrani mengatakan…
asus zenbook ini keunggulannya banyak banget ya, cocok banget mendorong semangat produktifku dalam menulis
ApiidaSokoomah mengatakan…
Wah, keren dan pastinya lebih produktif kalau dengan laptop yang memadai. Menulis salah satunya. Setuju banget, Mbak kalau kita sebagai istri dan ibu sejatinya membutuhkan satu aktivitas yang bisa disukai apalagi kalau bisa menghasilkan cuan. Kesehatan mental memang tidak main-main.
Eni Rahayu mengatakan…
Setuju banget mbak kita memang harus pinter-pinter ngalihin pikiran kita supaya nggak setres ya. Pasti jadi produktif nih menulisnya kalau ditunjang dengan fasilitas yang memadai seperti laptop asus zanbook ini. Apalagi keunggulan yang dimiliki Asus Zanbook ini banyak banget
Linda Puspita mengatakan…
Bener mbak. Tetep semangat menulis ya!
Linda Puspita mengatakan…
Yup mbak. Sedih baca berita yang berseliweran akhirnya anak anak yang menanggung beban
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
asus memang keren banget ya, kapan punya yang spek gahar begini. btw mengenai kesehatan mental, memang perempuan harus punya kesibukan yang dia sukai, terlebih kalau bisa menghasilkan uang.
Lintang mengatakan…
Iya bener senjata produktif emak-emak buat bisa menulis adalah alat tempur yang ciamik. Semoga bisa dapet ASUSnya yah mba..
Arai Amelya mengatakan…
Aku suka banget dengan hardware-nya si Zenbook 14x ini sih kak. Udah memori 16GB dan penyimpanan 1TB, gila itu sih, ngebut abis pasti buat multitask!
Iva C Wicha mengatakan…
Klo punya Asus yg terbaru ini pasti jdi smakin smangat nulis ya, laptop ku mulai lemot bgt soalnya
chairina bawazir mengatakan…
pengen banget deh punya asus zenbook. beli sendiri mah gak kuat hahah apalgi fiturnya keren banget ya.
Erly Damayanti mengatakan…

ASUS nih emang bandel juga lho ga gampang ngambek jadi enak buat diajak kerja, kaya punyaku yang hilang dulu duh jadi nyesek inget kejadian itu
Rani Retnosari Mantriana mengatakan…
Pas banget tahun ini pengen ganti laptop, brandnya aku setia sama Asus tapi masih bingung serinya yang mana. Baca artikel mbak jadi nambah referensi nih
Juwita mengatakan…
Dapat pencerahan banyak banget jadinya
Saraah Megha mengatakan…
spek ASUS memang bagus ya, kami juga ASUS user
KenniApril mengatakan…
Memang depresi itu nyata. Beneran harus diatasi dengan baik supaya nggak numpuk. Produktif bisa jadi salah satunya ya. Saya tertarik dengan ASuS ini sejak adik saya kasih tunjuk ASUs miliknya
https://www.rumahami.com mengatakan…
Review ini membuatku kepingin beli ASUS. Dari dulu sebenarnya kepingin. Semoga suatu saat bisa kebeli. Aamiin.
Simiati257 mengatakan…
Mengalihkan perhatian dengan kegiatan produktif, emang solusi sekali buat mengatasi depresi. Apalagi didukung dengan asus yang mendukung aktivitas
Dyah Kusuma mengatakan…
betul banget meulis bisa mengalirkan rasa sekalian bisa sebagai self healing, karena bisa mengeluarkan uneg-uneg tetapi untuk disimpan pribadi, apalagi jika didukung dengan perangkat yang mendukung, bisa lebih produktif ya
https://www.rumahami.com mengatakan…
Sama Mbak. Aku juga healingku dengan menulis. Bisa mengeluarkan banyak kata tanpa bicara.
