Laporkan Penyalahgunaan

Inilah 3 Cara Mengatasi Gatal Gatal Pada Kulit Anak di Malam Hari

18 komentar

 

cara-mengatasi-gatal-gatal-pada-kulit-anak

Bagiamana cara mengatasi gatal gatal pada kulit anak? Sebagai ibu muda tentu merasa khawatir dan juga bingung menghadapi anak yang rewel ketika malam hari.  Rasa tidak nyaman akan menggangu  anak dan juga ibu. Sebab secara tidak langsung akan mengganggu kualitas tidur mereka berdua.

Sebaiknya jangan terlalu gugup, gatal gatal pada kulit anak banyak penyebabnya. Kenali terlebih dahulu, kemudian temukan solusi terbaik. Nah, jika gatal disertai ruam merah yang muncul bisa jadi kulit anak mengalami Eczema atau dermatitis atopic. Tanda lainnya kulit kemerahan, cendrung kering dan juga radang.

Penyebabnya bisa faktor keturunan atau ada riwayat keluarga yang mengalami hal yang sama. Nah, Inilah 3 cara mengatasi gatal gatal pada kulit dengan gejala yang telah disebutkan diatas:

Jaga Kamar agar Tetap Bersih dan Nyaman

Selalu bersihkan kamar anak agar tetap nyaman. Seperti yang diperintahkan Agama husap debu atau kotoran sebelum anak tidur. Periksa sekeliling apakah ada sisa makanan anak yang tertinggal di kamar. Penting juga untuk menjaga ruangan agar tidak terlalu lembab atau panas.

Gunakan Selimut berbahan halus dan Pakaian Berbahan Katun

Gatal gatal pada anak akan berkurang jika selimut yang digunakan berbahan dasar halus, tipis. Begitu juga dengan pakaian anak, usahakan tidak memakai pakaian yang ketat, berbahan tebal dan panas. Hal ini akan memicu ruam akibat biang keringat.

Berikan Cream Pereda Gatal

Jika balita atau anak merasa gatal, jangan menggaruk atau memberikan bedak tabur. Sebaiknya berikan cream pereda gatal. Oleskan kebagian kulit yang merasa gatal.

Untuk meredakan dengan efesien, sebelum tidur pastikan anak tidak berkeringat. Mandi terlebih dahulu dengan air hangat kuku. Kemudian, gunakan produk pembersih yang aman untuk balita dan anak, dibuat khusus untuk kulit mereka yang cendrung sensitive dan mudah gatal dengan Lipikar Syndet AP+

Dilansir dari website larocheposay, Lipikar SYNDET AP+ adalah pembersih krim yang dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir, anak-anak, dan dewasa.

Para ibu tidak perlu khawatir, karena pastinya cocok untuk kulit sensitif dan rentan gatal serta dipastikan dapat menghindari keinginan anak untuk menggaruk. 

Syndet-AP+

 

Produk ini, juga cocok untuk membersihkan kerak pada kepala bayi yang baru lahir. Kandungan yang terdapat pada Syndet AP+ efektif meredakan dan membantu mengurangi kekeringan kulit pada saat mandi.

Kesimpulan

Nah, itulah 3 cara mengatasi gatalgatal pada kulit anak. Dengan tiga cara tersebut semoga anak dan ibu bisa istirahat baik di malam hari ya! Bye bye gatal!

 

Linda Puspita
Blogger dan Mom Influencer yang selalu beruntung saat mulai menulis. Menerima kerja sama, silahkan singgah di brilianamumtazia@gmail.com

Related Posts

18 komentar

Dian Restu Agustina mengatakan…
Anak sulungku terdiagnosa dermatitis atopic karena Bapaknya juga penderita ini. Waktu bayi sering rewe karena ini...sampai usia sekolah masih sering kambuh. Senangnya kini ada Lipikar Syndet AP+ sebagai peredanya
Unknown mengatakan…
Buibu harus paham nih
karena memang ada banyak hal yg bisa kita lakukan ya.
supaya anak tetep sehat dan ngga gatal2
(nurul rahma bukanbocahbiasa.com)
lylamanzila mengatakan…
kulit bayi rentan sensitif yan bun, harus peka jadi orang tua kalau anaknya nangis nggak kelar-kelar. btw aku pernah dengan kalau kenal ruam malah diberi bedak bayi putih itu loh benar kah?
Iin Fauziah mengatakan…
Krim Lipikar SYNDET AP+ ini multifungsi ternyata ya, bisa buat hilangin kerak di kepala bayi.. Baru tahu saya. Thank you infonya mba Linda 😊
Zeneth Thobarony mengatakan…
Yang pertama dilakukan kalau anak gatal memang harus mencegah pemicunya. Setuju nih, dibalik anjuran agama ditepuk dulu kasur sebelum tidur
lailyfitrianimenulis mengatakan…
Anak gatel itu susah ya? kadang kita tidak paham apa yang diinginkan anak juga, nah cream gatal ini salah satu solusinya.
Sukma (lantanaungu.com) mengatakan…
Produk baru ya ini? Enak ya Mbak, bisa untuk newborn juga?
makasih Tipsnya mom, aku nggak tahu kenapa kalau ritual nidurin anakku gitu garuk garuk. awalnya kupikir ada yg gatal beneran tapi kok tiap tidur baru gatal dan setiap kali tidur. udah ku bawa ke dokter kulit katanya bisa jadi kayak ritual sebelum bobo seperti dipuk puk,,,hehehhe maaf jaid curhat malahan
Han mengatakan…
Aku bersyukur bangett anakku tidak ada masalah kulit sampai gatal2 gitu, ga ngebayangin gimana perjuangan ibu yang anaknya menderita gatal2 di malam hari, hiks. Sakit biasa aja bikin kita ga bisa tidur ya, gimana ini yang sepanjang malam kulitnya gatal. Anyway makasih tipsnya kak
atinnuratikah mengatakan…
Kulit bayi emang sensitif sekali. Seperti anakku yang sensitif terhadap produk yang wangi. Solusinya ya gel pengurang gatal.
LiteraVy mengatakan…
Info yang ringan dan bermanfaat. Emang harus rajin ganti srung bantal ya
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, kasihan ya KLO anak kecil sering punya kulit sensitif
Makanya kadang suka gatal gatal saat malam hari
Makasih tipsnya ya mbak
Nunu Amir mengatakan…
kalau gatal2 buat biang keringat, bs g mba?
Saya baru tahu ada krim pembersih seperti Lipikar SYNDET AP+ ini. Bermanfaat nih buat ibu-ibu yang anaknya kulitnya sensitif dan gampang gatal.
Nanda Khairiyah mengatakan…
Nice info ka.. memang merawat kulit bayi itu harus spesial yah ka
Makasih banyak tipsnya. Kadang faktor pospak yang dipakai juga ngaruh ya
Rindang Yuliani mengatakan…
Bayi emang harus dijaga kesehatan kulitnya. Kaihan kalau sampai gatal. Punya stok krim pereda gatal untuk bayi di rumah itu adalah yang wajib.
hujan di jendela mengatakan…
Suka ngga tega banget kalau anak-anak kulitnya iritasi akibat gatal ya, aku pun sampai searching banyak sekali salep atau obat agar cepat hilang bekasnya. Apalagi kalau gatalnya bikin susah tidur.