Han mengatakan…
Idaman banget sih ini asus emang. Aku jg ngincer ini hahaha semoga beruntung ya mba
Tatiek Purwanti mengatakan…
Duh, brand ASUS ini beneran menggoda dengan berbagai varian seriesnya yaa. Saya pun bakalan bahagia kalau punya, hehe. Baca ini jadi semakin tau speknya. Sip
andyhardiyanti mengatakan…
Bener yaa, Mommy ASF adalah salah satu contohnya. Siapa sangka, dari dihadapkan pada masalah yang pelik, kemudian ia menuangkan dan mengalihkannya lewat tulisan. Eh malah menjadi jalan dia untuk menemukan kesuksesan.
Nita mengatakan…
Saya juga berusaha mengalihkan kepenatan dengan menukis mba, tapi ga dipublish...cuma biar lega aja. Thankyou for sharing mba
Lintang mengatakan…
Cocok buat emak-emak yang suka nulis dan bikin konten yah? Apalagi yang sering belajar daring bareng anak-anak, butuh nih ah.
Sabrina mengatakan…
Asus laptop impian saya juga kak, karena pernah lihat punya teman, ya ampun ringan banget dan super slim, cocok di buat para pekerja aktif seperti saya yang mobile
trlitha11 (lithaetr) mengatakan…
Aduh, ini laptop kok keren banget. Sudah kebayang ini laptop ringan banget, jadi bisa enak untuk dibawa aktivitas yang memiliki mobilitas tinggi. Semoga bisa punya laptop ini juga, aamiin
Han mengatakan…
Ini nih yang kadang tidak dipandang orang ya mba, ibu yang gimana yang mereka mau kadang kita jadi merasa bersalah padahal sudah menjalankan tugas dan tanggung jawab maksimal, tapi terasa kurang aja terus. Btw laptopnya memang jadi laptop incaranku jg nih mbaa, hihi.. semangatt!
Supadilah mengatakan…
wah, nano-nano ya jadi ibu. mudah-mudahan para ibu bisa cari cara untuk terus bahagia. Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400) emang keren nih buat dibawa kerja. Termasuk buat ibu-ibu yang menyalurkan perasaannya lewat nulis. good job!
Ruziana mengatakan…
Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400) pengin punya saya. secara laptop sekarang udah mulai tua. pengin lebih produktif lagi supaya bisa menghasilkan tulisan dan karya karya lainnya.
Laily M Octavia mengatakan…
Laptop Asus ini emang bagus banget spec nya. Dari dulu pingin punya tapi masih menabung buat beli. Moga dapat asusnya ya kaka
Arai Amelya mengatakan…
Sekarang mah emak-emak udah pada berkuasa di banyak kompetisi blog yaaa, membuktikan kalau mereka emang produktif abis
Dyah Kusuma mengatakan…
wah keren nih, pastinya lebih produktif dengan pernagkat yang mendukung ya kak, kreatif dan produktif bisa juga sebagai cara untuk stres release
I'm Blogger mengatakan…
Laptop asusnya akan menunjang pekerjaan san aktifitas menjadi menyenangkan
Siti Mustiani mengatakan…
anti depresi anti galau dah pokoknya kalau pakai laptop ini, semua masalah yang sebelum sebelumnya mengenai perangkat bisa dijawab sama laptop asus zenbook 14x oled ux5400 ini.
Amir mengatakan…
Suka banget sama ASUS oled ini karena punya fitur kenyamanan mata. Jadi aman buat suka menatap layar lama-lama.
Sukma (lantanaungu.com) mengatakan…
Merinding baca tulisanmu Mbak, kenapa bisa disangkut pautkan dengan kebahagiaan Ibu. Tapi aku setuju banget sih, kalau sakit hati Ibu itu nggak baik bagi anak, jadi kita harus sadar untuk obati itu. Nah tawarannya boleh juga nih, memang kebahagiaan ibu itu prioritas seperti kerennya laptop asus oled ini ya mbaaaak. Semangat untuk terus bahagia.
LiteraVy mengatakan…
Duh jadi ngiler nih sebagai yang emang lagi butuh dan nyari latop
Kokoh Hendra Liem mengatakan…
Wah Asussss memang kerennnnn banget yah... Apalagi dengam fasilitas yang bisa dibilang wow banget.
Celoteh Dini Hari mengatakan…
hiii si embak produktif, hasseeeekkk,,, pengen banget laptopnya. moga kita bisa ganti laptop yang makin greeenggg ya mba, wkwkk